LogoDIGINATION LOGO

Skystar Ventures UMN Buka Peluang Startup Dapat Suntikan Dana dari Venture Capital

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 11 November 2022 | 15:59 WIB
Share
Share

Inkubator bisnis yang berada di bawah naungan Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Skystar Ventures, mengadakan acara “Meet and Connect with the VC (Venture Capital)” pada Jumat (11/11/2022). 

Acara ini merupakan penutup dari rangkaian “Skystar Ventures Level Up Program” yang diadakan bersama Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Dalam sesi speed-dating di acara tersebut, Skystar Ventures membuka kesempatan bagi 27 startup yang terdaftar untuk bertemu dengan empat Venture Capital dan mempromosikan bisnis mereka.

Perwakilan dari Venture Capital diberikan waktu selama beberapa menit untuk menyimak pitching dari startup tersebut. Venture Capital yang berpartisipasi yakni Skystar Capital, East Ventures, Kejora Capital, dan BNI Ventures. 

“Pertemuan dengan Venture Capital merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi tim startup untuk menunjukkan ide dan rencana bisnisnya setelah melalui program inkubasi di Skystar Venture,” kata Head of Incubator Skystar Ventures sekaligus Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan UMN, Ir. Andrey Andoko, M.Sc. 

Baca juga: 5 Tren Bagaimana Gen Alfa Mengubah Masa Depan Dunia Kerja

Sebanyak 15 startup merupakan perusahaan yang berpartisipasi dalam “Level Up Program”, sementara 12 lainnya merupakan startup eksternal yang dikurasi oleh Skystar Ventures UMN.

Startup buatan mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) pun juga berkesempatan mengenalkan ide bisnis mereka dalam acara Demo Day. Beberapa startup tersebut yakni Visitory, Archlive, Saraya, Adopsea, dan Leumpang.

Lewat program inkubasi Skystar Ventures, startup buatan mahasiswa UMN mendapatkan akses pendampingan dari mentor dan praktisi terbaik di bidang yang relevan.

Selain mentoring, startup buatan mahasiswa UMN turut mendapatkan akses jejaring ke Venture Capital dan program dana hibah pemerintah. Mereka juga mendapatkan akses ke jejaring Kompas Gramedia Group dan berkesempatan berkantor di Skystar Ventures.

Berikut lima startup mahasiswa UMN yang ikut serta dalam Demo Day:

Baca juga : Kian Dicari, Profesi Bidang Data Akan Mendominasi Hingga 2025 Mendatang

  1. Visitory: startup layanan travel yang menyediakan tour guide untuk perjalanan instan yang dapat dipesan secara real-time.

  2. Archlive: startup marketplace yang menyediakan jasa arsitek freelancer.

  3. Saraya: startup layanan digital yang membuka akses permodalan dan manajemen keuangan untuk UMKM.

  4. Adopsea: perusahaan marketplace untuk mengadopsi (membeli) hewan dengan aman, nyaman, dan terpercaya.

  5. Leumpang: startup marketplace yang menyediakan jasa fotografer atau videografer untuk kalangan menengah ke bawah.

“Partisipasi dari Venture Capital diharapkan akan mendorong para startup untuk makin mengembangkan bisnisnya dan memberikan kontribusi bagi kemajuan ekonomi Indonesia,” ungkap Ir. Andrey Andoko, M.Sc..

Selain memberikan kesempatan untuk berkenalan dengan Venture Capital, acara ini membuka jalan bagi startup untuk menjalin relasi dengan perusahaan startup lain. Perusahaan startup juga dapat bertukar informasi dan wawasan terbaru mengenai ruang lingkup industri dan perspektif dengan Venture Capital dan sesama startup lain.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE