LogoDIGINATION LOGO

GoodDoctor Hadir Tingkatkan Layanan Telemedis di Aplikasi PeduliLindungi

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 24 Desember 2020 | 16:12 WIB
Share
Share

Meningkatkan layanan telekonsultasi dan pemeriksaan kesehatan mandiri bagi para pengguna pada aplikasi PeduliLindungi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) dan GrabHealth.

Kehadiran layanan telemedis dari GrabHealth powered by Good Doctor di PeduliLindungi sudah bisa diakses pengguna mulai tanggal 18 Desember 2020.

Kementerian Kominfo melihat bahwa Good Doctor dan GrabHealth memiliki komitmen yang kuat dalam membantu pemerintah memberantas COVID-19 dengan menyediakan teknologi di bidang kesehatan yang dapat dimanfaatkan masyarakat di tengah tantangan pandemi.

“Kementerian Kominfo merasa perlu untuk bekerja sama dengan layanan telemedis tepercaya seperti GrabHealth powered by Good Doctor, agar kami bisa menyediakan fitur layanan yang lebih komprehensif. Selain itu melalui jangkauan pengguna luas yang dimiliki oleh Good Doctor dan GrabHealth, kami berharap akses layanan aplikasi PeduliLindungi nantinya pun bisa menjangkau lebih banyak masyarakat dan menambah jumlah pengguna aplikasi ini,” kata Ikhsan Baidirus, Plt. Direktur Telekomunikasi, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo.

PeduliLindungi yang dikembangkan Kementerian Kominfo dan Telkom Indonesia ini dapat melakukan fungsi penelusuran (tracing), pelacakan (tracking), dan peringatan (warning dan fencing)  terhadap lokasi sekitar. Targetnya adalah untuk memetakan dan memantau pergerakan orang- orang yang pernah dinyatakan terkena kasus COVID-19.

Selain itu, aplikasi PeduliLindungi juga menghadirkan menu ‘teledokter’ untuk memberikan pelayanan medis secara online (telemedis) kepada masyarakat setiap saat selama 24 jam, seperti yang disediakan GrabHealth powered by Good Doctor.

Pengguna dapat mengakses layanan GrabHealth powered by Good Doctor pada menu ‘teledokter’ atau ‘periksa diri’ di beranda aplikasi PeduliLindungi.

Layanan “Periksa Kesehatan Mandiri” berupa formulir isian yang berguna untuk mengindikasi pengguna dengan risiko COVID-19 rendah, sedang, maupun tinggi.

Sedangkan layanan “Konsultasi Dokter” dapat dimanfaatkan pengguna untuk melakukan konsultasi online dengan mitra dokter profesional dari GrabHealth powered by Good Doctor.

“Kami berkomitmen untuk memberikan layanan konsultasi dokter umum 24/7 secara gratis tanpa batas maksimal pemakaian sampai akhir tahun 2020. Dengan memanfaatkan layanan GrabHealth powered by Good Doctor, pengguna bisa melakukan konsultasi dan respon cepat dari lebih 10.000 mitra dokter kami,” kata Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia.

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia menambahkan, perang melawan pandemi menuntut kerjasama konsisten dari berbagai pihak dalam jangka panjang. Oleh karena itu, Grab Indonesia tidak pernah berhenti untuk terus membantu pemerintah untuk bersama-sama memberantas COVID-19.

“Sejalan dengan misi ‘GrabForGood’ untuk membawa dampak positif melalui teknologi, kami berharap kolaborasi dengan Kementerian Kominfo melalui aplikasi PeduliLindungi dapat memfasilitasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat untuk waspada dalam memantau kondisi lingkungan sekitar serta diri sendiri selama menjalani adaptasi kenormalan baru,” kata Ridzki.

Seperti tercantum dalam Surat Edaran No. HK.02.01/MENKES/303/2020 tanggal 29 April 2020 yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan, pemanfaatan teknologi informasi dalam bentuk telemedis menjadi salah satu solusi strategis untuk menjawab tantangan pandemi mengingat adanya pembatasan pelayanan kesehatan secara tatap muka yang ditetapkan WHO dan pemerintah.

Sejak diluncurkan pada bulan Maret lalu hingga saat ini, aplikasi PeduliLindungi telah diunduh oleh 4.594.153 pengguna.

Sesuai harapan, telemedis menjadi salah satu layanan yang bertumbuh sangat cepat di Indonesia saat ini karena adaptasi penggunaan yang masif di tengah masyarakat.

Aplikasi PeduliLindungi akan dikembangkan dengan melengkapi berbagai fitur yang akan dapat memudahkan masyarakat dalam menjalankan kehidupan di tengah pandemi, salah satunya fungsi screening dan e-passport untuk melakukan perjalanan juga untuk mendata masyarakat yang telah melakukan cek vaksin.

  • Editor: Rommy Rustami
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE