Gojek Rambah Bisnis Out-Of-Home Advertising
Gojek memperkenalkan layanan terbarunya, GoScreen, yang memfokuskan pada layanan media iklan Out-Of-Home (OOH). Layanan GoScreen ini akan dikelola oleh unit bisnis GoJek yaitu Promogo.
GoScreen mengusung teknologi object recognition dan network data yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk dapat menghitung impresi.
Chief Commercial Officer Gojek Antoine de Carbonnel menjelaskan bahwa GoScreen pada dasarnya menggabungkan kemampuan Gojek, mulai dari teknologi hingga operasional, untuk memungkinkan pengiklan menjangkau target audience dengan cara lebih kreatif di luar rumah.
"Periklanan telah banyak berubah beberapa tahun belakangan, seiring dengan konsumen yang telah menggunakan berbagai teknologi. Hal ini menjadi kesempatan sekaligus tantangan bagi brand untuk terhubung dengan target audience," katanya.
Menurut Antoine, berkembangnya teknologi menjadi kesempatan bagi brand untuk lebih kreatif, namun juga tantangan bagi brand karena saat ini pengiklan harus dapat mengukur efektivitas dari pengeluaran pemasaran mereka.
"Salah satu yang menjadi pembeda dari GoScreen adalah GoScreen memiliki skala yang besar karena ditunjang oleh ribuan mitra pengemudi, dapat mengukur kinerja iklan berdasarkan lokasi, dan mengukur impresi iklan secara real-time. Inovasi ini kami harap brand dan pengiklan dapat menyampaikan pesan mereka secara efisien," kata Antoine.
Tidak hanya itu, inovasi dari Gojek ini, Antoine menambahkan juga memberi dampak sosial. GoScreen memungkinkan mitra pengemudi yang berpartisipasi untuk mendapatkan pemasukan tambahan, 15% hingga 20%.
Antoine mengungkapkan Gojek melakukan pembagian pendapatan dari iklan bersama para mitra pengemudi, sekaligus memberi kesempatan bagi para Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk lebih dapat mengakses media luar ruang.
Sementara itu Direktur Promogo Kiranjeet Purba menyatakan bahwa secara teknis GoScreen memiliki teknologi object recognition dan network data yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk dapat menghitung impresi dan membedakannya dengan orang yang hanya lalu lalang.
GoScreen telah melakukan uji coba dengan menggandeng Publicis Media, yang menurut Kiranjeet menghasilkan angka yang cukup menggembirakan, terlebih pada saat pandemi di mana orang sebagian besar berada di rumah.
"Di lihat dari sisi Publicis dengan Disney Plus pilot project, kita belajar bahwa walaupun di era pandemi kita melihat lebih dari 850.000 orang dengan 4 juta impression, dan itu adalah sebuah angka yang luar biasa di kala pandemi," ujar Kiran.
Sementara, dari sisi jumlah mitra pengemudi, target dari Gojek Promogo ini hingga akhir 2021 mencapai 20.000 ribu GoScreen, yang berarti 20.000 mitra pengemudi akan diutilisasi dengan GoScreen.
Saat ini layanan GoScreen masih tersedia di Jakarta, dan ditargetkan akan merambah kota kedua dan ketiga pada 2021. Pengenalan layanan GoScreen pada kuartal empat ini juga diharap dapat menjadi solusi bagi agensi yang membuat rencana pengiklanan tahun 2021, sehingga GoScreen dapat dikomersialisasikan mulai Januari 2021.
Gojek Xcelerate Latih 11 Startup dengan Model Bisnis Direct-to-Consumer untuk Siasati Pandemi Covid-19
Salah satu strategi Gojek saat pandemi Covid-19: direct-to-consumer; diperkenalkan kepada para peserta Gojek Xcelerate angkatan keempat.
Kamis, 18 Juni 2020 | 08:55 WIB
GoToko dari GoJek untuk Pengusaha Warung Kelontong
GoJek mempermudah pengusaha warung kelontong lewat GoToko
Jumat, 11 September 2020 | 16:55 WIB
WhatsApp Resmi Hadir di Apple Watch, Ini Fitur Lengkap dan Syaratnya
Beberapa fitur utama WhatsApp juga telah didukung penuh, di antaranya:
Kamis, 6 November 2025 | 18:07 WIB
Airbnb Kini Menjadi ‘Everything App’, Media Sosial buat Para Pelancong
Airbnb sedang bertransformasi menjadi semacam media sosial buat traveler. Fitur-fitur baru yang dihadirkan akan membantu para pelancong yang ingin keep in touch dengan teman perjalanan.
Selasa, 28 Oktober 2025 | 19:05 WIB
INDOCOMTECH 2025 Sukses Digelar, Menjadi Magnet Inovasi AI dan Gaya Hidup Digital Indonesia
Pengunjung mendapatkan kesempatan eksklusif untuk mencoba langsung laptop, smartphone, hingga aksesori gaming yang sudah terintregasi AI, bukan sekedar membaca review online.
Senin, 27 Oktober 2025 | 18:32 WIB
Spotify Kembangkan Fitur SongDNA untuk Mengungkap Sosok di Balik Penciptaan Lagu
Selama ini penyanyi menjadi satu-satunya "bintang"dalam sebuah lagu. Dengan SongDNA, Spotify ingin pendengar tahu siapa saja sosok di balik penciptaan lagu tersebut.
Kamis, 16 Oktober 2025 | 15:39 WIB
Rayakan Kreativitas Lewat Kolaborasi Teknologi dan Seni, Garmin Hadirkan Draw Your Instinct 2.0
Karya-karya ini tidak hanya menjadi tampilan visual, tetapi juga simbol eksplorasi, ketekunan, dan identitas kreatif generasi muda Indonesia
Selasa, 7 Oktober 2025 | 10:36 WIB
Magnum Gandeng Giuseppe AI untuk Kembangkan Es Krim yang Inovatif
Magnum menggunakan Giuseppe AI milik NotCo untuk melakukan reformulasi produk agar lebih seimbang secara nutrisi, termasuk menciptakan varian berbasis nabati.
Senin, 29 September 2025 | 14:34 WIB
Registrasi Kartu SIM Harus Pakai Face Recognition, Berlaku Tahun Ini
Teknologi biometrik face recognition segera diterapkan untuk registrasi e-SIM. Aturan Komdigi ini dukung keamanan data dan cegah penipuan digital.
Jumat, 26 September 2025 | 17:08 WIB
Instagram Hadirkan Format 5120×1080, Bikin Feeds & Reels Jadi Lebih Sinematik!
Format Instagram baru ultra-wide 5120×1080, atau yang sering disebut video geprek, meledak karena ada unsur estetika seperti layar bioskop dalam satu frame.
Kamis, 25 September 2025 | 15:04 WIB
Meta Luncurkan Kacamata Pintar AI Ray-Ban Display, Bisa Balas Chat dan Play Musik Cuma dari Lensa
Keunggulan Meta Ray-Ban Display adalah sebagai kacamata pintar yang diharapkan mampu menggantikan peran smartphone dalam kehidupan sehari-hari.
Selasa, 23 September 2025 | 15:32 WIB
Riset! Orang Indonesia Top 2 Dunia Paling Suka Belanja Online
Konsumen Indonesia semakin fokus pada value for money
Jumat, 19 September 2025 | 15:42 WIB
Portal Satu Data Jakarta Hadir Kini Dilengkapi Chatbot AI
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merilis Portal Satu Data Jakarta dengan tampilan baru. Bedanya, kali ini tampilannya jauh lebih interaktif berkat tambahan fitur chatbot berbasis AI.
Senin, 15 September 2025 | 14:54 WIB
Di Tengah Lika-liku Ekonomi, Yuk Kencengin Skill untuk Bersaing di Era Digital
Talenta data tidak hanya sekadar bisa membaca data, tetapi juga mampu mengubah data menjadi insight
Jumat, 12 September 2025 | 15:37 WIB
Nano Banana, Terobosan Baru Google Gemini untuk Editing Foto
Pengguna sedang tergila-gila dengan Nano Banana, model terbaru Google untuk editing foto. Selain itu, Google juga memperkenalkan fitur baru di Gemini Ultra dan Pro, yaitu Photo-to-Video.
Senin, 8 September 2025 | 10:00 WIB
Dari Donasi 7 Robux, Komunitas Roblox Serahkan Rp5 Juta untuk Keluarga Affan Kurniawan
Salah satu penggemar game Roblox dengan nama Ands/Kirito. berhasil mengajak komunitas dan pengguna X berdonasi untuk keluarga almarhum Affan Kurniawan.
Selasa, 2 September 2025 | 15:04 WIB
Cloudflare jadi Biang Lumpuhnya X Saat Demo DPR Ricuh
Warganet ramai membagikan situasi Demo DPR melalui berbagai platform media sosial
Jumat, 29 Agustus 2025 | 12:22 WIB
DIGINATION LOGO