LogoDIGINATION LOGO

Memahami Fungsi Statistik untuk Bisnis

author Oleh DQLab Jumat, 1 Juli 2022 | 15:55 WIB
Share
Share

 

Statistik, memang berkaitan dengan bisnis? Tentu saja! Di era data ini, pastinya akan memiliki dataset yang jumlah volumenya banyak dan bertambah. Agar dapat memahami data-data tersebut, maka peran statistik digunakan. Secara penjelasannya, fungsi statistik sendiri dapat memberikan keterangan secara deskriptif mengenai data dari suatu peristiwa yang dimana dikumpulkan dan diproses sebagai bentuk penelitian.

Biasanya untuk bisa mendapatkan hasil data deskriptif, akan menggunakan tools pengolah data seperti Microsoft Excel, Tableau, Oracle, SQL, Python, dan lainnya. Hasil analisis nantinya dapat memberikan sebuah insight yang dimana pada pengolahannya melibatkan sejumlah sampel data sebagai bentuk seleksi representasi dari total populasi. Agar kamu dapat memahami statistik lebih dalam, simak pembahasan yang telah dirangkum oleh DQLab ini yuk!

Baca juga: Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika

Bagaimana Bisnis Menggunakan Statistik?

Pada dasarnya statistik digunakan sebagai tools analisis untuk bisnis dapat memberikan beragam konteks, baik menggunakannya untuk menyusun strategi angka penjualan, mengevaluasi metode yang telah berjalan, menginovasikan produk, memberikan strategi long-term ataupun short-term, dan membantu hal-hal internal bisnis lainnya.

Adapun beberapa benefit dari statistik yang kamu perlu ketahui, yaitu diantaranya:

  • Dengan statistik membantu memahami segudang dataset hingga menjadi sebuah data yang mudah untuk dipahami, bahkan bagi orang awam sekalipun.
  • Melakukan visualisasi pada data tentu penting, statistik memberikan berbagai cara memvisualisasikan data tersebut seperti kedalam bentuk diagram batang, diagram venn, dan model grafik lainnya sesuai dengan hasil analisa.
  • Metode statistik membantu untuk memeriksa berbagai bidang seperti di bidang kedokteran, ekonomi, hingga ilmu sosial.
  • Dengan statistik, tidak hanya memberikan data yang fakta melainkan juga memberikan gambaran transparan secara teratur dan sistematis.

Baca juga: Tools Visualisasi yang Digunakan untuk Business Intelligence

Pola matriks sangatlah penting bagi bisnis, karena dengan mengetahui matriks yang tepat akan membantu menciptakan pengalaman konsumen yang positif dan meningkatkan penjualan. Dengan menggunakan matriks, kamu akan mendapatkan gambaran reaksi pelanggan atau konsumen dan hal ini menjadi cara bisnis untuk bisa lebih dekat lagi dengan target audiens mereka. Adanya matriks juga membantu bisnis mengevaluasi cara mana yang berhasil dan cara yang perlu ditingkatkan.

Meningkatnya penggunaan data menyebabkan popularitas statistik turut meningkat, ingin mulai belajar statistik dengan fasilitas belajar yang lengkap? Kamu bisa mulai bergabung di DQLab.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB