LogoDIGINATION LOGO

Peran Digital Influencer dalam Pemasaran

author Oleh Dewi Shinta N Selasa, 20 Juni 2023 | 17:28 WIB
Share
Share

 

Peran digital influencer dalam pemasaran telah menjadi sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya, berkat bantuan influencer para marketer/ pemilik usaha mampu meraup keuntungan lebih banyak dibanding promosi pada umumnya. Lantas bagaimana peran digital influencer dalam pemasaran?

Sebelumnya, digital influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh dan popularitas di platform media sosial seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan lainnya. Mereka memiliki basis pengikut yang besar dan aktif, yang mampu mempengaruhi perilaku dan keputusan pembelian pengikut mereka. Pada dasarnya, ada beberapa tingkatan influencer, mulai daro Nano, Micro, Macro dan Mega Influencer dengan jumlah pengikut terbesar. 

Marketer bisa menargetkan pengikut dari kalangan tertentu. Entah itu, mahasiswa, anak-anak, atau memiliki hobi yang sama dan biasanya mampu menciptakan kedekatan yang lebih intens dengan calon pembeli atau pelanggan.

Berikut adalah beberapa peran penting yang dilakukan oleh digital influencer dalam pemasaran :

Baca juga : Mengenal Influencer Marketing untuk Gen Z

Membuat konten kreatif dan transparan

Digital influencer seringkali memiliki keterhubungan yang kuat dengan pengikut mereka karena konten yang informatif, kreatif, jujur, dan transparan. Konten yang dibuat oleh influencer seringkali menyentuh dan menginspirasi pengikut mereka, sehingga menciptakan kesadaran dan ketertarikan terhadap produk. 

Membantu merek memperkenalkan produk mereka

Ketika digital influencer merekomendasikan atau mereview produk atau layanan, pengikut influencer seringkali merasa terpengaruh dan termotivasi untuk membeli. Hal ini terjadi karena influencer mampu membangun opini yang dapat mempengaruhi audience mereka.

Membangun kepercayaan 

Influencer memiliki ciri khas tersendiri yang mampu membuat audience mudah mengingat mereka. Influencer juga harus memiliki keterampilan komunikasi dan attitude yang baik agar selalu dipercaya oleh audience dan merek.

Baca juga : Influencer: Ketahui Tugasnya di Era Digital

Meningkatkan interaksi

Influencer seringkali memiliki keterlibatan yang tinggi dengan pengikut mereka. Biasanya, pengikut mereka dapat dengan mudah memberi komentar, pertanyaan, dan umpan balik dari konten yang diunggah. Dengan bantuan influencer, merek dapat dengan mudah menerima feedback dari pengikut influencer. 

Itu dia beberapa peran penting seorang influencer. Penting untuk dicatat bahwa dalam menjalankan kampanye pemasaran kamu perlu memilih influencer yang sesuai dengan produk dan basis pengikut yang relevan dengan target pasar. Selain itu, transparansi dalam kemitraan juga perlu dilakukan agar kerjasama berjalan dengan lancar.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE