LogoDIGINATION LOGO

Ini Keunggulan Chip Apple M2 di Macbook Terbaru!

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 16 Juni 2022 | 18:38 WIB
Share
Share

 

Apple kembali mengeluarkan chip terbarunya, kabar ini diumumkan pada Ajang Wordwide Developers Conference (WWDC) 2022 yang digelar pada Senin (6/7/2022). 

Chip M2 yang mentenagai MacBook Air dan MacBook Pro generasi terbaru merupakan lanjutan dari chip M1 yang diperkenalkan pada 2020 lalu.

Sama seperti pendahulunya, M2 juga dirancang secara mandiri oleh Apple untuk menghadirkan performa yang menakjubkan. 

Dibandingkan chip M1, Apple M2 kini dibekali dengan sejumlah kelebihan. Apple mengatakan, chip M2 ini dibuat dengan fabrikasi 5 nanometer (nm) generasi kedua yang telah disempurnakan.

Baca juga : Fitur Cek Tarif Tol sudah Ada di Google Maps!

Meski sama-sama dibuat dengan fabrikasi 5 nanometer (nm) jumlah transistor di Apple M2 mencapai 20 miliar unit. Jumlah tersebut 25% lebih banyak dari transistor di Apple M1 dengan jumlah 16 miliar transistor. 

Dengan jumlah transistor lebih banyak, Apple M2 sendiri diklaim punya peningkatan performa CPU 18% lebih kencang dibanding M1, dengan performa grafis 35% lebih kencang. Apple juga mengklaim kalau kinerjanya 1,9% lebih cepat ketimbang chip laptop PC 10-core terbaru, meskipun mereka tidak menyebutkan prosesor pesaing mana yang dimaksud.

Untuk GPU, prosesor M2 ini dua kali lebih banyak dari M1 dengan 10 core. Ini juga meningkatkan kinerja grafis melalui cache yang lebih besar dan bandwidth memori lebih tinggi. Kemudian ada bandwidth memori 100Gbps dan memori terpadu (RAM) 24GB, yang mana bandwidth itu 50% lebih banyak ketimbang chip sebelumnya.

Chip M2 buatan Apple ini juga mendukung decode atau encode konten berjenis ProRes, dukungan konten 8K dengan format H.264 dan HEVC, serta dukungan display eksternal hingga resolusi 6K. 

Meski performanya lebih tinggi, chip terbaru Apple ini diklaim tetap memiliki konsumsi daya per watt yang lebih rendah dibanding M1. 

Baca juga : Horee! Gopay Coins Sekarang Sudah Bisa Digunakan Di Aplikasi Gojek

Dikutip dari Antara, analis industri berjuluk “Ahli Apple” Ming-Chi Kuo memprediksi laptop MacBook yang ditenagai chip M2 baru hadir pada 2023. 

Dalam sebuah cuitan yang dikutip Cnet, Kuo meramalkan MacBook layar 15 inci diluncurkan pada kuartal kedua 2023 Untuk laptop ini, Kuo memperkirakan ada dua skenario.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE