Samsung Pamer Teknologi AI-Native 6G, Siap Pimpin Jaringan Nirkabel Masa Depan
Samsung bertaruh besar bahwa AI akan menjadi tulang punggung jaringan 6G.
Jumat, 14 November 2025 | 19:33 WIB
Bekerja sama dengan Olympic Broadcasting Services (OBS), solusi cloud dari Alibaba mendukung pengiriman layanan untuk Rights-Holding Broadcasters (RHB) untuk pertama kalinya selama Olimpiade Tokyo 2020.
Dibangun menggunakan platform yang disediakan oleh Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan inteligensi dari Alibaba Group, bersama dengan OBS Cloud, Global TOP Partner, menawarkan model baru untuk pengiriman konten yang mendorong efisiensi operasional dan kelincahan yang lebih cepat.
Solusi penyiaran inovatif yang disatukan oleh OBS dan Alibaba, dan beroperasi sepenuhnya menggunakan cloud, OBS Cloud, dirancang untuk membantu mengubah industri media ke era digital.
Baca juga : Mola TV Gandeng HBO GO Hadirkan Hiburan Keluarga Terlengkap di Indonesia
OBS Chief Executive Officer, Yiannis Exarchos mengungkap kemitraan ini dapat mengubah cara menyiarkan olimpiade ke khalayak sekaligus bentuk perubahan teknologi terbesar dalam industri penyiaran olimpiade.
“Kemitraan dengan Alibaba Cloud mengubah cara kami menyiarkan Olimpiade ke khalayak seluas mungkin – Teknologi ini mungkin merupakan perubahan teknologi terbesar dalam industri penyiaran selama lebih dari setengah abad sejak diperkenalkannya transmisi satelit, yang diperkenalkan ke liputan siaran Olimpiade untuk pertama kalinya di Tokyo 1964,” kata Yiannis Exarchos.
Dengan memanfaatkan teknologi Alibaba, Content+, platform pengiriman konten OBS kini sepenuhnya dimigrasikan ke cloud untuk menghadirkan konten berdurasi pendek, manajemen aset konten, dan produksi konten.
Menyampaikan konten dalam bentuk pendek
Selama Tokyo 2020, antara 7.000 dan 9.000 klip konten berdurasi pendek diharapkan akan diproduksi oleh kru OBS Content+ untuk membantu meningkatkan cakupan RHB. Sebanyak 17 organisasi RHB dan empat kantor berita telah berlangganan layanan penuh untuk menerima klip tersebut melalui platform web interface yang mudah digunakan.
Ribuan klip dapat diakses oleh tim media digital dan sosial RHBs dari lokasi mana pun di dunia untuk melengkapi liputan Olimpiade mereka sendiri.
Baca juga : Film baru ada di Layanan OTT, Apa Kabar Industri Bioskop?
Manajemen aset konten
Melalui Content+, RHBs dapat mengakses semua konten Olimpiade yang diproduksi oleh OBS termasuk konten langsung saat sedang diproduksi. 31 organisasi RHB telah mendaftar untuk layanan penuh ini agar dapat dengan mudah menelusuri file beresolusi rendah hampir secara real-time, dan mengambil konten apa pun di fasilitas global mereka.
Akses ke liputan langsung memungkinkan RHB untuk menandai bagian dari konten langsung dan mengunduhnya untuk kebutuhan pasca-produksi mereka sendiri, secara bersamaan saat permainan masih berlangsung.
Produksi konten
Digunakan sebagai bagian dari alur kerja pasca-produksi, OBS akan menggunakan platform Content+ untuk pengeditan jarak jauh dan konversi standar; fitur yang akan diperluas sebagai bagian dari layanan RHB untuk Olimpiade di masa mendatang.
Selain itu, dua RHB akan menerima distribusi langsung paket Ultra High Definition (UHD), High Dynamic Range (HDR) dan Internet Protocol Video dan Audio selama Olimpiade Tokyo 2020, yang memungkinkan mereka untuk mengirimkan konten 4K kepada penonton.
“Kami yakin bahwa OBS Cloud akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi organisasi media dalam hal efisiensi biaya dan pengelolaan di seluruh dunia, dan membantu mengubah cara RHB menyiarkan Olimpiade secara digital. Kelincahan yang hadir dengan infrastruktur cloud memungkinkan waktu penerapan yang lebih cepat dengan sumber daya di lokasi yang lebih sedikit, sementara fleksibilitas platform cloud memungkinkan pasca-produksi dan produksi jarak jauh dilakukan lebih cepat – dan dari lokasi mana pun dengan koneksi internet. Kami menantikan masa depan penyiaran Olimpiade yang dimulai dari ajang Tokyo 2020,” kata Selina Yuan, General Manager of International Business, Alibaba Cloud Intelligence.
Samsung bertaruh besar bahwa AI akan menjadi tulang punggung jaringan 6G.
Jumat, 14 November 2025 | 19:33 WIB
Di tengah 64,2 juta lebih pelaku UMKM yang menopang perekonomian nasional, hanya sebagian yang sudah benar-benar go digital. Kasir digital hadir untuk menjembatani kesenjangan itu dengan aplikasi kasir yang mudah, fleksibel, dan terjangkau. Aplikasi
Rabu, 12 November 2025 | 11:06 WIB
Beberapa fitur utama WhatsApp juga telah didukung penuh, di antaranya:
Kamis, 6 November 2025 | 18:07 WIB
Airbnb sedang bertransformasi menjadi semacam media sosial buat traveler. Fitur-fitur baru yang dihadirkan akan membantu para pelancong yang ingin keep in touch dengan teman perjalanan.
Selasa, 28 Oktober 2025 | 19:05 WIB
Pengunjung mendapatkan kesempatan eksklusif untuk mencoba langsung laptop, smartphone, hingga aksesori gaming yang sudah terintregasi AI, bukan sekedar membaca review online.
Senin, 27 Oktober 2025 | 18:32 WIB
Selama ini penyanyi menjadi satu-satunya "bintang"dalam sebuah lagu. Dengan SongDNA, Spotify ingin pendengar tahu siapa saja sosok di balik penciptaan lagu tersebut.
Kamis, 16 Oktober 2025 | 15:39 WIB
Karya-karya ini tidak hanya menjadi tampilan visual, tetapi juga simbol eksplorasi, ketekunan, dan identitas kreatif generasi muda Indonesia
Selasa, 7 Oktober 2025 | 10:36 WIB
Magnum menggunakan Giuseppe AI milik NotCo untuk melakukan reformulasi produk agar lebih seimbang secara nutrisi, termasuk menciptakan varian berbasis nabati.
Senin, 29 September 2025 | 14:34 WIB
Teknologi biometrik face recognition segera diterapkan untuk registrasi e-SIM. Aturan Komdigi ini dukung keamanan data dan cegah penipuan digital.
Jumat, 26 September 2025 | 17:08 WIB
Format Instagram baru ultra-wide 5120×1080, atau yang sering disebut video geprek, meledak karena ada unsur estetika seperti layar bioskop dalam satu frame.
Kamis, 25 September 2025 | 15:04 WIB
Keunggulan Meta Ray-Ban Display adalah sebagai kacamata pintar yang diharapkan mampu menggantikan peran smartphone dalam kehidupan sehari-hari.
Selasa, 23 September 2025 | 15:32 WIB
Konsumen Indonesia semakin fokus pada value for money
Jumat, 19 September 2025 | 15:42 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merilis Portal Satu Data Jakarta dengan tampilan baru. Bedanya, kali ini tampilannya jauh lebih interaktif berkat tambahan fitur chatbot berbasis AI.
Senin, 15 September 2025 | 14:54 WIB
Talenta data tidak hanya sekadar bisa membaca data, tetapi juga mampu mengubah data menjadi insight
Jumat, 12 September 2025 | 15:37 WIB
Pengguna sedang tergila-gila dengan Nano Banana, model terbaru Google untuk editing foto. Selain itu, Google juga memperkenalkan fitur baru di Gemini Ultra dan Pro, yaitu Photo-to-Video.
Senin, 8 September 2025 | 10:00 WIB