LogoDIGINATION LOGO

Tinder Memperkuat Fitur Keamanan Real Time

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 7 Februari 2023 | 18:50 WIB
Share
Share

Kenalan sama orang lewat Tinder? Siapa takut.

Tinder baru saja mengumumkan perlindungan lebih jauh terhadap kejahatan online, melalui pengembangan fitur ‘Apakah Ini Mengganggumu?’ dan ‘Apakah Kamu Yakin?’ dengan memperluas kategori ujaran kebencian, eksploitasi dan pelecehan seksual.

Selain itu, Tinder juga memberikan para member kontrol lebih pada aplikasi, dengan diperkenalkannya ‘Mode Penyamaran’ dan ‘Blokir’, sekaligus memperbaiki metode pelaporan profil member.

Sejak awal, Tinder telah fokus menghadirkan pengalaman yang mendorong interaksi sehat antar member, dan memberikan kendali kepada mereka untuk perjalanan asmaranya. Sekitar 68% anak muda Indonesia setuju bahwa mereka memerlukan fitur pelaporan yang membantu mereka melaporkan perilaku tidak pantas apa pun ke Tinder, sementara 51% menganggap fitur yang mempromosikan perilaku baik member dan intervensi apabila ada pesan yang tidak pantas akan membantu meningkatkan pengalaman kencan yang aman.

Pembaruan terkait ‘Apakah Ini Mengganggumu?’ dan ‘Apakah Kamu Yakin?’:

Baca juga : Temukan Jodoh mu Sekarang! Ini dia 5 Manfaat Aplikasi Kencan Online

Diluncurkan pada tahun 2021, kedua fitur keamanan ini diperbaharui untuk memasukan lebih banyak bahasa yang diklasifikasikan sebagai berbahaya atau tidak pantas bagi Tinder, di mana beberapa di antaranya terkait ujaran kebencian, eksploitasi seksual, hingga pelecehan yang melanggar Peraturan Komunitas.

Pilihan ‘Apakah Kamu Yakin?’ hadir secara otomatis sebelum pesan dikirimkan, jika Tinder mendeteksi adanya bahasa yang tidak pantas, dengan definisi seksual serta kekerasan secara terang-terangan, dan mengurangi pengiriman pesan tersebut hingga 10%.

Sebaliknya, fitur ‘Apakah Ini Mengganggumu?’ mengajak para member untuk melaporkan obrolan yang tidak pantas, dan mengambil langkah terhadap member lain yang dianggap tidak bisa mentaati peraturan di Tinder. Sejak pertama kali diluncurkan, fitur ini telah meningkatkan 46% dari jumlah pelaporan pesan dengan bahasa yang tidak aman.

“Setiap interaksi di Tinder telah diciptakan dengan mengutamakan keamanan, namun kami juga mendengar dari para member bahwa mereka tidak selalu mengetahui setiap fitur keamanan yang ada, bagaimana cara menggunakannya, hingga bagaimana untuk tetap aman saat membawa obrolan keluar dari aplikasi. Lewat edukasi dan informasi, tujuan kami adalah menciptakan Tinder sebagai tempat teraman untuk bertemu orang-orang baru secara online.” ujar VP Product, Integrity Tinder, Rory Kozoll.

Berikut kontrol di fitur terbaru Tinder:

Baca juga : Waspada Pinjol Ilegal Merajalela Jelang Akhir Tahun, Berikut Daftarnya

Sebagai upaya berkelanjutan Tinder untuk memimpin industri kencan dalam inovasi produk keamanan, Tinder juga merilis beberapa fitur yang menambah cara bagi para member untuk mengontrol dengan siapa mereka ingin berinteraksi di dalam aplikasi:

Mode Penyamaran - Fitur ini merupakan upgrade dari pilihan menyembunyikan profil member sepenuhnya. Tiap member tetap bisa memilih Suka atau Tidak Suka pada aplikasi, namun hanya member yang telah mereka sukai saja yang dapat melihat profil mereka sebagai rekomendasi. Ambil kendali penuh atas siapa yang melihat Anda saat menelusuri profil di Tinder.

Blokir - Blokir profil merupakan langkah penting untuk memberikan pilihan bagi para member dalam memilih siapa yang ingin mereka lihat di Tinder. Saat sebuah profil muncul di beranda, member dapat langsung memblokir profil tersebut sebelum matching agar tidak muncul lagi. Hal ini merupakan metode termudah untuk menghindari bertemu dengan sosok seperti atasan hingga mantan. Fitur ini hadir sebagai tambahan dari fitur Blokir Kontak, dan pemblokiran setelah melakukan pelaporan.

Tekan Lama untuk Pelaporan - Tinder ingin memudahkan para member untuk melakukan pelaporan terhadap perbuatan yang tidak menyenangkan. Tekan Lama untuk Pelaporan memungkinkan para member untuk mengetuk dan menahan pada pesan yang tidak menyenangkan, sehingga alur pelaporan bisa langsung mengarah ke kolom pesan tersebut. Dengan menyederhanakan alurnya, Tinder berharap para member tidak ragu untuk melaporkan tindakan yang buruk, serta memungkinkan adanya tindakan terhadap akun Tinder yang melanggar Panduan Komunitas.

Pembaharuan terkait fitur Trust & Safety ini juga hadir sebagai bagian dari kampanye kesadaran penipuan asmara oleh Match Group dan peluncuran Pusat Keamanan Tinder di Indonesia tahun lalu.

Member Indonesia dapat mempelajari panduan keselamatan dasar, mengetahui cara menggunakan peralatan keselamatan, dan mengakses sumber daya lokal saat membutuhkan bantuan lebih lanjut. Seluruh inisiatif ini ditujukan untuk mengedukasi para lajang, dalam berkencan dengan aman dan tetap terlindungi.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE