LogoDIGINATION LOGO

Targetkan Ekonomi Digital, Digital ASEAN Resmi Diluncurkan

author Oleh Sukindar Jumat, 27 April 2018 | 02:56 WIB
Share
Pada hari Kamis (26/04), rangkaian acara workshop kick-off pertemuan resmi pertama Board of Governors yang tergabung dalam Digital ASEAN Project diselenggaranakan di Singapura
Share

Pada hari Kamis (26/04), rangkaian acara workshop kick-off pertemuan resmi pertama Board of Governors yang tergabung dalam Digital ASEAN Project diselenggaranakan di Singapura.

Bertepatan dengan acara ini, Digital ASEAN resmi diluncurkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bersama dengan Menteri ASEAN lainnya.

Inisatif Digital ASEAN berawal dari pertemuan pimpinan organisasi dan perusahaan dalam perhelatan World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss. pada tanggal 23 hingga 26 Januari 2018.

Inisiatif Digital ASEAN ini didorong oleh 50 pimpinan organisasi dan perusahaan, antara lain Mc Kinsey, Bain, Google, Air Asia, Temasek, AWS, dan Alibaba, serta kalangan akademisi salah satunya Mari Elka Pangestu dari Indonesia.

Digital ASEAN bertujuan untuk membangun ekonomi digital dengan mengadopsi pendekatan regional dalam membangun wilayah digital terpadu di seluruh ASEAN serta pembentukan Board of Governors for Digital ASEAN.

Menteri Kominfo Rudiantara bersama dengan tiga menteri ASEAN bidang “ekonomi digital” lainnya dari Vietnam, Thailand, dan Singapura ditunjuk sebagai Dewan Penasehat dari Digital ASEAN.

Di dalam Data World Economic Forum, disebutkan bahwa dalam kurun waktu 10 tahun ke depan akan ada penambahan ke produk domestik bruto (PDB) regional sebesar USD 1 Triliun.

Data tersebut menunjukan bahwa perekonomian digital di wilayah ASEAN diproyeksikan akan tumbuh secara signifikan.

Baca Juga:
ekonomi digital Indonesia Bisa Jadi 'Raksasa' di ASEAN

Untuk itu, sejumlah menteri, pemimpin bisnis dan akademisi berkumpul membahas isu-isu mendasar yang mendukung ekonomi digital ASEAN dalam Digital ASEAN Workshop-World Economic Forum.

Menteri Rudiantara mengatakan bahwa sudah saatnya negara-negara ASEAN bersatu dalam mengembangkan ekonomi digital.

“Salah satu pendiri ASEAN, Adam Malik menyatakan bahwa dengan berdirinya ASEAN negara-negara anggotanya harus bisa saling memberikan dan berbagi manfaat satu sama lain," jelasnya.

Secara khusus Menteri Kominfo memberikan pandangannya dalam diskusi tentang "Enabling e-commerce and e-payments”.

Menurutnya saat ini sudah ada 7 Unicorn di ASEAN, 4 diantaranya dari Indonesia. "Jadi kita harus manfaatkan bersama untuk peningkatan ekonomi negara-negara ASEAN," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, digagas pula penyelenggaraan High Profile World Thought Leaders Workshop.

Penyelenggaraan High Profile World Thought Leaders Workshop ditujukan mengidentifikasi rintangan utama untuk pengembangan ekonomi digital regional ASEAN.

Selain itu, bertujuan untuk menemukan dan memanfatkan cara kerja forum di tingkat global dan di wilayah lain agar dapat membantu mengatasi masalah ini.

Hasil akhirnya juga menyepakati inisiatif utama untuk mengatasi hambatan yang telah diidentifikasi, dan menyusun rencana aksi ke depan.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: PressRelease.id
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB