LogoDIGINATION LOGO

Mengejar Omset Jualan Online di Awal Tahun? Perhatikan Dulu Hal-hal Ini

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 14 Desember 2020 | 16:44 WIB
Share
Share

Jika tahun kemarin menjadi tahun yang berat untuk kamu, mari bangkit dan kejar omzet mu di awal tahun.

Tahun baru 2021 tinggal menghitung hari, apapun yang terjadi di tahun ini anggap saja sebagai hikmah dan pembelajaran agar kita selalu berada di depan.

Mungkin awal pandemi COVID-19 kamu masih enggan berjualan handsanitizer melihat produk tersebut tidak cocok dengan produk yang kamu jual. Namun, ketika masker dan hand sanitizer menjadi produk yang banyak diburu orang, kamu terlewat satu langkah dari mereka yang lebih dulu berani menjual produk yang bertentangan dengan produk mereka.

Agar kamu tidak kalah start lagi, kamu perlu perhatikan strategi pemasaran mu. Tapi sebelum jauh merancang strategi pemasaran bisnis kamu, tengok dulu yuk apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu merancang strategi bisnismu.

Perdalam ide bisnis dan riset pasar
Pandemi menyebabkan perubahan aktivitas dan kebutuhan masyarakat. Menjelang tahun yang akan datang tentu kebutuhan utama masyarakat saat pandemi tidak serta merta hilang begitu saja. Jangan hilangkan dulu produk kesehatan di etalase bisnis online mu. Cobalah untuk menambah produk yang banyak masyarakat butuhkan saat ini dan dinilai berkelanjutan.

Memulai tahun dengan produk baru akan semakin menjawab kebutuhan pasar. Misalnya, tahun 2021 kemungkinan besar sekolah akan dibuka, cobalah tambahkan produk alat tulis, seragam sekolah atau peralatan makan/minum pada tokomu.

Memaksimalkan penjualan online
Ingat tidak semua orang dapat menjadi target dari produk atau jasa mu. Jika begitu 2021 adalah tahun yang tepat untuk menambah penjualan mu di banyak marketplace. Jika Marketplace Facebook dan Instagram belum menambah omzet bisnis mu selama pandemi. Online platform seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dapat diandalkan untuk menarik customer baru. Kamu dapat menggunakan fitur-fitur yang tersedia dan mengikuti kampanye dan promo yang sedang berlangsung hanya dengan login pada e-Commerce tersebut.

Buat logo baru
Logo merupakan cara kamu untuk membedakan bisnis yang kamu miliki dengan bisnis-bisnis lainnya. Secara tidak langsung branding mampu memberikan banyak manfaat, termasuk dalam mempengaruhi psikologi calon konsumen melalui tulisan, label, keterangan lain yang menjelaskan isi, kegunaan dan informasi lain yang perlu disampaikan kepada konsumen.

Tapi bagaimana jika ternyata logomu familiar dengan produk lain dan membuat mereka malas membeli produkmu? Jika produk kamu sama dengan produk yang sedang hits di pasaran, maka cobalah branding ulang produk kamu, agar mereka lebih percaya produkmu sama unggulnya dengan produk yang sedang hits di pasaran.

Tingkatkan isi konten
Selain logo, konten tidak kalah bermanfaatnya untuk bisnis. Jika tahun lalu konten kamu sudah banyak yang memuji. Tahun 2021 saat-nya kamu menambah isi konten untuk menambah engagement-mu. Perbanyaklah konten-konten edukasi atau games berhadiah agar pembelimu semakin percaya dan mengajak rekan mereka mengunjungi toko online kamu.

Upgrade packaging produk
Ramainya kampanye go green, menjadi peluang baru untuk menaikan image toko mu. Berpartisipasilah dengan mengganti packaging mu ke packaging yang ramah lingkungan. Kamu bisa menggunakan berbagai produk kemasan ramah lingkungan seperti paper bag, paper box (kardus), telo bag (pengganti plastik sekali pakai yang berbahan dasar singkong), dan lainnya.

Itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengejar omset di tahun 2021. Tahun baru waktunya membuka lembaran baru, isi toko onlinemu dengan pesanan numpuk di tahun 2021 yuk!

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE