Menjadi salah satu strategi efektif dalam “menjaring” konsumen; digital creative merupakan satu elemen penting, yang dibutuhkan dalam dunia bisnis terkini.
Digital creative lantas kerap dimaknai sebagai satu cara promosi/pemasaran sebuah produk maupun jasa melalui platform digital. Selama beberapa tahun terakhir, ini merupakan sebuah pendekatan kreatif baru bagi konsumen, terlebih untuk menciptakan kesan yang menyenangkan.
Adapun melalui digital creative, Anda tidak melulu harus mempromosikan produk secara gamblang. Pada intinya, digital creative mencakup kemampuan untuk melakukan banyak hal yang bisa mengejutkan audience. Akhirnya, “pengalaman” audience inilah yang lantas akan mengantarkan mereka pada brand maupun produk Anda.
Dari segi pengenalan merek, digital audience merupakan satu upaya membangun brand awareness, yang mendatangkan revenue. Pun itu sebabnya, untuk menyasar audience dengan tepat, Anda harus terlebih dulu menahami platform dan perilaku konsumen di dalamnya. Berdasarkan data tersebut, barulah Anda dapat menentukan strategi untuk membangun percakapan yang berarti dengan mereka.
Menjajal Aneka Platform
Ada beragam platform yang bisa Anda gunakan untuk menjajal strategi digital creative. Tentu saja, kampanye merek A di media sosial—contoh: Twitter; tidak selalu dapat diterapkan untuk merek B di platform yang sama. Itu sebabnya, sebagai pemilik bisnis—Anda wajib melakukan “pemetaan” terlebih dulu, terutama untuk memahami siapa target pasar, dan menentukan pendekatan kampanye.
Nah, sebagai pembanding—Anda bahkan bisa mengintip beberapa merek ternama yang sukses menerapkan strategi creative digital. Ini meliputi kampanye produk es krim Wall’s, bertema “The Scoop of Happiness” di Youtube—yang rupanya sukses mendatangkan keuntungan dan impresi dalam jumlah tinggi.
Lain Walls, lain pula kampanye bertema donasi, yang dilakukan oleh Community Chest—sebuah lembaga amal asal Singapura. Dengan tujuan “mendanai” pendidikan anak-anak penyandang disabilitas, mereka memanfaatkan tiket MRT supaya orang-orang dapat dengan mudah mendonasikan sedikit uangnya ke sana. Cara ini pun tergolong sukses, sebab orang-orang hanya perlu men-tap kartu MRT-nya ke perangkat yang telah tersedia, untuk memberikan sedikit donasi mereka.
Itulah gambaran sekilas terkait strategi digital creative yang bisa Anda jadikan inspirasi. Selamat mencoba!