LogoDIGINATION LOGO

Sony Segera Rilis PlayStation 5 versi Pro, Gimana nih Guys Beli PS5/ PS5 Pro?

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 27 Januari 2023 | 16:08 WIB
Share
Share

 

“Udah beli PS5 belum bro?”

“Nanti deh tunggu yang Pro”

Sony kembali menggemparkan pecinta konsol PlayStation. Belum sempat kebagian PlayStation 5, Sony kembali membocorkan versi terbarunya dengan “daleman” yang lebih powerfull yaitu PS5 Pro.

Phonandroid, membocorkan bahwa Sony akan merilis PS5 versi Pro dalam beberapa bulan ke depan. Tentu bocoran ini mematahkan kabar terakhir yang menyebut bahwa Sony akan merilis PS5 Slim yang rumornya beredar belakangan ini.

Adapun konsol PS5 varian "Pro" ini, diklaim bakal meluncur pada Q2 2023 mendatang, sekitar dua tahun setengah dari peluncuran awal PS5 pada November 2020 lalu. 

Secara kemampuan, PS5 varian "Pro" memungkinkan penggunanya merasakan bermain PS yang lebih tangguh dibanding PS5 versi "reguler".

Baca juga : Meta Bangun Toko Avatar, Pembeli Lebih Bebas Pilih Kostum dan Karakter Favorit

Hal ini lantaran PS5 akan ditenagai dengan chip terbaru buatan AMD dan juga mengadopsi sistem pendingin (cooling system) baru yang lebih mumpuni dari PS5 versi awal. 

Komponen peredam panas yang bakal diusung PS5 Pro adalah cooling system berbasis air (water liquid cooling) yang biasa ditemui di beragam komputer (PC) gaming. Jika benar dengan begitu, perangkat PS5 nantinya akan terjaga kualitasnya dan suhu perangkatnya pun tetap terjaga apabila chipnya bekerja secara extra. 

Secara sederhana, cara kerja sistem pendingin liquid cool mirip dengan radiator dalam mobil. Sistem ini akan mengedarkan cairan melalui “water blocks” yang berada di atas chipset yang tengah didinginkan. Air yang relatif lebih dingin mengalir melalui waterblock akan mengumpulkan panas dari chipset dan mendinginkannya.

Baca juga : Kerjasama Strategis Evos dan Noctua Games Bangun Ekosistem Game

Meski penggunaan liquid coolin di PS5 sempat menjadi perbincangan, lantaran disebut bisa merusak PS5 apabila konsol ini diletakkan secara vertikal atau dalam posisi "berdiri", bukan horizontal atau posisi "tidur" namun sepertinya Sony tetap konsisten dalam penemuan terbarunya ini. 

Sony mengharapkan agar dapat menjual stok PS5 yang telah beredar di pasaran sebelum model Pro-nya ini rilis karena versi ini dirasa cukup diminati menjual mengingat beberapa hari yang lalu 

Dengan begitu perangkat PS5 kini sepertinya sudah mudah dicari dan didapatkan. Seperti sebelumnya di perangkat PS4 dan PS4 Pro misalnya yang bisa bertahan cukup lama, karena kedua versi tersebut tidak menjadi pesaing satu sama lain. 

Soal harga untuk versi PS5 Pro diperkirakan akan lebih mahal dari versi PS5 sebelumnya. Namun bocoran ini juga masih bersifat spekulatif karena tak disertai dengan bukti yang jelas. Sejauh ini Sony belum memberikan konfirmasi seputar pengembangan PS5 Pro.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE