LogoDIGINATION LOGO

2 Kriteria Wajib Dipenuhi Untuk Memilih Pekerjaan Baru

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Senin, 7 Oktober 2019 | 08:19 WIB
Share
Menerima pekerjaan baru (shutterstock)
Share

Akhirnya resign juga!

Setelah berbulan-bulan galau, penuh pertimbangaan, akhirnya kamu berani mengambil langkah untuk keluar. Sekarang waktunya mencari pekerjaan baru!

Biar nggak kayak "keluar kandang harimau masuk mulut buaya", kamu harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih pekerjaan baru.

Sebagai pelatih pertumbuhan karier sekaligus founder dan CEO Work It Daily, website perkembangan karier, J.T. O'Donnell memberikan beberapa saran untuk meminimalisir risiko karier yang lebih buruk.

Apa saja sarannya? Simak tips dibawah ini.

Baca juga: 5 Cara Jitu Membangun Kesan di Hari Pertama Kerja

Metode G.L.O.W Untuk Mengembangkan Karier

Dalam buku pertamanya yang berjudul "Careerealism: The Smart Approach to a Satisfying Career", J.T. O'Donnell memperkenalkan metode G.L.O.W.

Empat langkah sederhana untuk mendorong pertumbuhan karier profesional:

1. Gain Perspective   

Dorong dirimu melihat situasi dari sudut pandang baru

2. Luminate the Goal

Mengetahui hasil apa yang ingin dicapai.

3. Own Your Actions

Catat kebiasaan-kebiasaan baik yang mendorong kesuksesan.

4. Work It Daily

Buat pola melakukan kebiasaan baik secara konsisten.

Terapkan 4 langkah tersebut dan lihat apakah metode tersebut bisa membantu menemukan pekerjaan yang tepat untukmu!

Baca juga: Ssst... Ini Bocoran Wawancara Kerja yang Yahud!

Karier (shutterstock)
Dua Kriteria Wajib

Pada langkah ketiga yaitu Luminate the Goal, kamu harus tahu dulu apa yang ingin kamu capai. Gunanya untuk mengetahui pekerjaan seperti apa yang sebenarnya kamu inginkan. Mengapa? Karena untuk membangun karier yang memuaskan dan membahagiakan harus disesuaikan dengan apa yang kamu ingin capai.

Sayangnya, banyak pencari kerja yang hanya mendasarkan kriteria seperti gaji, tunjangan, lokasi dan lain sebagainya. Padahal ada satu hal yang lebih penting yaitu pencapaian tujuan karier.

Untuk menemukan pekerjaan selanjutnya yang tepat, ada dua kriteria yang harus dilihat:

1. Apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan passionmu?

Saat memilih pekerjaan, kamu harus punya tujuan. Pastikan kamu memilih pekerjaan sesuai dengan tujuan dan passion yang kamu miliki. Kedua hal ini menjadi kunci agar kamu bisa bekerja dengan bahagia dan selalu merasa terlibat. Ini juga akan berpengaruh pada produktivitas dan kesuksesanmu di masa mendatang.

Jika hal tersebut tidak dipenuhi, kamu hanya akan merasa capek dan lelah.

Baca juga: Kuliner Passionmu? Ikutan Ini, Nyok!

Ilustrasi work with passion (shutterstock)
2. Apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan kemampuan dan keterampilanmu?

Saat memilih pekerjaan, sesuaikan dengan kemampuan dan keterampilan yang kamu miliki. Bidang apa yang kamu kuasai? Hal apa yang kamu mampu lakukan? Pertimbangkan juga berbagai hal lainnya.

Contohnya, saat kamu membuka portal pencarian kerja dan mencari lowongan pekerjaan sebagai "Account Manager", kamu akan menemukan banyak peluang. Namun, saat membaca detail pekerjaannya, kamu akan menemukan beberapa perbedaan. Beberapa perusahaan hanya mencari account manager untuk sales atau untuk customer support, dan lain-lain. Setiap pekerjaan mengharuskanmu memiliki serangkaian keterampilan dan kemampuan yang berbeda-beda.

Itu mengapa, penting untuk mengeksplor diri dan mengetahui kemampuan dan keterampialn yang kamu miliki. Karena jika dirimu sendiri saja tidak tahu kemampuan dan keterampilan yang kamu miliki, lalu bagaimana kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik?

Baca juga: Ekonomi Digital Ciptakan Pekerjaan Baru

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: INC
TAGS
RECOMMENDATION

10 Tips untuk Mengalahkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaa ini terkesan sepele namun jika terus-menerus dibiarkan akan berdampak besar. Kebiasaan jelek ini bisa mengganggu karier dan kepercayaan dirimu.

Senin, 19 November 2018 | 14:00 WIB

Mencari Pekerjaan Sesuai Passion? Jangan!

Sering mendengar semboyan “Bekerjalah sesuai passion?" Katanya jika bekerja sesuai passion, maka sukses akan mudah terbentang. Ah, masa iya?

Senin, 18 Februari 2019 | 11:15 WIB
LATEST ARTICLE