
Gojek Rambah Bisnis Out-Of-Home Advertising

Gojek memperkenalkan layanan terbarunya, GoScreen, yang memfokuskan pada layanan media iklan Out-Of-Home (OOH). Layanan GoScreen ini akan dikelola oleh unit bisnis GoJek yaitu Promogo.
GoScreen mengusung teknologi object recognition dan network data yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk dapat menghitung impresi.
Chief Commercial Officer Gojek Antoine de Carbonnel menjelaskan bahwa GoScreen pada dasarnya menggabungkan kemampuan Gojek, mulai dari teknologi hingga operasional, untuk memungkinkan pengiklan menjangkau target audience dengan cara lebih kreatif di luar rumah.
"Periklanan telah banyak berubah beberapa tahun belakangan, seiring dengan konsumen yang telah menggunakan berbagai teknologi. Hal ini menjadi kesempatan sekaligus tantangan bagi brand untuk terhubung dengan target audience," katanya.
Menurut Antoine, berkembangnya teknologi menjadi kesempatan bagi brand untuk lebih kreatif, namun juga tantangan bagi brand karena saat ini pengiklan harus dapat mengukur efektivitas dari pengeluaran pemasaran mereka.
"Salah satu yang menjadi pembeda dari GoScreen adalah GoScreen memiliki skala yang besar karena ditunjang oleh ribuan mitra pengemudi, dapat mengukur kinerja iklan berdasarkan lokasi, dan mengukur impresi iklan secara real-time. Inovasi ini kami harap brand dan pengiklan dapat menyampaikan pesan mereka secara efisien," kata Antoine.
Tidak hanya itu, inovasi dari Gojek ini, Antoine menambahkan juga memberi dampak sosial. GoScreen memungkinkan mitra pengemudi yang berpartisipasi untuk mendapatkan pemasukan tambahan, 15% hingga 20%.
Antoine mengungkapkan Gojek melakukan pembagian pendapatan dari iklan bersama para mitra pengemudi, sekaligus memberi kesempatan bagi para Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk lebih dapat mengakses media luar ruang.
Sementara itu Direktur Promogo Kiranjeet Purba menyatakan bahwa secara teknis GoScreen memiliki teknologi object recognition dan network data yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk dapat menghitung impresi dan membedakannya dengan orang yang hanya lalu lalang.
GoScreen telah melakukan uji coba dengan menggandeng Publicis Media, yang menurut Kiranjeet menghasilkan angka yang cukup menggembirakan, terlebih pada saat pandemi di mana orang sebagian besar berada di rumah.
"Di lihat dari sisi Publicis dengan Disney Plus pilot project, kita belajar bahwa walaupun di era pandemi kita melihat lebih dari 850.000 orang dengan 4 juta impression, dan itu adalah sebuah angka yang luar biasa di kala pandemi," ujar Kiran.
Sementara, dari sisi jumlah mitra pengemudi, target dari Gojek Promogo ini hingga akhir 2021 mencapai 20.000 ribu GoScreen, yang berarti 20.000 mitra pengemudi akan diutilisasi dengan GoScreen.
Saat ini layanan GoScreen masih tersedia di Jakarta, dan ditargetkan akan merambah kota kedua dan ketiga pada 2021. Pengenalan layanan GoScreen pada kuartal empat ini juga diharap dapat menjadi solusi bagi agensi yang membuat rencana pengiklanan tahun 2021, sehingga GoScreen dapat dikomersialisasikan mulai Januari 2021.


Gojek Xcelerate Latih 11 Startup dengan Model Bisnis Direct-to-Consumer untuk Siasati Pandemi Covid-19
Salah satu strategi Gojek saat pandemi Covid-19: direct-to-consumer; diperkenalkan kepada para peserta Gojek Xcelerate angkatan keempat.
Kamis, 18 Juni 2020 | 08:55 WIB
GoToko dari GoJek untuk Pengusaha Warung Kelontong
GoJek mempermudah pengusaha warung kelontong lewat GoToko
Jumat, 11 September 2020 | 16:55 WIB
Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 Sudah Bisa di Pesan di Samsung Indonesia
Untuk spesifikasi dan harga berikut ulasannya!
Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:13 WIB
DANA Dukung Pencegahan dan Pemberantasan Pencucian Uang
DANA, perusahaan teknologi keuangan yang terus berkomitmen untuk memajukan digital ekonomi di Indonesia
Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:49 WIB
Tesla Teken Kontrak Pembelian Nikel di Indonesia
Tesla Inc, telah menandatangani kontrak pembelian nikel dari dua perusahaan di Indonesia.
Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:13 WIB
Meta dan Hacktiv8 Umumkan Pemenang Program Bootcamp Metavolution with SparkAR
Empat pemenang ini merupakan kreator-kreator Spark AR muda yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.
Senin, 8 Agustus 2022 | 18:42 WIB
Tokopedia Luncurkan Reksa Dana Pendapatan Tetap
Sebagai upaya memberi kemudahan masyarakat berinvestasi, Tokopedia meluncurkan produk Reksa Dana Pendapatan Tetap
Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:35 WIB
Kominfo buka Blokir Steam, Counter Strike, dan Dota, Yahoo dan PayPal
Namun hingga kini masih ada dua PSE aplikasi game yang belum juga merespon komunikasi dari Kominfo.
Selasa, 2 Agustus 2022 | 16:30 WIB
Blokir PayPal di Buka, Kominfo Himbau Masyarakat Pindahkan Uang dari PayPal
Banyak orang yang penghasilannya ada di PayPal pun menanyakan bagaimana nasib mereka selanjutnya?
Senin, 1 Agustus 2022 | 15:28 WIB
Alice Fiction Game Berlatar Metaverse Sudah dapat di Download di Store
Pemain akan diajak masuk ke dunia Metaverse bernama Alice.
Kamis, 28 Juli 2022 | 18:25 WIB
Kecerdasan Artifisial Dorong Bisnis Tingkatkan Produktivitas di Masa Endemi
AI kian meningkat oleh beragamnya perusahaan yang menawarkan produk atau jasa ke end-customer
Kamis, 28 Juli 2022 | 17:39 WIB
Grab Bersama PT PLN Persero Tambah SPBKLU di 6 Provinsi di Pulau Jawa dan Bali
Mendorong percepatan pembentukan ekosistem dan infrastruktur serta implementasi bisnis e-mobility
Senin, 25 Juli 2022 | 18:12 WIB
Youtube Hadirkan Fitur Belanja Online, Sudah Ada di Indonesia?
YouTube ingin semakin mempermudah para kreator mendapatkan pembeli langsung dalam konten mereka.
Jumat, 22 Juli 2022 | 17:13 WIB
DANA jadi Fintech Pertama yang Menerapkan SNAP
Proses integrasi yang lebih mudah serta pengalaman transaksi digital yang makin menyeluruh.
Jumat, 22 Juli 2022 | 14:30 WIB
Siap-siap Hilang Sinyal, Telkomsel Matikan Sinyal 3G
Berikut wilayah yang siap dimatikan hari ini :
Rabu, 20 Juli 2022 | 19:57 WIB
Platform Social Commerce KitaBeli Dapat Suntikan Dana US$20 Juta
KitaBeli menjalankan model bisnis perdagangansosial direct-to-consumer yang menawarkan pembeli bahanpokok
Senin, 18 Juli 2022 | 18:21 WIB
FedEx Express Sudah Ada di eBay, Beri Pengalaman Premium bagi Pengguna
Penjual eBay di kawasan Asia Pasifik kini dapat mendaftarkan akun FedEx dan mendapatkan akses penuh
Jumat, 15 Juli 2022 | 12:22 WIB