LogoDIGINATION LOGO

Hari Batik Nasional, Belajar Ragam Batik melalui Aplikasi Ini

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 2 Oktober 2020 | 15:14 WIB
Share
Share

Indonesia sungguh kaya. Pada 2015, negara ini tercatat punya 13.466 pulau, 726 bahasa daerah atau 640 bahasa versi UNESCO, ada 5.300 makanan asli Indonesia, dan memiliki 5.849 motif batik dari Aceh sampai Papua.

Tanggal 2 Oktober menjadi hari ditetapkannya Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi Indonesia oleh UNESCO.

Bertepatan dengan Hari Batik Nasional, tidak banyak anak muda yang masih menggunakan batik dalam kesehariannya. Bahkan untuk sebagian orang, batik dianggap kuno dan cocok digunakan untuk anak muda.

Padahal anak muda, perlu melestarikan batik, jika tidak dijaga dengan baik, warisan nenek moyang ini dapat begitu saja direbut atau diakui oleh negara lain. Maka dari itu, kerajinan batik serta wawasannya harus terus dilestarikan demi menjaga warisan ibu pertiwi.

Tidak usah jauh-jauh ke Pekalongan atau ke Solo untuk menambah wawasan. Kini di masa yang serba digital kamu bisa merayakan hari Batik Nasional serta menambah wawasan hanya dengan satu genggaman. Berikut 5 Aplikasi untuk mengenal Ragam Batik Nusantara:

IWareBatik
Hadir dalam dua Bahasa, English dan Indonesia, aplikasi yang dibuat mahasiswi Indonesia di Swiss ini patut digunakan untuk mengenal sejarah dan makna motif batik nusantara. IWareBatik dapat memandu pengguna mengenal sejarah motif batik dari 34 provinsi di Indonesia dengan informasi wisata alam dan budaya di wilayah tersebut. Tidak hanya itu Aplikasi yang mengantongi 4.8 bintang pada Google Play Store ini juga dapat membantu mengetahui arti motif batik yang dikenakan dengan bantuan kecerdasan buatan (AI) lho, keren bukan.

MBATIK
MBATIK singkatan dari Mari Belajar Batik ini cocok untuk mengenalkan batik ke anak-anak. Tidak hanya anak-anak, pengguna juga bisa mempertajam pengetahuan dari sejarah, jenis pembuatan batik hingga motif dan filosofi batik yang lengkap.

Ditampilkan menarik dengan icon perempuan dan laki-laki menggunakan baju batik khas Yogyakarta, aplikasi ini Didukung game interaktif yang bisa mempercepat kamu menghafal macam-macam batik nusantara.

Motif Batik Nusantara
Aplikasi motif batik nusantara mempelajari ragam Motif Batik Nusantara dan filosofinya. Terdapat 21 motif batik yang dapat kamu pelajari. Dengan mengantongi 4.4 Bintang, Motif Batik Nusantara, cocok untuk kamu unduh sebelum kamu memilih batik yang tepat untuk acara kamu.

Batik Hunter
Aplikasi game Batik Hunter secara umum memiliki misi mengumpulkan batik. Game bergenre Role Playing Game (RPG) ini menuntut pemain untuk berkejaran dengan waktu untuk mencari batik satu ketempat lain. Sambil bermain game, saat mengumpulkan batik pemain akan disajikan informasi mengenai batik, sehingga dapat memperkaya pengetahuan mengenai batik nusantara.

Desain Batik Indonesia
Aplikasi karya Creavy Dev ini berisi panduan lengkap batik Indonesia yang bisa kamu jadikan bahan referensi desain batik mu selanjutnya. Aplikasi ini berisi sejarah, jenis-jenis batik, motif batik, makna dalam motif batik, ragam hias batik hngga tatanan dan tuntunan dalam batik. Aplikasi yang cukup lengkap ini bisa dijadikan referensi untuk menggabungkan motif satu dengan motif batik lainnya untuk satu kesatuan yang utuh dari informasi batik yang lengkap di aplikasi ini.

Itu 5 Aplikasi Mengenai Batik yang bisa kamu gunakan untuk menambah wawasan mengenai ragam batik nusantara. Mudah-mudahan dengan aplikasi ini, kamu lebih cinta dan menghargai budaya Indonesia ya. Kekayaan nusantara sangat berlimpah, bagaikan harta, kita harus jaga baik-baik warisan nenek moyang kita. Selamat Hari Batik Nasional!

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION

5 Aplikasi Wajib Bagi Pengusaha, Sudah Install?

Kegiatan yang padat ditambah dengan segudang urusan bisnis biasanya membuat seorang pengusaha harus sering berpindah tempat, sehingga pemantauan bisnis harus dilakuan secara mobile. Ketahui aplikasi yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha demi ke

Selasa, 4 Desember 2018 | 11:15 WIB

Kenaikan Belanja Iklan Aplikasi Mobile

Seiring peningkatan mobile aplikasi, nilai pengeluaran belanja iklan pada aplikasi mobile juga mengalami peningkatan. Ini adalah hasil kasjian dari AppsFlyer.

Selasa, 3 Maret 2020 | 15:59 WIB

Tren Penghasilan Aplikasi Mobile

Seiring dengan peningkatan pengguna smart phone, para pembuat aplikasi mobile saat ini sedang mengalami masa keemasannya.

Kamis, 12 Maret 2020 | 11:46 WIB
LATEST ARTICLE