LogoDIGINATION LOGO

6 Red Flag Finansial dalam Relationship

author Oleh Dewi Shinta N Rabu, 24 Mei 2023 | 16:21 WIB
Share
Share

 

Ketika jatuh cinta, seringkali kita buta dengan segalanya. Bahkan ketika kamu sedang mengalami red flag finansial dalam hubunganmu, kamu hanya memandang itu sebagai hal biasa. Lantas bagaimana mengenali tanda-tanda red flag finansial dalam hubunganmu? 

Menurut Aulia Akbar Finacial Planner yang dikutip dari CNBC Indonesia, financial red flag atau red flag finansial dalam hubungan adalah kondisi saat pasangan memiliki kesalahan berpikir dan berperilaku terkait keuangan yang bisa berdampak buruk pada hubungan.

Mengenali tanda-tanda red flag finasial dalam sebuah hubungan bisa sangat penting untuk menjaga keuangan dan kesehatan finansial kamu. Berikut ini adalah lima red flag finansial yang perlu diwaspadai dalam sebuah hubungan:

Tidak transparan soal keuangan

Komunikasi sangat penting dalam hubungan yang sehat. Meski kamu dan pasangan masih dalam tahap pacaran, tapi keterbukaan keuangan ini tetap dibutuhkan agar kamu dan pasangan bisa saling menjaga keuangan masih-masing. 

Jika pasangan kamu enggan berbicara tentang keuangannya, atau tidak transparan dalam hal keuangannya, itu bisa jadi tanda red flag finansial. Jangan-jangan alasan dia tidak jujur denganmu karena ada masalah keuangan yang dia tutup-tutupi. 

Baca juga : Hati-hati Toxic Money Mindset, Ini Ciri-cirinya!

Impulsive spending

Jika pasangan kamu memiliki kecenderungan untuk menghabiskan uang secara impulsif, boros, atau tidak bijak dalam keuangannya sendiri, maka kamu perlu waspada. 

Masalah keuangan sering kali muncul ketika pengeluaran tidak terkendali dan tidak sesuai dengan pendapatan yang ada. Ini dapat menyebabkan ketidakstabilan keuangan dan kesulitan mencapai tujuan keuangan bersama.

Manajemen keuangan yang buruk

Royalitas keuangan memang baik dalam hubungan, tapi kalau royalnya hanya di awal bulan, terus pas akhir bulan dia malah minta dibayarin makan sama kamu, berarti manajemen keuangan pasanganmu masih berantakan tuh.

Pengelolaan keuangan yang buruk dapat mengarah pada pertengkaran, dan kesulitan keuangan yang lebih besar nantinya. Oleh karena itu cobalah untuk bersama memperbaiki manajemen keuangan kalian deh.

Kecanduan utang

Jika pasanganmu sering pinjam uang ke kamu, coba tanya apa dia sering pinjam uang selain ke kamu? Karena kemungkinan besar dia juga punya banyak utang di kartu kredit atau aplikasi pinjam uang lainnya. Jika pasangan kamu memiliki utang yang sangat besar, itu dapat menjadi beban finansial bagi hubungan kamu. Coba cari tahu dan bicarakan bagaimana manajemen uang yang baik untuk hubungan kalian kedepannya.

Baca juga : 5 Tips Nabung Bareng Pacar Buat Modal Nikah

Bergantung pada penghasilanmu

Jika kamu merasa pasanganmu bergantung padamu soal finansial, sementara dia malas untuk mencari pekerjaan atau tidak mencari penghasilan untuk dirinya sendiri, itu bisa menjadi tanda ketergantungan finansial yang tidak sehat. Ketergantungan finansial yang tidak seimbang dapat merusak keseimbangan dalam hubungan.

Perbedaan tujuan keuangan

Jika kamu dan pasangan memiliki tujuan keuangan yang berbeda, itu bisa menjadi konflik yang berkelanjutan dalam hubunganmu. Misalnya, jika pasanganmu memiliki sikap boros dan kamu sangat hemat, atau jika kamu ingin berinvestasi dan merencanakan masa depan sementara pasanganmu tidak peduli dengan hal-hal tersebut, maka itu dapat menyebabkan konflik dalam hubungan.

Itu dia ciri-ciri red flag finasial. Penting untuk mengenali red flag finansial dan terbuka soal keuangan bersama pasangan. Jika dibiarkan terlalu lama, masalah keuangan dapat merusak hubungan secara keseluruhan. Yuk mulai kenali dan perbaiki manajemen keuangan kalian!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE