Merayakan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di rumah saat ini masih menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai sekaligus mendorong pegiat usaha di Indonesia khususnya UMKM untuk terus beroperasi.
External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan kategori Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Diri, Makanan dan Minuman, Elektronik serta Fashion menjadi beberapa kategori favorit masyarakat Indonesia menjelang Nataru.
Langkah Tokopedia mengumumkan tren belanja masyarakat Indonesia menjelang Nataru 2022, dapat dimemanfaatkan sebagai alternatif pendapatan diawal tahun 2022 bagi umkm.
Belanja Hampers Online Masih Jadi Tren
Momen Nataru yang masih dilaksanakan dari rumah karena situasi pandemi, membuat masyarakat memilih hampers sebagai hadiah atau hantaran untuk keluarga dan kerabat.
Ekhel menjelaskan, “Hampers, kartu ucapan serta cokelat menjadi beberapa produk favorit menjelang Nataru tahun ini. Kami mencatat kenaikan transaksi hampir 2x lipat pada produk cokelat menjelang Nataru tahun ini jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.”
Baca juga : Tokopedia dan GoPay Implementasi QRIS di Warung Mitra Tokopedia
Indonesia
Selain itu, data internal Tokopedia menunjukkan masyarakat masih gemar mengirimkan kartu ucapan kepada keluarga dan kerabat. Terbukti dengan meningkatnya jumlah transaksi produk kartu ucapan hampir 2x lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
“Tren belanja hampers online yang dilakukan masyarakat Indonesia berpengaruh terhadap peningkatan transaksi hampers di Tokopedia yang naik hampir 3x lipat menjelang Nataru 2022 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya,” tambah Ekhel.
Pegiat usaha kuliner, aksesoris, dan fesyen bisa memanfaatkan tren ini untuk menjadi alternatif pendapatan di awal tahun 2022.
Berbagai Inisiatif Bantu Masyarakat dan UKM Rayakan Nataru
Di sisi lain, Tokopedia juga menyediakan berbagai inisiatif yang dapat membantu UKM dan masyarakat memenuhi kebutuhan, termasuk menjelang Nataru.
Sebagai bagian dari inisiatif Hyperlocal untuk membantu masyarakat di berbagai daerah dan membantu penjualan UKM, Tokopedia menghadirkan kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dimana masyarakat bisa menemukan berbagai produk UMKM lokal dari daerah setempat.
Baca juga : Transformasi Digital BNI, Pengajuan KUR Bisa Lewat Online
Disisi lain Tokopedia Nyam, juga digencarkan Tokopedia berkolaborasi dengan pegiat usaha lokal makanan dan minuman yang ditujukan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman dengan lebih mudah dan efisien.
Ada juga Tokopedia NOW! yang membantu masyarakat memenuhi kebutuhan produk harian - termasuk produk sembako seperti daging, sayuran, buah-buahan, makanan ringan dan lainnya - dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.
"Tokopedia berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa menghadirkan berbagai produk kebutuhan masyarakat Indonesia, termasuk di Hari Natal dan Tahun Baru, agar masyarakat tetap bisa merayakan suka cita Natal dan Tahun Baru bersama keluarga dengan lebih aman, tanpa perlu keluar rumah," tutup Ekhel.