LogoDIGINATION LOGO

BNI Bawa UMKM Ke Pasar Korsel

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 24 Juni 2022 | 17:23 WIB
Share
Share

 

Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul dan Kementerian Perdagangan, membawa produk UMKM binaan BNI ke Pameran Barang Impor atau Imported Goods Fair (IGF) 2022 di Coex Seoul, yang diselenggarakan 23-25 Juni 2022.

Pada IGF tahun ini, Indonesia membawa mitra UMKM binaan BNI dalam program Xpora untuk mempromosikan produk-produk unggulan seperti mebel dan dekorasi kayu, perhiasan perak dan mutiara, hingga kopi dan produk makanan.

Pameran yang diselenggarakan oleh Korea Importers Association (KOIMA) ini, bertujuan mendukung produsen dan penyuplai luar negeri untuk mempromosikan produknya kepada importir dan konsumen di Korea Selatan. 

Baca juga : Maksimalkan Kekuatan Produk Indonesia di Pasar Ekspor

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara BNI dengan KOIMA yang dilakukan oleh Direktur Bisnis Konsumer BNI, Corina Leyla Karnalies, dengan Executive Vice Chairman KOIMA, Kim Young-Sun. 

Penandatanganan MOU ini mencakup kerja sama dalam program business matching dan pertukaran informasi yang berhubungan dengan eksportir Indonesia dan importir Korea Selatan. 

Kerja sama KBRI, BNI, dan Kementerian Perdagangan dalam event IGF 2022 ini akan memberikan dampak langsung kepada nasabah Xpora. Terlebih, BNI mulai menerima banyak permintaan dari anggota KOIMA untuk melakukan business matching selama pameran.

"Hal ini merupakan upaya untuk menciptakan banyak peluang investasi di luar negeri, menambah potensi lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia, serta mendorong UMKM dalam negeri untuk masuk pasar internasional, sekaligus menarik banyak potensi penanaman modal dari luar negeri," kata Corina.

Baca juga : Belajar dari Sagara Bootmaker, Saatnya Brand Lokal Menembus Pasar Global !

Adapun sepanjang Januari–Mei 2022, BNI mencatat pertumbuhan volume transaksi ekspor yang sangat baik, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 30,62 persen. 

"Kerja sama BNI dengan KOIMA diharapkan dapat menjadi pintu gerbang untuk perusahaan Indonesia masuk ke pasar Korea Selatan, yaitu dengan secara langsung mempertemukan dengan importirnya, sekaligus menguatkan peran kami sebagai bank global asal Indonesia," kata Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE