
Gojek Rambah Bisnis Out-Of-Home Advertising

Gojek memperkenalkan layanan terbarunya, GoScreen, yang memfokuskan pada layanan media iklan Out-Of-Home (OOH). Layanan GoScreen ini akan dikelola oleh unit bisnis GoJek yaitu Promogo.
GoScreen mengusung teknologi object recognition dan network data yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk dapat menghitung impresi.
Chief Commercial Officer Gojek Antoine de Carbonnel menjelaskan bahwa GoScreen pada dasarnya menggabungkan kemampuan Gojek, mulai dari teknologi hingga operasional, untuk memungkinkan pengiklan menjangkau target audience dengan cara lebih kreatif di luar rumah.
"Periklanan telah banyak berubah beberapa tahun belakangan, seiring dengan konsumen yang telah menggunakan berbagai teknologi. Hal ini menjadi kesempatan sekaligus tantangan bagi brand untuk terhubung dengan target audience," katanya.
Menurut Antoine, berkembangnya teknologi menjadi kesempatan bagi brand untuk lebih kreatif, namun juga tantangan bagi brand karena saat ini pengiklan harus dapat mengukur efektivitas dari pengeluaran pemasaran mereka.
"Salah satu yang menjadi pembeda dari GoScreen adalah GoScreen memiliki skala yang besar karena ditunjang oleh ribuan mitra pengemudi, dapat mengukur kinerja iklan berdasarkan lokasi, dan mengukur impresi iklan secara real-time. Inovasi ini kami harap brand dan pengiklan dapat menyampaikan pesan mereka secara efisien," kata Antoine.
Tidak hanya itu, inovasi dari Gojek ini, Antoine menambahkan juga memberi dampak sosial. GoScreen memungkinkan mitra pengemudi yang berpartisipasi untuk mendapatkan pemasukan tambahan, 15% hingga 20%.
Antoine mengungkapkan Gojek melakukan pembagian pendapatan dari iklan bersama para mitra pengemudi, sekaligus memberi kesempatan bagi para Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk lebih dapat mengakses media luar ruang.
Sementara itu Direktur Promogo Kiranjeet Purba menyatakan bahwa secara teknis GoScreen memiliki teknologi object recognition dan network data yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk dapat menghitung impresi dan membedakannya dengan orang yang hanya lalu lalang.
GoScreen telah melakukan uji coba dengan menggandeng Publicis Media, yang menurut Kiranjeet menghasilkan angka yang cukup menggembirakan, terlebih pada saat pandemi di mana orang sebagian besar berada di rumah.
"Di lihat dari sisi Publicis dengan Disney Plus pilot project, kita belajar bahwa walaupun di era pandemi kita melihat lebih dari 850.000 orang dengan 4 juta impression, dan itu adalah sebuah angka yang luar biasa di kala pandemi," ujar Kiran.
Sementara, dari sisi jumlah mitra pengemudi, target dari Gojek Promogo ini hingga akhir 2021 mencapai 20.000 ribu GoScreen, yang berarti 20.000 mitra pengemudi akan diutilisasi dengan GoScreen.
Saat ini layanan GoScreen masih tersedia di Jakarta, dan ditargetkan akan merambah kota kedua dan ketiga pada 2021. Pengenalan layanan GoScreen pada kuartal empat ini juga diharap dapat menjadi solusi bagi agensi yang membuat rencana pengiklanan tahun 2021, sehingga GoScreen dapat dikomersialisasikan mulai Januari 2021.


Gojek Xcelerate Latih 11 Startup dengan Model Bisnis Direct-to-Consumer untuk Siasati Pandemi Covid-19
Salah satu strategi Gojek saat pandemi Covid-19: direct-to-consumer; diperkenalkan kepada para peserta Gojek Xcelerate angkatan keempat.
Kamis, 18 Juni 2020 | 08:55 WIB
GoToko dari GoJek untuk Pengusaha Warung Kelontong
GoJek mempermudah pengusaha warung kelontong lewat GoToko
Jumat, 11 September 2020 | 16:55 WIB
Mengapa Belajar Data Analytics Itu Krusial di 2025
Kebutuhan talent data meningkati, apa yang perlu dipelajari generasi muda?
Rabu, 27 Agustus 2025 | 11:45 WIB
Pakai Satu Password untuk Banyak Akun Ternyata Bukan Ide Bagus, Ini Alasannya!
Password ternyata menjadi titik lemah terbesar karena mudah dicuri lewat halaman login palsu. Google mengeluarkan peringatan serius untuk ganti password secara rutin.
Selasa, 26 Agustus 2025 | 18:23 WIB
'Pojok Belajar' Tak Hanya Diperluas, GoFood Juga Permudah Pendaftaran Mitra UMKM Kuliner
Pojok Belajar merupakan inisiatif edukasi intensif yang digagas oleh GoFood lewat Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). Program ini diperluas ke 24 kota di Indonesia.
Selasa, 12 Agustus 2025 | 10:49 WIB
Instagram Map Bikin Pengguna Panik soal Location Sharing tanpa Izin
Meta mengumumkan fitur baru, yaitu Instagram Map, yang membuat pengguna bisa mengaktifkan location sharing secara real-time kepada follower. Benarkah fitur ini tidak aman?
Senin, 11 Agustus 2025 | 17:21 WIB
Makin Canggih! Tools AI Kini Sudah Bisa Duduk di "Kursi Sutradara"
AI menjadi standar baru dalam berkarya di industri kreatif. AI bahkan makin bisa diandalkan di kursi sutradara, baik di dunia film, visual, hingga fashion.
Kamis, 31 Juli 2025 | 10:00 WIB
Riset Terbaru Populix Patahkan Mitos Anak Muda Tak Suka Menabung
Cara Mengelola Keuangan: Milenial Lebih Terstruktur, Gen Z Lebih Fleksibel
Sabtu, 26 Juli 2025 | 10:00 WIB
Dikira Andy Byron yang CEO Astronomer, Founder Perusahaan Design Ini Menang Banyak di LinkedIn
Insiden kiss cam antara Andy Byron dan Kristin Cabot menyebabkan konsekuensi bagi semua pihak yang terlibat. Namun ada satu orang yang mendapatkan keuntungan dari peristiwa itu.
Selasa, 22 Juli 2025 | 17:31 WIB
Strava Perbarui UX, Memudahkan Kamu Memilih Jenis Olahraga dan Navigasi
Yuk ketahui fitur utama dari pembaruan ini!
Jumat, 18 Juli 2025 | 18:19 WIB
200 Personel Xbox di Divisi Gaming Terdampak PHK Massal di Microsoft Kali Ini
Microsoft resmi mengumumkan pada karyawan divisi gaming bahwa akan dilakukan pengurangan karyawan sebesar 10%, atau sekitar 200 orang.
Senin, 7 Juli 2025 | 10:00 WIB
Ketika Para Founder Startup Gen Z Umumkan Pendanaan melalui TikTok
Inilah tren baru di kalangan founder startup yang datang dari Gen Z. Untuk membuat pengumuman pendanaan, mereka tidak lagi membuat siaran pers resmi.
Minggu, 29 Juni 2025 | 13:26 WIB
Google Rilis Fitur Search Live, Pengalaman Searching Lebih Interaktif
Apa Itu Google Search Live?
Jumat, 27 Juni 2025 | 11:00 WIB
Persiapkan Karirmu dengan Keterampilan Digital yang Dibutuhkan di Era Industri 4.0
Mengapa Pelatihan Data Penting?
Kamis, 26 Juni 2025 | 22:47 WIB
Meta Uji Coba Fitur DM di Threads: Bisa Chat Langsung tanpa lewat Instagram
Sejak Threads diluncurkan pada Juli 2023, banyak pengguna merasa ada satu fitur penting yang kurang, yaitu direct message. Kini, Meta luncurkan fitur DM di Threads.
Kamis, 12 Juni 2025 | 15:23 WIB
Google sedang Menyiapkan AI untuk Membalas Email dengan Gaya Kita Sendiri
Google DeepMind, pusat penelitian AI dari Google, saat ini sedang menggarap “next-generation email”. Apa saja kemampuan email generasi baru ini?
Rabu, 4 Juni 2025 | 10:00 WIB
Malware Baru, Bisa Bikin Rekening Ludes
Dengan teknik rekayasa sosial yang canggih, pengguna dibujuk untuk mengunduh dan memasang aplikasi palsu
Selasa, 3 Juni 2025 | 11:42 WIB