Gojek Rambah Bisnis Out-Of-Home Advertising
Gojek memperkenalkan layanan terbarunya, GoScreen, yang memfokuskan pada layanan media iklan Out-Of-Home (OOH). Layanan GoScreen ini akan dikelola oleh unit bisnis GoJek yaitu Promogo.
GoScreen mengusung teknologi object recognition dan network data yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk dapat menghitung impresi.
Chief Commercial Officer Gojek Antoine de Carbonnel menjelaskan bahwa GoScreen pada dasarnya menggabungkan kemampuan Gojek, mulai dari teknologi hingga operasional, untuk memungkinkan pengiklan menjangkau target audience dengan cara lebih kreatif di luar rumah.
"Periklanan telah banyak berubah beberapa tahun belakangan, seiring dengan konsumen yang telah menggunakan berbagai teknologi. Hal ini menjadi kesempatan sekaligus tantangan bagi brand untuk terhubung dengan target audience," katanya.
Menurut Antoine, berkembangnya teknologi menjadi kesempatan bagi brand untuk lebih kreatif, namun juga tantangan bagi brand karena saat ini pengiklan harus dapat mengukur efektivitas dari pengeluaran pemasaran mereka.
"Salah satu yang menjadi pembeda dari GoScreen adalah GoScreen memiliki skala yang besar karena ditunjang oleh ribuan mitra pengemudi, dapat mengukur kinerja iklan berdasarkan lokasi, dan mengukur impresi iklan secara real-time. Inovasi ini kami harap brand dan pengiklan dapat menyampaikan pesan mereka secara efisien," kata Antoine.
Tidak hanya itu, inovasi dari Gojek ini, Antoine menambahkan juga memberi dampak sosial. GoScreen memungkinkan mitra pengemudi yang berpartisipasi untuk mendapatkan pemasukan tambahan, 15% hingga 20%.
Antoine mengungkapkan Gojek melakukan pembagian pendapatan dari iklan bersama para mitra pengemudi, sekaligus memberi kesempatan bagi para Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk lebih dapat mengakses media luar ruang.
Sementara itu Direktur Promogo Kiranjeet Purba menyatakan bahwa secara teknis GoScreen memiliki teknologi object recognition dan network data yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk dapat menghitung impresi dan membedakannya dengan orang yang hanya lalu lalang.
GoScreen telah melakukan uji coba dengan menggandeng Publicis Media, yang menurut Kiranjeet menghasilkan angka yang cukup menggembirakan, terlebih pada saat pandemi di mana orang sebagian besar berada di rumah.
"Di lihat dari sisi Publicis dengan Disney Plus pilot project, kita belajar bahwa walaupun di era pandemi kita melihat lebih dari 850.000 orang dengan 4 juta impression, dan itu adalah sebuah angka yang luar biasa di kala pandemi," ujar Kiran.
Sementara, dari sisi jumlah mitra pengemudi, target dari Gojek Promogo ini hingga akhir 2021 mencapai 20.000 ribu GoScreen, yang berarti 20.000 mitra pengemudi akan diutilisasi dengan GoScreen.
Saat ini layanan GoScreen masih tersedia di Jakarta, dan ditargetkan akan merambah kota kedua dan ketiga pada 2021. Pengenalan layanan GoScreen pada kuartal empat ini juga diharap dapat menjadi solusi bagi agensi yang membuat rencana pengiklanan tahun 2021, sehingga GoScreen dapat dikomersialisasikan mulai Januari 2021.
Gojek Xcelerate Latih 11 Startup dengan Model Bisnis Direct-to-Consumer untuk Siasati Pandemi Covid-19
Salah satu strategi Gojek saat pandemi Covid-19: direct-to-consumer; diperkenalkan kepada para peserta Gojek Xcelerate angkatan keempat.
Kamis, 18 Juni 2020 | 08:55 WIBGoToko dari GoJek untuk Pengusaha Warung Kelontong
GoJek mempermudah pengusaha warung kelontong lewat GoToko
Jumat, 11 September 2020 | 16:55 WIBAdobe Express Kenalkan Fitur Baru, AI generatif Firefly
Berikut beberapa fitur aplikasi Adobe Express :
Rabu, 24 April 2024 | 13:05 WIBCEO Apple ke Indonesia, Ini 2 Agenda Besar Tim Cook dan Indonesia
Ada dua agenda besar yang ia bawa, Berikut rangkumannya:
Jumat, 19 April 2024 | 16:40 WIBRiset Tetra Pak: Perusahaan Makanan dan Minuman Berkomitmen Meminimalkan Penggunaan Plastik
Sebagian besar perusahaan makanan dan minuman sedang berupaya untuk mengurangi penggunaan plastik
Kamis, 18 April 2024 | 18:09 WIBOYO Bagi-bagi Diskon Menginap Hingga 80 Persen di Libur Lebaran
Diskon spesial IdulFitri hingga 80 persen
Selasa, 9 April 2024 | 11:53 WIBSiap Mudik Lebaran, Manfaatkan Promo Transportasi Ini
Yuk simak berbagai promo dan diskon yang ditawarkan oleh moda transportasi di bawah!
Kamis, 28 Maret 2024 | 19:56 WIBiOS 18 Segera Rilis, Ini Fitur Terbarunya dan Daftar Iphone yang Bisa Upgrade
Berikut pembaharuan yang terjadi:
Senin, 25 Maret 2024 | 13:24 WIBBerkah Ramadan! Nikmati Ragam Promo Ramadan Ini
Yuk, lihat beberapa promo dan diskon yang bisa kita dinikmati di bawah ini!
Sabtu, 23 Maret 2024 | 11:10 WIBCommunity Gathering & Bukber #TemuTeman Ilmu Banyak, Hadiah Nggak Habis-habis!
Temu Teman, sebuah collaboration space untuk berbagai komunitas perempuan, brand, serta audience Media Lab BMI
Sabtu, 23 Maret 2024 | 10:00 WIBKabel Optik di Laut Merah Putus, Internet di Seluruh Dunia Terganggu
Hingga saat ini, belum diketahui penyebab pasti insiden ini.
Kamis, 7 Maret 2024 | 18:02 WIBElvira Jakub Resmi Menjadi CEO dentsu Indonesia
dentsu telah membantu klien dan komunitas terus berkembang dengan solusi terintegrasi.
Selasa, 5 Maret 2024 | 18:32 WIBSirekap Bermasalah, Adakah Solusinya?
Media sosial sempat ramai soal SIrekap, bagaimana solusinya?
Selasa, 27 Februari 2024 | 17:05 WIBIni Dia Wujud Cincin Pintar Galaxy RingĀ
Rilisnya cincin pintar garapan Samsung menambah daftar prototipe cincin pintar
Selasa, 27 Februari 2024 | 16:16 WIBTraveloka Travel Fair 2024, Tawarkan Segudang Promo untuk Liburan
Cari tiket liburan? yuk ke Traveloka Travel Fair!
Jumat, 23 Februari 2024 | 10:44 WIBJangan Sampai Kehabisan, Tiket MPL ID SEASON 13 Sudah Bisa Kamu Beli
Di musim ini, akan ada banyak pertandingan yang sayang untuk dilewatkan
Rabu, 21 Februari 2024 | 15:34 WIBApple Dikabarkan Tengah Membuat Iphone dan Ipad Lipat
Laporan tersebut mengatakan bahwa kedua ponsel itu masih dalam bentuk prototip
Senin, 12 Februari 2024 | 18:01 WIB