LogoDIGINATION LOGO

Luncurkan ‘Tokopedia Bersama’ Usung Lima Pilar Utama, Edukasi dan Teknologi Jadi Salah Satunya

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 19 November 2021 | 17:47 WIB
Share
Share

Hari ini, Tokopedia Beraksi untuk Sesama atau ‘Tokopedia Bersama’ diluncurkan. Inisiatif ini mengajak masyarakat untuk lebih peduli akan isu sosial serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang membutuhkan guna mendorong pemulihan ekonomi.

Tokopedia Bersama fokus terhadap lima pilar yaitu (1) pendidikan dan teknologi, (2) pemberdayaan kelompok difabel dan (3) perempuan, (4) penyintas bencana, serta (5) aksi lingkungan.

“Program turunan Tokopedia Bersama mencakup kegiatan kerelawanan, program akselerasi UMKM, fitur donasi, pelatihan untuk berbagai kelompok masyarakat yang membutuhkan hingga kegiatan tanggap bencana,” kata Public Affairs Senior Lead Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan.

Baca juga : Rayakan Hari Kebangkitan Teknologi, Tokopedia Buktikan Keberhasilan Mereka Tingkatkan Produksi Produk Elektronik Lokal

Terhitung sejak Januari 2018 hingga Oktober 2021, donasi pengguna yang terkumpul lewat mitra organisasi berlisensi dari berbagai kampanye donasi dan fitur Top Donasi di Tokopedia mencapai lebih dari Rp54 miliar.

Dukung UMKM Lokal Berdayakan Masyarakat Sekitar Havilla Gourmet Tea, Bagoes Bag, dan Dengar Indonesia adalah contoh UMKM penerima manfaat salah satu program turunan Tokopedia Bersama ‘Top Donasi x BenihBaik.com’.

Lewat ini, Tokopedia membagikan bantuan berupa dana dan peralatan yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha.

UMKM tersebut pun berkomitmen dalam aksi sosial sekaligus memberdayakan berbagai kelompok masyarakat.

“Hampir seluruh produk Havilla Gourmet Tea berasal dari perkebunan lokal. Tim kami terdiri dari 10 orang perempuan dan kami juga memberdayakan Komunitas Anak Spesial Indonesia (KPAS) melalui pelatihan tata boga,” papar Co-Founder Havilla Gourmet Tea, Ajeng Respati.

Baca juga : Mitra Tokopedia Perluas Jangkauan, Masyarakat Juga Bisa Bayar Pajak lewat Warung

Dengar Indonesia merupakan kolaborasi lanjutan dari program Top Donasi Tokopedia pada 2019.

"Lewat inisiatif ini kami memperkenalkan dan memasarkan karya pengrajin difabel sekaligus memberikan pelatihan memproduksi kerajinan tangan kepada mereka agar punya kesempatan yang sama untuk berkarya dan bekerja secara mandiri,” kata Project Manager Dengar Indonesia, Mahrunnisa.

Gotong Royong Bersama Masyarakat di Tengah Pandemi Tokopedia Bersama terus memberikan manfaat untuk masyarakat di tengah pandemi dan fokus membantu pemulihan ekonomi Indonesia lewat berbagai inistiatif dan program lainnya.

“Tokopedia Empowerment, misalnya, memayungi seluruh kegiatan pemberdayaan ekonomi yang berkelanjutan guna membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat lewat pelatihan pendayagunaan teknologi, peningkatan produktivitas usaha serta pemberian modal usaha dan fasilitas bagi para pelaku UMKM,” jelas Aditia.

“Deretan inisiatif di bawah naungan Tokopedia Bersama diharapkan dapat memberikan solusi menyeluruh yang dapat membantu seluruh masyarakat Indonesia, termasuk UMKM lokal, agar kita bisa #BangkitBersama dan terus berkontribusi dalam memulihkan ekonomi,” tutup Aditia.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE