LogoDIGINATION LOGO

Perubahan Perilaku Belanja Konsumen, Shopper Bantu Masyarakat Menemukan Harga Termurah Di Masa Krisis

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 20 Juli 2020 | 17:04 WIB
Share
Share

Pandemi COVID-19 telah merubah perilaku masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk perubahan perilaku berbelanja. Mckinsey & Company, menyebutkan bahwa 82% responden menyatakan bahwa mereka akan lebih selektif dan irit dalam melakukan pengeluaran di era new normal.

Di Masa sulit ini, Shopper aplikasi Sharing Community telah berhasil membantu masyarakat untuk menemukan harga termurah di, supermarket, minimarket dan toko fisik yang tersebar di Indonesia. Melalui aplikasi Shooper, pengguna dapat dengan mudah melihat perbandingan harga produk dari sejumlah toko fisik melalui analisa struk belanja yang diunggah oleh pengguna.

"Selama masa self-quarantine, pengguna Shooper justru meningkat sebesar 400 persen. Hal ini dipicu karena semakin banyak konsumen yang ingin mencari harga termurah khususnya untuk kebutuhan rumah tangga agar dapat melakukan penghematan yang signifikan terhadap pengeluaran bulanan," ucap Oka Simanjuntak, CEO & Founder Shooper.

Melalui survey yang sama, temuan survey McKinsey menyebutkan 73% responden lebih memilih belanja di toko fisik. Shooper menjelaskan ada alasan utama mengapa responden lebih memilih belanja di toko fisik, selain tidak bisa melihat fisik barang, masalah harga pun menjadi kendala, karena belanja online yang memiliki biaya pengiriman atau ongkir.

Pengguna Shooper mengedepankan filosofi The Sharing Economy, pengguna saling berbagi informasi dengan mengirim struck belanja ke aplikasi shopper. Shooper menerapkan teknologi yang memanfaatkan metode crowdsource seperti layaknya perusahaan teknologi terkemuka seperti Google, Facebook, dan lainnya.

Platform ini menggunakan  teknologi Human Augmentation, yang merupakan penggabungan dari Artificial Intelligence dengan Human Interaction, data yang didapat dari setiap struk belanja yang diunggah oleh pengguna, akan memberikan informasi harga yang dapat dimanfaatkan secara langsung oleh para pengguna.

Disamping fitur utama Shooper untuk mencari harga termurah, aplikasi yang tersedia di Android ini juga dilengkapi fiturnya ShooperPoint yang merupakan universal point-reward dimana para pengguna akan mendapat poin dari setiap struk belanja yang mereka unggah.

Poin yang terkumpul dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah-hadiah menarik seperti handphone Samsung, produk elektronik dan voucher belanja. Sementara di fitur ShooperChef, tersedia berbagai macam resep yang dibagikan oleh sesama pengguna dan Shooper akan carikan harus ke mana untuk membeli bahan-bahan resep dengan harga termurah.

Teknologi canggih di Shooper juga dapat dimanfaatkan perusahaan untuk memperoleh data yang komplit dan mutakhir untuk mempelajari perilaku konsumen, guna memenangi persaingan yang semakin ketat dalam kondisi perekonomian yang lesu.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Startup dan Bayangan Hitam Resesi

Pandemi Covid-19 merubah tatanan usaha, termasuk perusahaan rintisan atau startup. Bagaimana kiatnya agar survive?

Selasa, 21 Juli 2020 | 15:58 WIB

Tips Sukses Interview Kerja Lewat Zoom

Saat pandemi, interview pekerjaan lebih mengandalkan video conference. Pelajari triknya agar sesi interview berjalan lancar.

Rabu, 15 Juli 2020 | 15:26 WIB

Ketahui Pentingnya Password Manager

Password menjadi bagian penting dalam kehidupan digital. Bagaimana Anda me-manage password-password Anda selama ini?

Kamis, 7 Mei 2020 | 12:21 WIB

2 Kriteria Wajib Dipenuhi Untuk Memilih Pekerjaan Baru

Setelah resign dari kantor lama yang tidak benefit untuk mengimprove kemampuanmu, saatnya mencari pekerjaan baru yang lebih baik. Tapi sebelumnya catat kriteria ini, agar kariermu semakin baik!

Senin, 7 Oktober 2019 | 08:19 WIB