LogoDIGINATION LOGO

Grab Jalin Kemitraan dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk Akses Digital UMKM

author Oleh Rommy Rustami Rabu, 19 Agustus 2020 | 19:49 WIB
Share
Share

Grab, salah satu aplikasi super, menjalin kemitraan dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia untuk mendukung pasar laut Indonesia dan UMKM berbasis hasil laut.Melalui kemitraan ini, Grab akan menyediakan platform digital bagi UMKM yang menjual produk kelautan dan perikanan.

Produk-produk kelautan dan perikanan dari para UMKM binaan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia akan tersedia di GrabMart dan layanan pengantaran melalui GrabExpress dengan skema Web Booking GrabForBusiness.

Kemitraan ini dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah guna meningkatkan penjualan dan percepatan digitalisasi bagi para UMKM binaan KKP serta memastikan masyarakat tetap memiliki akses terhadap produk-produk kelautan dan perikanan secara mudah.

Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Edhy Prabowo mengapresiasi kontribusi yang diberikan Grab Indonesia dalam membantu pemerintah meningkatkan penjualan produk UMKM melalui percepatan digital.

"Seperti yang kita ketahui, pandemi ini sangat berdampak kepada sektor tersebut, dan go digital adalah salah satu kunci yang bisa membuat para pelaku usaha di Indonesia tetap bisa bertahan dan berkembang. Tapi masih banyak pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan yang belum memanfaatkan platform digital," ungkapnya.

Dia melanjutkan bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan meluncurkan gerakan Pasar Laut Indonesia yang merupakan bagian dari gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia untuk membantu UMKM sektor kelautan dan perikanan.

"Dengan adanya kontribusi dari pihak swasta seperti Grab untuk menyediakan platform kepada para pelaku usaha ini, kami harap mereka bisa bertahan bahkan menjadikan hal ini sebagai batu loncatan untuk mengembangkan bisnis mereka," kata Edhy Prabowo.

Sementara itu Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menjelaskan bahwa Grab berkomitmen untuk mendukung upaya yang dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam memastikan para UMKM binaan KKP khususnya yang memasarkan produk kelautan dan perikanan untuk memiliki akses digital agar bisa terus bertahan di masa yang sulit ini.

"Produk kelautan dan perikanan memiliki peran penting dalam ekonomi Indonesia dan Grab akan menyediakan platform kepada para UMKM untuk tetap berjualan sekaligus memastikan masyarakat Indonesia tetap mendapatkan akses untuk produk kelautan dan perikanan di rumah mereka masing-masing," jelasnya.

Skema layanan yang akan disediakan oleh Grab mencakup pada fitur GrabMart dan Layanan Pengantaran via GrabExpress.

Berbagai produk kelautan dan perikanan milik UMKM binaan Kementerian Kelautan dan Perikanan akan tersedia di GrabMart. Pelanggan di Jakarta dapat melakukan pemesanan serta pengantaran langsung melalui GrabMart di aplikasi Grab.

Skema lainnya adalah para penjual bahan perikanan binaan Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta dapat melakukan pengiriman kepada para pembelinya dengan layanan GrabExpress melalui skema Web Booking Grab For Business yang akan difasilitasi Grab dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE