LogoDIGINATION LOGO

Sempat Melonjak hingga Rp 40 juta, coin Squid Game Anjlok Tak Tersisa

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 3 November 2021 | 19:01 WIB
Share
Share

Film Squid Game telah menjadi perbincangan banyak orang namun tidak hanya filmnya, ternyata koin cryptocurrency Squid Game ($SQUID) juga menjadi perbincangan.

Film Squid Game yang ramai menjadi pembicangan, telah dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Koin krypto $SQUID yang diluncurkan pada 26 Oktober 2021 dengan nilai 0,012 USD atau Rp 170 Per koin dan melejit hingga 2.861 USD atau sekitar Rp 40 juta per koin, tiba-tiba anjlok menjadi 0,005 USD dalam hitungan menit setelah berada di nilai tertinggi.

Media teknologi Gizmodo menyebut anjloknya harga kripto ini disebabkan adanya pencurian yang disebut "rug pull". Rug pull adalah sebuah tindakan penipuan yang dilakukan di dunia kripto, di mana pembuat kripto membuat proyek palsu dan kemudian membawa kabur dana yang ia peroleh dari investor.

Diperkirakan para pembuat kripto Squid Game mengantongi sekitar 2,1 juta dollar AS (sekitar Rp 29,9 miliar) dari pencurian ini.

Baca juga : Facebook Inc Ganti nama Menjadi Meta, Sebuah Visi Membangun Lingkungan Virtual

Saat pertama kali hadir, kripto Squid Game ini mengundang perhatian publik. Tak sedikit dari investor yang berbondong-bondong menginvestasikan dana mereka untuk membeli mata uang kripto dengan logo cumi-cumi ini.

Pendiri $SQUID berhasil menghipnotis para investor, mereka memberi imingi-iming ‘Play-to-earn’, dimana para investor menjanjikan dapat memperbesar jumlah koin yang dimiliki layaknya permainan yang ada di film Squid Game.

Saat pertama kali diluncurkan, mata uang kripto Squid Game memang sudah terlihat mencurigakan. Menurut laporan The Washington Post, banyak pengamat cryptocurrency telah mewanti-wanti risiko berinvestasi di $SQUAD, karena akun media sosial pengembang koin ini tidak mengizinkan pengikut mereka untuk berkomentar baik di Twitter dan Telegram.

Dokumen Whitepaper uang kripto pada 'SquidGame.cash' tersebut juga ditulis secara amatir. Banyak ejaan yang salah dan gramatika yang buruk. Parahnya lagi mereka menulis, mereka menggunakan protokol 'anti-dump' untuk memastikan pertumbuhan yang sehat.

Baca juga : Nowcasting, Teknologi AI yang Mampu Memprediksi Cuaca

Tak lama setelah nilai habis, situs web uang kripto Squidgame.cash dan seluruh akun media sosial mereka menghilang tanpa jejak.

Sebelum mereka menghilang tanpa jejak, para pengembang $SQUID menulis mereka kewalahan dan tertekan oleh penipuan. “Sekali lagi maaf atas ketidaknyamanan yang Anda alami, Jika ada yang aneh mulai keluar darinya, abaikan saja. Terima kasih!”

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE