LogoDIGINATION LOGO

Fabelio Raih Pendanaan Seri C Sebesar US$9 Juta

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 18 Juni 2020 | 18:38 WIB
Share
Share

Fabelio, peritel furniture online, mengumumkan telah memperoleh pendanaan seri C senilai US$9 juta. Perolehan ini sebagai penutupan dari pendanaan tahap awal yang dipimpin oleh AppWorks, Endeavor Catalyst dan MDI Ventures yang didukung oleh Telkom Group. Sehingga, total pendanaan yang diraih hingga saat ini mencapai lebih dari US$20 juta.

Fokus utama Fabelio pada 2020 adalah meningkatkan pangsa pasar yang akan didukung lewat upaya perekrutan SDM engineering, upaya pemasaran berkelanjutan secara online, pengembangan produk dan perbaikan operasional.

“Kami sangat bersyukur atas para investor baru kami dari AppWorks, Endeavour Catalyst dan MDI Ventures atas dukungan dan keahlian global mereka. Fokus utama kami adalah meningkatkan kategori produk dan waktu pengiriman. Di luar itu, kami akan memperluas bisnis kami di seluruh Indonesia dengan membuka gudang penyimpanan baru dan experience center di kota-kota baru,” kata CEO dan Co-Founder Fabelio Marshall Tegar Utoyo.

Dengan kata lain logistik adalah sektor yang akan difokuskan oleh Fabelio yang didirikan pada 2015 lalu.

Babak pendanaan ini akan mempercepat perkembangan jaringan rantai pasok logistik pusat dan experience center Fabelio guna mendukung ekspansi domestik perusahaan ke sejumlah wilayah dan kota di Indonesia seperti Jawa dan Bali pada November 2020.

Marshall, mengatakan Fabelio melihat lebih banyak perusahaan Amerika Serikat dan Tiongkok yang mendirikan basis operasi mereka di Indonesia, sekaligus membuka peluang untuk perdagangan dan manufaktur global.

“Tren pasar ini, digabungkan dengan upaya-upaya mereka akan memungkinkan kami meraup pangsa yang lebih besar di pasar furnitur di Indonesia yang bernilai 6,7 miliar dolar AS,” katanya.

Sejak didirikan di Indonesia pada 2015, Fabelio menawarkan produk furniture berkualitas tinggi dan desain terkurasi, dengan keterlibatan pengrajin lokal serta penawaran harga yang menarik.

Fabelio juga menawarkan layanan gratis pengiriman di hari yang sama dan garansi dua tahun untuk semua produknya. Selain itu Fabelio juga menawarkan layanan B2B terbaik untuk properti, menyediakan konsultasi desain interior secara cuma-cuma bagi mereka yang ingin melengkapi rumah, ruang perkantoran, hotel atau restoran.

“Tujuan akhir kami adalah selalu menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Dalam dua tahun, kami melihat diri kami sendiri sebagai suatu destinasi home & living yang dapat memberikan para pelanggan semua produk dan layanan yang terkait dengan kebutuhan perabotan rumah dan interior mereka,” kata Co-Founder Fabelio Christian Sutardi.

Sejak pendanaan Seri B senilai 6,5 juta dolar AS pada 2018 lalu, Fabelio telah mengalami peningkatan bisnis secara eksponensial di Indonesia dengan memiliki tiga kantor domestik dan 20 experience center di area strategis seperti Jabodetabek dan Bandung serta memiliki staf yang kini berjumlah 430 orang.

Kini, Fabelio telah mengalami pertumbuhan akuisisi pelanggan hingga 82%, serta melayani lebih dari 1.000 proyek B2B mulai dari properti residensial seperti perumahan dan apartemen, kantor hingga pusat perbelanjaan Citraland, Bank BRI dan MRT Jakarta.

Fabelio juga telah melayani pengantaran ke lebih dari 750 kecamatan di Pulau Jawa sementara kinerja perusahaan tercatat positif sejak akhir 2017 dan dalam target untuk mencapai profitabilitas pada 2022.

Partner di Aavishkaar Capital, EN Venkat mengatakan, Fabelio memiliki jejaring yang kuat dengan pabrik dan pengrajin dari pusat pembuatan furniture lokal Indonesia, memberdayakan UMKM menjadi inspirasinya untuk terlibat bersama Febilo untuk jangka panjang.

“Fabelio memiliki jejaring kuat dengan pabrikan dan perajin dari pusat-pusat pembuatan furniture lokal di Indonesia. Upaya mereka yang luar biasa dalam memberdayakan Usaha Mikro-Kecil Menengah Indonesia menjadi inspirasi di balik keterlibatan kami dalam bisnis furniture omnichannel Fabelio. Kami tidak sabar untuk terus terlibat secara jangka panjang dengan Fabelio,” katanya.

Aavishkaar Capital sebagai investor sebelumnya, kembali berkontribusi dalam pendanaan tersebut. Dan sebagai bagian dari pendanaan ini partner AppWorks, Jessica Liu akan bergabung ke dalam Dewan Direktur Fabelio.

“Hanya dalam lima tahun, mereka telah mengenalkan berbagai produk furniture kelas dunia yang telah digunakan oleh segmen masyarakat Indonesia dan sejumlah bisnis yang sedang berkembang. Nilai customer-first mereka membentuk pengalaman berbelanja yang lebih baik dan menjadi sebuah kategori bisnis yang mendorong transformasi. Kami senang bergabung bersama Fabelio dengan misi mereka untuk mengubah masa depan industri furnitur Indonesia,” kata Jessica.

Fabelio juga sedang secara aktif mencari investor regional di Asia Tenggara dan Tiongkok untuk menutup babak Seri C mereka pada akhir 2020, sehingga memungkinkan untuk mencapai misinya dalam menyediakan furnitur berkualitas tinggi dan layanan pelanggan yang luar biasa, sehingga pada akhirnya dapat memenangkan kepercayaan pelanggan di Indonesia.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE