Berbicara sebagai salah satu panelis dalam sesi bertajuk The State of E-commerce in Indonesia pada acara Internet Retailing Expo (IRX) 2018 pada hari ini (Kamis, 25/01), CEO Zalora Indonesia Anthony Fung menyatakan bahwa sekarang ini adalah waktu terbaik bagi pelaku unit kecil dan menengah (UKM) untuk merambah pemasaran online.
“Kondisi dan situasi e-commerce di Indonesia saat ini sama seperti di Cina beberapa tahun kemarin yang mana Cina sekarang ini telah menjadi raksasa e-commerce di dunia. Jadi saya yakin Indonesia bisa mencapai target menjadi negara ekonomi digital terbesar,” ungkap Anthony.
Sementara Ravi Kumar Director of E-Commerce Mitra Adiperkasa (MAP) pada kesempatan yang sama menegaskan bahwa e-commerce merupakan jalan UKM untuk maju dan meningkatkan levelnya. “E-commerce menyediakan equality opportunity, memberikan kesempatan yang sama bagi UKM mempromosikan produk ke seluruh wilayah,” ujar Ravi.
Menambahi dua panelis tersebut, Kusumo Martanto CEO Blibli.com mengggaris bawahi pemasaran online memang mampu meningkatkan peluang namun tidak serta merta mendongkrak penjualan UKM. “Bukan berarti memajang produk di online serta merta pembeli berdatangan. Mindset mengenai ini harus diubah. Berjualan online itu tidak mudah karena konsumen tidak bisa merasakan dan menyentuh produk Anda. Konsumen hanya bisa melihat produk lewat gambar,” jelas Kusumo.
“Jadi yang perlu diperbaiki adalah konten visual dan packaging. Anda harus buat foto-foto produk dan kemasan yang menarik,” tegas Kusumo. “Misalnya Anda jual keripik secara online, bagaimana membuat calon konsumen ngiler hanya dengan melihat gambar keripiknya saja,” pungkasnya.