LogoDIGINATION LOGO

Twitter Resmi dibeli Elon Musk

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 26 April 2022 | 14:22 WIB
Share
Share

 

Twitter sepakat menjual perusahaan mereka ke bos Tesla dan SpaceX Elon Musk, seharga $44 miliar atau sekitar Rp 634 triliun, Selasa (26/4).

Tidak semerta-merta dilepas begitu saja, butuh perjalanan panjang Elon Musk menguasai lahan cuitan ini.

Perjalanan panjang dilalui Elon Musk untuk bisa membeli platform media sosial Twitter (TWTR) dimulai dari mengkritik, membeli saham sedikit demi sedikit, menolak masuk dewan direksi sampai akhirnya membelinya seharga Rp 634 triliun.

Sebelumnya, Elon Musk hanya membeli 9,2 persen saham Twitter dan menjadikannya sebagai pemegang saham individu terbesar. Sebagai bagian dari pembelian saham itu, ia diminta untuk masuk jajaran dewan direksi. Namun ia menolak tawaran tersebut di hari yang sama ketika ia ditawarkan. Meski begitu, ia tetap melontarkan kicauan-kicauan soal potensi perombakan di Twitter. Sampai pada akhirnya ia memutuskan untuk mengajukan penawaran pembelian semua saham Twitter.

Apa yang membuat Twitter melepas perusahaannya ke bos Tesla dan SpaceX ini ? 

Baca juga : Elon Musk Ciptakan Robot Humanoid untuk Bantu Pekerjaan Manusia, Aman kah?

Dikutip dari CNN, dewan Twitter melakukan proses yang bijaksana dan komprehensif untuk menilai proposal Elon dengan fokus pada nilai, kepastian, dan pembiayaan. Ketua dewan independen Twitter Bret Taylor menyebut kesepakatan itu "jalan terbaik bagi pemegang saham Twitter ke depannya."

Setelah Twitter dibeli Elon Musk, Twitter akan menjadi perusahaan privat, bukan lagi perusahaan publik yang melantai di bursa saham AS. Para pemegang saham akan menerima 54,20 dollar AS (sekitar Rp 778.282) secara tunai untuk per saham Twitter yang mereka miliki. Angka tersebut sesuai dengan penawaran yang diajukan Musk dan merupakan 38% dari premi harga penutupan saham Twitter pada 1 April, hari perdagangan terakhir sebelum Musk mengungkap kepemilikan sahamnya di Twitter awal bulan lalu.

 

Menurut laporan CNBC, secara total, tawaran Musk untuk 100 saham Twitter bernilai sekitar 43 miliar dollar AS (Rp 618 triliun), hampir menyamai harga kesepakatan yang resmi diumumkan. Pengajuan inilah yang kemungkinan menjadi titik balik bagi Dewan Twitter untuk merestui niat Musk membeli perusahaan. Para petinggi Twitter pun dikabarkan bertemu dengan Musk pada Minggu (24/4/2022) untuk membicarakan akuisisi.

Baca juga : Raih Pendanaan Senilai 22 Juta USD, NOICE Siap Harumkan Industri Konten Audio Indonesia

Sebelumnya, beberapa pemegang saham mayoritas Twitter, termasuk Pangeran Arab Saudi, Al Waleed bin Talal Al Saud, disebut menentang rencana Musk untuk membeli Twitter. Namun, pada akhirnya Elon Musk resmi membeli Twitter. 

CEO Tesla dan SpaceX itu, mengungkapkan kepercayaannya pada potensi Twitter untuk menjadi platform bebas berbicara. Pengumuman Elon Musk membeli Twitter ini membuat saham Twitter naik 6 persen ke angka sekitar 51,84 dollar AS (sekitar Rp 747.900).

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE