LogoDIGINATION LOGO

GoTo Luncurkan Situs "Mitra Usaha GoTo" Guna Permudah UMKM Kembangkan Usaha

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 23 Agustus 2022 | 17:25 WIB
Share
Share

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (“Grup GoTo”, atau “Perusahaan”, BEI: GOTO), meluncurkan situs web Mitra Usaha GoTo, www.mitrausahagoto.com. Situs web ini merupakan pusat informasi yang terintegrasi bagi UMKM lokal dari berbagai bidang, termasuk belasan juta mitra usaha di dalam ekosistem GoTo, meliputi pelaku usaha di Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Situs web Mitra Usaha GoTo menyediakan seluruh informasi mengenai berbagai program, solusi dan inisiatif dari ekosistem GoTo untuk mendukung pertumbuhan UMKM. Situs ini merupakan wujud sinergi ekosistem GoTo dalam memberi manfaat bagi semua pihak di dalam ekosistem, termasuk lebih dari 15,1 juta mitra usaha GoTo dan pelaku usaha lainnya yang tertarik menjadi mitra usaha.

Nila Marita, Chief of Corporate Affairs GoTo, menjelaskan, “Kini pelaku UMKM dapat semakin mudah mengetahui seluruh informasi mengenai program, solusi dan inisiatif dari GoTo, cukup dengan mengunjungi www.mitrausahagoto.com. Kami berharap kemudahan mendapat informasi ini dapat membantu pelaku UMKM untuk semakin produktif dalam mengembangkan usahanya."

Baca juga : Begini Tips Ampuh Dapat Review Bintang 5 dari Pembeli

Situs web Mitra Usaha GoTo menjadi penegasan misi GoTo untuk terus membuka peluang bagi pelaku UMKM dan pelaku usaha lainnya dalam setiap fase pertumbuhan. Selain itu, peluncuran situs web Mitra Usaha GoTo juga menandai dukungan terhadap Presidensi Indonesia G20 2022, dimana transformasi digital menjadi kunci pemulihan ekonomi nasional.

Beberapa layanan pada situs web Mitra Usaha GoTo diantaranya:

  1. Layanan untuk membantu efisiensi operasional dan administrasi seperti GoBiz, Selly, Moka, dan GoKasir.
  2. Layanan pembayaran digital melalui Midtrans, GoPay, dan GoBiz PLUS.
  3. Layanan marketplace dan discovery produk melalui Tokopedia, GoFood, dan GoStore.
  4. Layanan logistik melalui GoSend dan pemenuhan pesanan (fulfillment) melalui Dilayani Tokopedia.
  5. Layanan permodalan untuk pengembangan usaha melalui GoModal by Findaya dan Modal Toko by Dhanapala.

Di dalam situs web Mitra Usaha GoTo, UMKM juga dapat menemukan berbagai seri edukasi bisnis dan peningkatan kapasitas pelaku usaha yang berkelanjutan, baik melalui kelas hingga komunitas mitra usaha seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Keluarga Tokopedia (K-Top) dan Komunitas Partner Retail GoTo Financial (KONTAG).

Dalam acara peresmian Situs web Mitra Usaha GoTo ini, Talkah Badrus, Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan, Kementerian Koperasi dan UKM juga menyampaikan apresiasi terhadap langkah yang dibangun GoTo.

“Selaras dengan semangat Presidensi Indonesia pada G20 2022, transformasi digital menjadi kunci penting mewujudkan pemulihan ekonomi yang inklusif pascapandemi. Masih dalam semangat Hari UMKM Nasional 2022, kami mengapresiasi akselerasi pemanfaatan teknologi digital yang dilakukan GoTo bagi UMKM melalui berbagai kolaborasi strategis antara GoTo dan Kementerian Koperasi dan UKM, termasuk website Mitra Usaha GoTo ini. Dengan peranan penting yang dipegang UMKM dalam menggerakan ekonomi sektor riil, UMKM lokal harus bisa memanfaatkan peluang dari layanan GoTo ini sehingga dapat mengembangkan kapasitas dan keterampilan yang akhirnya dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat,“ ungkapnya.

Baca juga : Ingin Tingkatkan Omzet Jualan? Simak Tips Ini

 

Untuk memaksimalkan dampak sosial yang diciptakan, GoTo telah berkolaborasi dengan Pemerintah dan Regulator untuk berbagai program. Contohnya, mulai dari kelas pengembangan usaha untuk UMKM seperti GoTo UMKM Center dan Kelas Maju Digital, hingga inisiatif Garda Transformasi Formal Usaha Mikro (Transfumi) hasil kolaborasi dengan Kemenkop UKM RI untuk memfasilitasi pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB).

"UMKM dengan NIB terdaftar nanti bisa mendapat kemudahan pengembangan usaha diantaranya sertifikasi halal, akses peminjaman modal, program bantuan pemerintah, dan masih banyak lagi,” ungkap Lebih lanjut, Puput Hidayat, VP of Seller Experience Tokopedia 

Sinergi melalui website Mitra Usaha GoTo menjadi penting untuk mendorong adopsi teknologi digital baik melalui platform online maupun fintech bagi UMKM lebih luas lagi. 

Sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia, GoTo berkomitmen menghadirkan layanan solusi bisnis paling komprehensif bagi semua pelaku usaha agar dapat tumbuh bersama-sama dengan bantuan teknologi digital.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE