LogoDIGINATION LOGO

Segera Hadir! Aku Id, Platform Kebangsaan Ala Generasi Milenial

Oleh Alfhatin Pratama Selasa, 28 Mei 2019 | 16:21 WIB
Share
Ilustrasi melindungi Pancasila (shutterstock)
Share

Guna menyambut peringatan Hari Lahir Pancasila, Universitas Indonesia sebagai inisiator Forum Kebangsaan berencana meluncurkan sebuah gerakan milenial untuk kebangsaan bernama Aku Id. Wadah ini diluncurkan dengan tujuan untuk membela bangsa dan mempertahankan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari, khususnya bagi generasi milenial. 

Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa, bahasa, kepercayaan, dan yang kaya akan kebudayaan sertaadat istiadat. Sehingga, multikulturalisme adalah sebuah fakta yang dimiliki Indonesia dan harus diterima tanpa adanya penolakan sedikit pun.

Di tengah masyarakat Indonesia yang beragam, sebuah wadah yang merangkul perbedaan itu harus selalu ada. Wadah tersebut tidak boleh menghilang karena jika menghilang, alih-alih melestarikan keberagaman, malah perpecahan di tengah masyarakat yang justru timbul.

Apalagi, perkembangan teknologi yang semakin masif di era digital seperti sekarang, dunia yang tanpa batas, dan beberapa peristiwa yang terjadi belakangan ini bisa saja membuat bangsa Indonesia kehilangan identitas, juga semangat dalam persatuan. 

Baca juga: 4 Kebiasaan Milenial yang Patut Kamu Terapkan!

Mengapa generasi milenial? Karena generasi milenial adalah generasi yang menjadi pemegang tongkat estafet dari generasi sebelumnya. Mereka sering dianggap sebagai kumpulan anak-anak muda yang super cuek, punya gaya hidup yang konsumtif, tidak peduli dengan keadaan sekitar, dan keadaan bangsa.

Padahal, pendapat negatif tersebut yang tidak semuanya dapat dibenarkan. Tidak semua generasi milenial seperti anggapan negatif tersebut. Generasi milenial, sejatinya adalah generasi yang pemberani. Berani untuk berbuat kepada sesama, berani untuk melakukan perubahan untuk orang-orang yang berada jauh di sana, berani bereksperimen, dan berinovasi secara kreatif.

Dengan adanya wadah ini, diharapkan setiap individu, yang merupakan bagian dari bangsa Indonesia dapat melakukan tugasnya untuk bersama-sama menjaga Tanah Air Tercinta. Penasaran tentang Aku Id? Untuk lebih lengkapnya, nantikan di sini tepat pada Hari Lahir Pancasila ya!

Baca juga: Resep Bisnis dari 3 Milenial Indonesia yang Masuk Daftar 30 Under 30 Forbes!

 

  • Editor: Deriz Syarief
TAGS
RECOMMENDATION

Seberapa Penting Generasi Milenial Buat E-Commerce?

Topik tentang generasi milenial atau generasi Y menjadi perbincangan hangat pada ranah ekonomi digital, baik sebagai penggerak maupun pasar. Nah, seberapa penting generasi milenial untuk ekonomi digital?

Rabu, 12 September 2018 | 08:30 WIB
LATEST ARTICLE