LogoDIGINATION LOGO

Intip 4 Fitur Ini untuk Tingkatkan Peluang Bisnis Startup

author Oleh DQLab Senin, 21 November 2022 | 10:55 WIB
Share
Share

 

Pernah mendengar istilah Startup? Pada era teknologi seperti sekarang, startup tengah menjadi tren bisnis yang sangat populer. Umumnya, perusahaan startup mengacu pada bentuk layanan atau produk yang berbasis teknologi.

Lalu, apa sebenarnya arti dari kata startup? Startup merupakan perusahaan yang masih berada pada fase pengembangan atau rintisan yang belum lama beroperasi. Berbasiskan teknologi dan inovasi, startup mengalami pertumbuhan yang sangat cepat, termasuk di Indonesia. Ada puluhan, bahkan ratusan startup yang mulai beroperasi dan bisa kita temukan di Indonesia.

Meski begitu, tidak semua bisnis startup dapat berjalan dengan maksimal dan banyak diantaranya yang justru mengalami kerugian. Bukan hanya memerlukan bantuan dana dari investor, bisnis startup juga harus didukung dengan fitur yang memudahkan pengguna dan menarik pelanggan baru. 

Beberapa startup di Indonesia yang sukses melampaui angka unicorn dan mengalami pertumbuhan yang baik seperti marketplace hingga dompet digital. Belajar dari beberapa startup tersebut, ternyata ada 4 fitur yang dapat membantu tingkatkan peluang bisnis startup milikmu, lho! Yuk, simak informasi yang telah dirangkum oleh DQLab melalui penjelasan berikut

 

  • Tingkatkan Awareness dan Engagement Pakai Live Streaming

 

Pernah melihat fitur Live Streaming di aplikasi Shopee atau Tiktok? Banyak bisnis startup yang mulai menggunakan fitur ini untuk bisnis mereka. Tren siaran langsung sering diminati oleh pelanggan, maupun calon pelanggan karena informasi yang diberikan.

Dengan memanfaatkan fitur Live Streaming, kamu dapat mempromosikan serta melakukan penawaran produk atau layanan bisnismu dengan lebih mudah. Hal ini bisa meningkatkan awareness dan engagement sekaligus karena interaksi langsung yang kamu bangun dengan calon pelanggan.

Pastikan saat melakukan Live Streaming, kamu melakukan riset terlebih dahulu untuk mencari data mengenai waktu, komponen live seperti properti, hingga cara penyampaian yang disukai oleh penontonmu nantinya. Dengan begitu, siaran langsung bisnismu bisa lebih ramai dan sesuai target.

 

  • Chatbot Bantu Lebih Dekat dengan Pelanggan 

 

Fitur ini tidak kalah penting dan rasanya wajib untuk ada di setiap bisnis startup. Mengapa? Kamu maupun karyawan tidak mungkin selalu siap 24/7 untuk menanggapi pelanggan. Untuk itu, fitur chatbot akan sangat membantu bisnis startupmu!

Chatbot merupakan fitur yang memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI). Fitur ini mampu mengaktifkan percakapan dengan calon pembeli, seperti informasi produk, pertanyaan atau keluhan, hingga feedback yang bersifat dinamis.

Ada banyak keuntungan yang bisa bisnismu dapatkan dengan menggunakan fitur ini, yaitu meningkatkan relasi dengan pelanggan, menekan biaya customer service dan tentunya tersedianya chat 27/7.

Baca juga : Kenali Pengaplikasian Data Science pada Marketplace

 

  • Manfaatkan Iklan

 

Iklan menjadi salah satu bentuk saluran promosi yang kerap digunakan untuk produsen bisnis. Untuk itu, fitur satu ini tentu tidak asing kita lihat dan dengar

Fitur iklan atau yang sering dikenal dengan fitur ads dapat membantu meningkatkan peluang bisnis startup dengan memberi referensi mengenai produk atau layanan yang disediakan. 

Jika kamu menggunakan fitur ads, perlu ada dana yang akan kamu keluarkan. Oleh karena itu, pastikan selalu menyediakan budget promosi agar startup tetap terarah ya!

 

  • Diskon dan Penilaian Produk

 

Siapa yang tidak menginginkan diskon? Rasanya, semua orang pasti menginginkan diskon pada produk atau layanan yang diinginkan. Fitur diskon menjadi peluang yang signifikan untuk meningkatkan peluang bisnis startup.

Ketika mendengar adanya promo atau diskon, calon pembeli pasti lebih tertarik untuk melakukan pembelian. Bahkan, hal itu bisa mendorong adanya pembelian produk dalam jumlah yang besar. Kamu juga bisa memberikan promo atau diskon tersebut ke pelanggan setia untuk meningkatkan loyalitas mereka terhadap bisnismu.

Fitur penilaian produk juga sangat krusial untuk pertumbuhan bisnis startup. Selain melaukan evaluasi produk atau layanan dengan memanfaatkannya, baik dan buruk penilaian akan menjadi faktor penentu mereka untuk melakukan pembelian kembali pada bisnismu.

Baca juga : Contoh Artificial Intelligence vs Machine Learning

Ada banyak fitur lainnya yang bisa membantu untuk tingkatkan peluang bisnis startup milkimu. Umumnya, fitur-fitur tersebut memanfaatkan teknologi dan data science agar dapat diaplikasikan. Contohnya, fitur chatbot yang memanfaatkan AI. Tertarik mempelajari Data Science dan menerapkannya untuk bisnis startup? 

Kamu bisa mulai belajar dengan join kursus online bersama DQLab. DQLab merupakan kursus belajar Data Science berbahasa Indonesia dan saat ini sedang memberikan kesempatan untuk kamu belajar di bidang data secara gratis. Untuk informasi selengkapnya klik tautan berikut https://dqlab.id/giveaway-alert!-belajar-data-science-gratis-di-dqlab 

Yuk mulai belajar data, karena data untuk semua!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE