LogoDIGINATION LOGO

Penyaluran Kredit Konsumen Retail Terus Naik, Standard Chartered Gandeng Kredivo

author Oleh Nur Shinta Dewi Sabtu, 30 Oktober 2021 | 18:24 WIB
Share
Share

Standard Chartered Bank Indonesia (Bank) dan Kredivo mengumumkan  kemitraan untuk menyalurkan kredit melalui platform digital Beli Sekarang, Bayar Nanti (Buy Now, Pay Later/BNPL) ke segmen pasar retail atau massal.

Selaras dengan janji, “Here for good”, kemitraan ini membantu Standard Chartered untuk mendorong inklusi keuangan yang lebih besar di masa pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi, melalui penyediaan akses layanan kredit yang mudah, serta mendorong pertumbuhan e-commerce dan merchant offline.

Baca juga : Modalku Perkenalkan Modalku Virtual Credit, Fasilitas Paylater untuk Mendukung Kebutuhan Usaha

Bagi Kredivo, kemitraan ini juga merupakan salah satu langkah yang semakin mendekatkan perusahaan untuk mewujudkan  misinya dalam melayani puluhan juta konsumen dengan layanan keuangan yang cepat, terjangkau, dan mudah diakses.  

Lebih lanjut, jangkauan pasar ritel yang luas dan kapabilitas penilaian kredit berbasis artificial intelligence Kredivo yang kuat, serta keahlian perbankan ritel Standard Chartered yang mendalam, sebagai salah satu  bank tertua dengan kehadiran lebih dari 150 tahun di Indonesia, memungkinkan konsumen untuk  dapat menikmati proses aplikasi kredit secara cepat, mudah, dan aman, dengan pengalaman yang sepenuhnya digital dan tanpa persyaratan verifikasi tatap muka. 

“Walaupun Standard Chartered telah memiliki posisi yang  kuat di segmen perbankan ritel menengah ke atas, kini kami memperkuat dan memperluas saluran distribusi kami untuk melayani konsumen di segmen pasar massal dengan lebih efisien.  Oleh karena itu, kami senang dapat bermitra dengan Kredivo, yang memiliki visi yang sama untuk  meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, melalui penawaran POS (point-of-sale) melalui  platform digital,” kata Jeffrey Tan, Head of Consumer, Private and Business Banking (CPBB), Indonesia,  Standard Chartered.

Baca juga : Blibli x Indodana untuk Blibli Paylater

Umang Rustagi, CEO, Kredivo Indonesia, mengatakan, “Kami sangat bersemangat dan  bangga bermitra dengan Standard Chartered, salah satu bank tertua dan paling berpengalaman  di Indonesia. Kerja sama ini menunjukkan bagaimana fintech dan bank bersinergi untuk sama sama mencapai tujuan yang selaras yaitu untuk membuka akses kredit seluas-luasnya. Dengan pengalaman yang dimiliki Standard Chartered dan keahlian yang Kredivo miliki, kami harap kerjasama ini bisa mendorong pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional lebih jauh lagi.”

Terbentuknya kemitraan ini sejalan dengan percepatan adopsi layanan-layanan keuangan digital di Indonesia.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat total aset perusahaan fintech lending naik menjadi Rp4,34 triliun pada Juli 2021 dari Rp3,25 pada Juli 2020. Sementara itu, total  outstanding loan yang disalurkan, naik dari Rp11,94 triliun pada Juli 2020 menjadi mencapai  Rp24,22 triliun pada periode yang sama.

Dengan meningkatnya jumlah vaksinasi, sentimen pasar  dan penjualan ritel yang terus meningkat, permintaan akan pinjaman pun diharapkan akan terus  bertambah. 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE