LogoDIGINATION LOGO

Program Surge dari Sequoia Capital India Pilih 17 Startup

author Oleh Rommy Rustami Rabu, 25 November 2020 | 16:36 WIB
Share
Share

Surge, program percepatan startup di Asia Tenggara dan India yang dimiliki oleh Sequoia Capital India, mengumumkan 17 startup tahap awal yang terpilih untuk Surge 04 2020.

Startup yang terpilih untuk mengikuti Surge 04 berasal dari India, Singapura, Vietnam, Indonesia – dan untuk pertama kalinya sejak program Surge diadakan, Australia juga turut serta.

Adapun ketujuh belas startup terpilih bergerak di berbagai sektor seperti EdTech, FinTech, SME (UKM) Tech, DevTool, Konsumen, HealthTech dan marketplace B2B. Cohort Surge 04 kali ini cukup unik karena lebih dari setengah startup yang terpilih bergerak di bidang Software-as-a-Service (SaaS).

Sebanyak sebelas dari 17 startup tersebut saat ini sedang membangun pangsa pasar lintas batas (cross-border), keluar dari batas geografis mereka sejak pertama kali didirikan. Selain itu, beberapa startup juga menantang status quo di industri mereka masing-masing dengan mendisrupsi dan mendigitalisasi industri bisnis yang masih beroperasi secara tradisional (offline), seperti logistik, otomotif, dan asuransi.

Surge memfasilitasi pendekatan ‘arsitektur terbuka’ yang mendorong investor dan pemain lain dalam ekosistem startup untuk mengambil bagian dalam putaran pendanaan program Surge, agar dapat lebih memaksimalkan potensi para founder startup.

Secara kolektif, startup dalam Surge 04 berhasil mengumpulkan pendanaan akumulatif sebesar US$45,35 juta (setara Rp642 miliar) dari Surge dan investor lainnya.

Sama halnya seperti cohort sebelumnya, kebanyakan startup yang berhasil masuk ke program Surge juga mendapatkan pendanaan dari rekan investor kelembagaan dan angel investors.

Dalam waktu kurang dari dua tahun sejak didirikan, Surge telah berkembang menjadi komunitas
internasional dengan lebih dari 150 founder startup di seluruh dunia. Cohort Surge 04 kali ini memiliki founders dari tujuh negara – Amerika Serikat, Belgia, India, Singapura, Vietnam, Indonesia, dan Australia.

Managing Director, Sequoia Capital India LLP. Rajan Anandan menyatakan kebanggaannya dapat bermitra dengan founders startup Surge 04 yang sangat bertalenta dan memiliki determinasi.

Dia menyatakan para mitra tersebut telah menunjukkan keberanian untuk memulai usaha dan bertahan sepanjang tahun yang sangat menantang ini.

"Cohort ini merupakan cerminan dari bentuk dan pola pikir ekosistem startup di kawasan ini untuk beberapa tahun ke depan – yang kemungkinan akan memengaruhi seluruh perekonomian. Bisnis-bisnis akan menjangkau pasar luar negeri, berpikir secara digital, dan memanfaatkan teknologi untuk memecahkan masalah dalam skala besar untuk industri di seluruh dunia," katanya.

Seperti Surge 03, Surge 04 akan sepenuhnya berjalan secara online hingga bulan Maret 2021. Format daring tersebut telah memungkinkan tim Surge untuk membuat program mereka lebih interaktif dan inklusif, dengan beberapa sesi terbuka untuk semua alumni Surge.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE