LogoDIGINATION LOGO

Kopi Kenangan Buka Gerai di Malaysia, Bawa Cita Rasa Kopi Indonesia

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 19 Oktober 2022 | 14:10 WIB
Share
Share

Kopi Kenangan resmi membuka gerai pertamanya pada Senin (17/10) di Suria KLCC, Malaysia. Aksi ekspensi ini merupakan langkah awal Kopi Kenangan dalam menjalankan misi ekspansi global.

Diresmikan langsung oleh Edward Tirtanata selaku CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan, serta James Prananto selaku Chief Business Development dan Co-Founder Kopi Kenangan. PT Bumi Berkah Boga yang mengelola Kopi Kenangan ini memutuskan mengekspansi bisnisnya setelah meraih pendanaan seri C senilai US$ 96 juta atau setara dengan Rp 1,3 triliun.

Peresmian ini juga dihadiri oleh Bapak Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI secara virtual, dan kehadiran Ibu Ni Made Ayu Marthini selaku Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI secara langsung.

“Kami memilih Malaysia sebagai negara tujuan ekspansi global pertama kami karena kecintaan orang Malaysia terhadap makanan, perkembangan budaya kopi yang stabil, terutama untuk model bisnis grab-and-go, dan banyak kesamaan yang dimiliki orang Malaysia dengan orang Indonesia dalam hal cita rasa dan keinginan untuk mencoba hal-hal baru," kata Edward Tirtanata, CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan.

Baca juga : Indomie X TANGAN, Begini Pelajaran Digital Marketing yang Bisa Diambil

Proyeksi sektor F&B di Malaysia juga menjanjikan karena saat ini Malaysia sedang bertransformasi dalam menerapkan ekonomi digital berpenghasilan tinggi dengan fokus utama pada digitalisasi yang juga sejalan dengan konsep bisnis Kopi Kenangan.

Edward mengungkap "Kami ingin menerapkan kesuksesan model bisnis kopi grab-and-go yang diterapkan Kopi Kenangan di Indonesia ke pasar luar negeri, yang dimulai dengan Malaysia. Tujuan kami membangun Kopi Kenangan adalah untuk mengenalkan kopi Indonesia yang berkualitas dengan harga yang terjangkau dan dapat diakses oleh semua orang. Kami sangat senang bisa berbagi cita rasa kopi Indonesia dengan orang Malaysia,”

Kopi Kenangan akan beroperasi di bawah nama Kenangan Coffee, sebagai nama merek internasional yang digunakan di luar Indonesia. Kopi Kenangan fokuskan pada kata kunci ‘kenangan’, dengan harapan dapat memperlakukan setiap konsumen yang datang ke gerai sebagai teman dan setiap cangkir kopi dari Kopi Kenangan dan dapat meninggalkan kenangan yang baik untuk para konsumen. 

“Cita-cita kami adalah menjadi merek kopi yang paling dicintai konsumen di Asia Tenggara, dan Malaysia akan menjadi langkah awal kami dalam mencapai misi Kopi Kenangan tersebut,” ungkap James Prananto, selaku Chief Business Development dan Co-Founder Kopi Kenangan.

Baca juga : Cosmart, Startup E-Commerce Berlangganan Kantongi Pendanaan Awal US$ 5 Juta

Selain gerai pertamanya di Suria KLCC, Kenangan Coffee juga akan membuka empat gerai lainnya di MyTown Cheras, Pavilion KL, NU Sentral KL, dan Sunway Pyramid PJ di akhir tahun ini.

Kenangan Coffee juga meluncurkan Kenangan Academy di Uptown, PJ, untuk menyediakan berbagai program pelatihan yang diperuntukkan bagi para barista dan karyawan, dengan tujuan menjadi pusat pelatihan profesional di bidang F&B terbaik di Malaysia.

Sejalan dengan komitmen dalam menyajikan kualitas terbaik untuk konsumen, Kopi Kenangan juga menggandeng Mikael Jasin, World’s 7th Best Barista (2021), sebagai Head of Coffee yang akan menerapkan pengalaman dan pengetahuannya untuk memilah biji kopi berkualitas hingga akhirnya dapat dinikmati oleh konsumen.

Kenangan Coffee akan mengenalkan menu andalannya pertama kali, Kenangan Latte yang diadaptasi dari menu andalan Kopi Kenangan di Indonesia yaitu Kopi Kenangan Mantan, dan Avocado Coffee, serta berbagai pilihan kopi lainnya yang ada di berbagai gerai Kenangan Coffee.

Harga per-cangkirnya tentu cukup terjangkau dengan kualitas yang ditawarkan. Kenangan Coffee juga akan memperkenalkan berbagai pilihan makanan sebagai pendamping kopi yang nikmat.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE