LogoDIGINATION LOGO

Efek Gadget! Berikut Gambaran Bentuk Tubuh Manusia di Tahun 3000

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 8 November 2022 | 18:33 WIB
Share
Share

 

Perkembangan teknologi digital di era modern ini secara tidak langsung telah mengubah kehidupan manusia saat ini. Tanpa disadari hal ini juga berpengaruh pada postur tubuh manusia.

Laporan TollFreeForward memprediksi bagaimana bentuk manusia di masa depan. Mereka mengatakan sebelum melakukan penggambaran secara tiga dimensi, mereka terlebih dulu mengolah berbagai data dari riset ilmiah dan beberapa ahli teknologi.

Beberapa ilmuwan dan ahli teknologi bekerjasama untuk memprediksi bagaimana bentuk manusia di masa depan pada tahun 3000. Alhasil, TollFreeForward memberikan gambaran wujud manusia di masa depan yang cukup mengerikan dibanding wujud yang ada saat ini.

Hasil studi yang dilakukan para ilmuwan di TollFreeForwarding itu kemudian direfleksikan melalui sebuah gambar hasil olah digital tiga dimensi bernama Mindy. Pada gambar tersebut terlihat gambar manusia dengan punggung bungkuk, tangan cakar, kelopak mata kedua, tengkorak lebih tebal, dan otak lebih kecil.

Baca juga : 5 Tren Bagaimana Gen Alfa Mengubah Masa Depan Dunia Kerja

Para peneliti mengatakan berbagai perubahan fisik itu terjadi karena tingginya tingkat penggunaan perangkat teknologi digital yang terjadi saat ini. Hal tersebut menunjukkan potensi bahaya menggunakan teknologi terlalu sering, baik secara fisik maupun mental. 

Ketika menggunakan smartphone, laptop atau komputer dan teknologi canggih lainnya, manusia pasti akan menyesuaikan tubuhnya untuk melihat layar objek tersebut dengan sedikit ke bawah atau ke atas. 

Lambat laun, hal ini menyebabkan tulang penopang tubuh seseorang tegang dan merubah bentuknya secara signifikan sehingga tanpa disadari membuat manusia jauh lebih sering membungkuk. 

Hal ini juga dibenarkan oleh pakar kesehatan dan kebugaran di Maple Holistics, Caleb Backe mengatakan bagian tubuh seperti tulang bahkan belakang selalu mendapatkan pengaruh atau tekanan dalam penggunaan teknologi, sementara otot leher harus memperluas upaya ekstra untuk menopang kepala. Tekanan yang berlebihan akan membuat struktur tubuh manusia akan berubah. 

“Saat bekerja di depan komputer atau melihat ponsel yang menghabiskan waktu berjam-jam, akan membuat leher Anda tegang dan tulang punggung Anda tidak seimbang. Akibatnya, otot-otot di leher Anda harus mengeluarkan upaya ekstra untuk menahan kepala Anda ke atas," jelasnya

Baca juga : Apa yang Harus Dilakukan Ketika Terjadi Resesi ?  

Mindy juga menggambarkan tangan manusia yang awalnya terlihat biasa akan berbeda di masa depan. Tangan manusia di tahun 3000 akan terlihat mengepal akibat terlalu intens memegang smartphone.

Namun banyak yang menilai, bahwa TollFreeForwarding tak bisa dijadikan sumber. Gambaran mengerikan di TollFreeForwarding sepertinya bertujuan memberi efek kejut sekaligus sindiran tentang ketergantungan manusia kepada teknologi saja. 

Hal ini seperti yang dikutip oleh Study Finds, sebuah blog tentang penelitian akademis yang juga membahas tentang penelitian yang dilakukan TollFreeForwarding ini "Konten kami dimaksudkan untuk diskusi dan kami selalu mendorong pembaca kami untuk mendiskusikan mengapa atau mengapa mereka tidak setuju dengan temuan tersebut. Jika Anda sangat tidak setuju dengan sebuah laporan - silakan singkirkan pendapat Anda dengan senang hati di kolom komentar," kata StudyFinds.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE