LogoDIGINATION LOGO

Pemerintah Targetkan 2 Juta Motor Listrik Pada 2025

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 17 Oktober 2022 | 19:04 WIB
Share
Share

Pemerintah semakin serius untuk mencanangkan program Green Mobility dengan memperbesar populasi kendaraan listrik di Indonesia. Demi mengurangi emisi karbon, pemerintah telah menargetkan produksi 2 juta motor listrik pada 2025.

Hal ini sejalan dengan keluarnya Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Adanya Inpres ini akan menjadi katalis peningkatan produksi kendaraan ramah lingkungan sekaligus menjadi bentuk komitmen pemerintah dalam percepatan era elektrifikasi di Indonesia.

“Kami terus melakukan pendalaman terkait dengan industri kendaraan electric vehicle, baik itu untuk kendaraan roda empat maupun roda dua. Khusus untuk roda dua, ada target dari Bapak Presiden dalam waktu yang sesingkat-singkatnya bisa segera memproduksi dua juta unit pada 2025,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Baca juga : Tesla Teken Kontrak Pembelian Nikel di Indonesia

Triangle Motorindo (VIAR Motor) merupakan salah satu perusahaan otomotif masuk ke dalam 35 daftar perusahaan produsen motor listrik yang akan mendukung pemerintah untuk dapat mencapai target tersebut.

Menperin Agus bilang “Hal ini untuk mencapai target pemerintah untuk Indonesia menurunkan emisi sebanyak 29% di 2030 dan mencapai target emisi nol atau net zero emission pada 2060".

Dengan lahan pabrik yang luas di Kawasan Industri Bukit Semarang Baru (BSB), perseroan mampu meningkatkan sistem dan kapasitas produksi dimana perusahaan dapat memproduksi hingga 1.000 unit motor listrik per-harinya. Kemampuan produksi ini diakui perseroan menjadikan VIAR Motors menjadi salah satu pabrik otomotif terbesar di tanah air.

"Pabrik baru seluas 20 hektare ini memiliki kapasitas produksi hingga 1.000 unit per hari sehingga menjadikan kami sebagai salah satu pabrik otomotif terbesar di Indonesia. Tak hanya itu, perusahaan juga terus meningkatkan hilirisasi industri komponen dalam negeri untuk menjadi bagian dari rantai pasok VIAR,” ungkap General Manager VIAR Motor Dimas Tommy Radityo.

Berkat kemampuan kapasitas dan kualitas produksi ini juga yang membuat perseroan mampu memasok 6.000 unit motor listrik dengan merek VIAR kuartal pertama untuk perusahaan transportasi online Grab di 2017 lalu.

“Motor listrik Q1 ini lebih dari 6.000 unit telah digunakan oleh Grab sebagai armada operasional para drivernya di delapan kota besar. Di sini menunjukkan ketahanan dari unit Viar Q1 yang dibuktikan dengan durasi operasional pada driver yang mencapai lebih dari 100km per hari,” kata Dimas.

Baca juga : Grab Bersama PT PLN Persero Tambah SPBKLU di 6 Provinsi di Pulau Jawa dan Bali

Dimas berharap, VIAR Motor sebagai produk anak bangsa bisa diterima masyarakat luas di Indonesia. Apalagi secara kualitas, produk dalam negeri bisa bersaing dengan produk asing.

Dukungan nyata dari pemerintah diperlukan oleh produk dalam negeri untuk ikut membantu menanamkan kebanggaan masyarakat dalam menggunakan produk dalam negeri.

Dukungan ini dapat berupa edukasi dan sosialisasi yang hingga saat ini perlu dijalankan bersama-sama dengan industri. Begitu juga dengan dukungan infrastruktur agar penempatan Battery Swap Station di public space digratiskan, sehingga memberikan stimulan bagi Industri kendaraan dan industri baterai di Indonesia.

“Ke depan, kami yakin dengan banyaknya battery swap station dan SPKLU akan meyakinkan masyarakat untuk konversi menggunakan kendaraan listrik," lanjut Dimas.

Hingga saat ini VIAR motors diketahui sudah memproduksi kendaraan roda dua berbahan bakar bensin maupun yang berbasis battery (EV), dan sepeda motor roda tiga angkutan barang dengan peruntukan pelaku usaha UMKM dan pertanian.

 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE