LogoDIGINATION LOGO

Beragam Istilah Dalam Dunia Startup yang Perlu Kamu Tahu

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 19 November 2020 | 17:33 WIB
Share
Share

Drama Korea Start-Up sudah memasuki episode 10 nih, jadi kamu tim Seo Dal Mi X Nam Do Dan, atau Seo Dal Mi  X Han Ji Pyeong?

Setelah menonton film startup, bukan hanya kisah cinta mereka saja yang bisa kamu tangkap, kamu juga bisa pelajari ilmu membangun startup. Dari hackathon, pitching, hingga mencari investor menggambarkan kita jika perjuangan tidak pernah mengkhianati hasil.

Untuk kamu yang tiba-tiba memiliki hasrat membangun startup setelah menonton drama korea ini, kamu perlu gigih seperti Seo Dal Mi dan Nam Do San. Tapi bicara membangun startup kurang afdol kalau kamu kita tidak perdalam istilah-istilah lain di dalamnya. Yuk pahami istilah di dalam dunia startup!

A/B Testing
A/B Testing adalah sebuah metode yang digunakan untuk membandingkan dua jenis dari sebuah tampilan aplikasi, baik itu web, android, maupun aplikasi lainnya sehingga dapat digunakan untuk menentukan jenis mana yang lebih unggul.

Akselerasi
Jika bicara dimana tempat kamu dapat berkembang dan bertemu dengan relasi mu, disinilah tempatnya. Sama dengan Sandbox, Akselerasi adalah organisasi atau program yang menawarkan nasihat, bimbingan, dan sumber daya untuk membantu bisnis kecil tumbuh.

Angel investor
Startup yang berada di tahap awal, tentu membutuhkan penyelamat untuk berjalannya bisnis. Angel Investment adalah saat seorang investor, atau "malaikat bisnis", memberikan modal awal atau pertumbuhan bagi startup untuk memiliki saham di perusahaan. Nama-nama besar pemilik Amazon Jeff Bezos adalah salah satu Angel Investment paling terkenal di dunia.

Beta Version
Beta Version adalah versi awal dari program atau aplikasi yang baru dikembangkan sebelum melakukan rilis. Beta version berisi sebagian besar fitur utama, tetapi belum lengkap, terkadang versi ini dirilis hanya untuk sekelompok orang tertentu, atau masyarakat umum, untuk diuji dan mendapatkan feedback.

Bootstrap
Bootstrap atau bootstrapping adalah istilah yang digunakan ketika suatu perusahaan berusaha untuk berdiri sendiri tanpa bantuan eksternal dari investor. Bootstrapping adalah pilihan yang sangat mudah dipilih untuk perusahaan yang memiliki cukup modal untuk memenuhi kebutuhan yang ada.

Burn Rate
Setelah mendapat dana dari investor, tentu kamu perlu memikirkan bagaimana ‘membakar uang’ dengan hemat namun tetap menguntungkan bukan? Burn Rate merupakan perhitungan laju pengeluaran perusahaan. Jadi dari pembagian alokasi saham, cash flow, dan sebagainya, startup harus memiliki yang namanya burn rate.

Churn rate
Ingat scene Seo Dal Mi kalah taruhan saat aplikasi NoonGil ciptaan Samsan Tech diunduh lebih seribu pengguna? Nah itulah yang disebut Chum rate. Chum Rate adalah ukuran jumlah orang atau benda yang masuk atau keluar dalam jangka waktu tertentu. Istilah ini biasanya digunakan dalam konteks customer base sebagai persentase pengguna atau pelanggan.

Crowdfunding
Crowdfunding adalah sebuah bentuk pendanaan dengan memanfaatkan upaya kolektif dari sejumlah individu secara online menggunakan sebuah platform atau media sebagai alat menjangkau investor dari semua kalangan.

Crowdsourcing
Crowdsourcing adalah sebuah sebuah kegiatan yang melibatkan individu atau organisasi untuk memperoleh barang dan jasa. Layanan dalam crowdsourcing dapat meliputi ide, keahlian, waktu, serta keuangan, dengan basis internet yang terbuka dan berkembang dengan cepat.

Decacorn
Jika startup mu telah scaleup diatas US$ 10 Milyar berarti kamu termasuk startup Decacorn. Decacorn berada di tingkat kedua setelah Unicorn yang mampu menghasilkan nilai valuasi di atas angka USD10 milyar.

Demo Day
Nah ini yang menentukan hidup mati sebuah startup, demo day merupakan hari dimana semua startup yang telah di akselerasi, mulai mempresentasikan dan mencoba model bisnisnya di depan mentor dan investor.

Exit Strategy
Exit Strategy adalah sebuah pendekatan yang direncanakan untuk mengakhiri situasi dengan cara memaksimalkan keuntungan dan / atau meminimalkan kerusakan. Ada dua pilihan exit, pertama exit buruk yaitu penjualan aset untuk mengurangi kerugian, dan kedua exit baik yaitu tahap merger dan akuisisi dengan perusahaan lain atau meluncur ke pasar saham.

Hackathon
Hackathon bisa dibilang ajang para startup mengembangkan perangkat lunak. Acara ini seperti lari cepat tempat para peserta membentuk tim untuk mencapai model bisnis dari perangkat lunak yang mereka buat.

Hectocorn
Startup yang berada di tingkat unicorn dan decacorn saja sudah membanggakan, bagaimana ditingka Hectacorn? Hectacorn merupakan level teratas tingkat nilai valuasi startup yang memiliki valuasi perusahaan lebih dari US$ 100 miliar.

Inkubator
Mungkin banyak yang mengira akselerasi dan inkubator hal yang sama dan berkaitan. Namun nyatanya, berbeda dengan akselerator karena inkubator disini mendukung startup dalam tahap pengembangan awal. Ini pada dasarnya adalah sebuah organisasi yang memelihara perusahaan muda selama beberapa bulan atau tahun pertama mereka, dan biasanya dengan imbalan ekuitas.

IPO (Initial Public Offering)
IPO merupakan istilah saat saham startup dipublikasikan untuk pertama kalinya. Pada titik ini, organisasi swasta berubah menjadi perusahaan untuk publik.

Keyman
Tidak selamanya CEO dapat memiliki ide cemerlang, sewaktu-waktu mereka akan merasa kesulitan dan butuh bantuan seseorang untuk menemukan jalan keluar dan solusi dari segala hambatan. Disinilah Keyman beraksi, Keyman merupakan seseorang yang punya peran penting dalam semua proses pengambilan keputusan di sebuah organisasi.

MVP ( Minimum Viable Product)
MVP merupakan sebuah teknik yang melibatkan pengembangan versi dasar dari produk baru yang bertujuan untuk memuaskan pengguna awalnya. Produk kemudian dikembangkan dengan fitur lebih lanjut hanya setelah mempertimbangkan umpan balik dari pengguna awal.

Pitching
Sama seperti presentasi, pitching merupakan usaha untuk meyakinkan mentor dan investor dari rencana bisnis yang kamu buat dengan waktu sesingkat mungkin. Tidak perlu panjang lebar, kamu harus bisa mengkomunikasikan model bisnis kamu dengan jelas dan meyakinkan.

Pivot
Sama seperti maknanya ketika digunakan untuk menggambarkan mekanisme menghidupkan sebuah titik pusat, istilah pivot di dunia startup ini terjadi ketika sebuah perusahaan dengan cepat mengubah arah setelah sebelumnya menargetkan segmen pasar yang berbeda.

Scaleup
Ketika startup kamu sudah mulai berkembang saatnya kamu melakukan scaleup atau peningkatan bisnis. Scaleup mengacu pada perusahaan yang telah memvalidasi produknya di pasar dan berkelanjutan secara ekonomi. Kamu dapat melakukan scaleup, ketika perusahaan kamu telah berkembang dalam hal ukuran, lokasi geografis, pasar, dan yang lainnya.

Seed Funding
Ingat saat ayah Nam Do San berinvestasi ke Samsan Tech? Nah Seed Funding merupakan putaran pertama investasi kecil tahap awal dari anggota keluarga, teman, bank atau investor biasanya disebut sebagai pendanaan awal.

Term Sheet/ Letter Of Intent
Setelah kesepakatan startup dan investor mencapai kesepakatan, maka term sheet berfungsi sebagai tinta diatas putih bentuk dua pihak yang saling mengikat. Biasanya dokumen antara investor dan startup termasuk syarat dan ketentuan dasar pembiayaan yang umumnya tidak mengikat, menjadi jelas berkat adanya term sheet.

UI/UX
UI adalah User Interface, sedangkan UX adalah User Experience. Keduanya berhubungan dengan tampilan pada sebuah website atau tampilan dari sebuah aplikasi, untuk menarik pengalaman pengguna menggunakan model bisnis yang ditawarkan.

Unicorn
Dari tiga tingkatan valuasi perusahaan startup terkemuka dunia yaitu Unicorn, Decacorn dan Hectocorn, Unicorn berada pada level rendah. “Uni” berarti satu, dan “Deca” berarti sepuluh. Unicorn berarti perusahaan yang memiliki nilai valuasi lebih dari US$ 1 miliar.

Venture Capital
Modal ventura adalah pembiayaan yang diberikan oleh perusahaan kepada perusahaan kecil, berisiko tinggi, dan baru memulai dengan potensi pertumbuhan besar dengan imbalan ekuitas. Investor yang bekerja untuk perusahaan modal ventura yang memilih untuk berinvestasi di perusahaan tertentu biasanya disebut VC.

 

Setelah mendalami istilah ini, tentu kamu tidak akan bingung seperti Nam Do San ketika ditanya mengenai pendanaan dan istilah lainnya. Itulah 18 istilah yang dapat kamu pelajari, terus semangat dan jangan putus semangat ya.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE