LogoDIGINATION LOGO

Kesempatan Menjadi Founder Startup Dengan DSLaunchpad

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 9 April 2020 | 10:38 WIB
Share
Share

 

Perusahaan inovasi Dailysocial.id baru saja meluncurkan program inkubasi startup teknologi Indonesia yang diharapkan menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia. Program yang bertajuk DSLaunchpad ini akan dilaksanakan selama 4 Minggu, mulai dari 20 April hingga 15 Mei 2020.

Program DSLaunchpad ini akan melakukan seleksi dan akan mengambil 100 startup untuk diinkubasi secara bersamaan selama 4 Minggu secara online. CEO DailySocial.id Rama Mamuaya yang mengorganisir program DSLaunchpad ini berharap, kesempatan untuk mendapatkan mentorship dari nama-nama besar industri digital di Indonesia, baik mentor maupun VC Partners, benar-benar dimanfaatkan para penggiat teknologi se-Indonesia untuk belajar, bertumbuh dan nantinya memberikan timbal balik bagi bangsa dan negara.

"Ini kontribusi kami untuk Indonesia di masa-masa sulit seperti sekarang. Jadi selama masyarakat sedang mendukung program #DiRumahAja, bisa juga mewujudkan mimpi untuk mendirikan startup digital," kata Rama.

Program inkubasi online ini dapat dilaksanakan dengan menggunakan platform teknologi Orchestra DSLaunch yang telah diluncurkan awal Maret 2020 silam. Acara ini pun akan dimentori oleh sosok yang tidak asing lagi di industri teknologi, seperti Kevin Aluwi (Co-CEO Gojek Indonesia), Fajrin Rasyid (Presiden, Bukalapak), Izak Jenie (CEO Jas Kapital), Dyota Marsudi (Executive Director, Vertex Ventures), Dondy Bappedyanto (CEO BiznetGio) dan Andy Zain (Partner Kejora Ventures) yang merupakan sebagian dari daftar mentor di program DSLaunchpad.

Selain dari mentor-mentor tadi DSLaunchpad juga menjaring kerjasama dengan investor-investor teknologi yang berbasis di Indonesia untuk menjadi bagian dari program ini. Sebut saja East Ventures, BRI Ventures dan MDI Ventures, tiga venture capital yang terbilang aktif berinvestasi di startup teknologi Indonesia yang juga terlibat sebagai VC Partners di program DSLaunchpad.

Pada akhir program inkubasi, para startup yang diinkubasi di program DSLaunchpad ini akan mempresentasikan startup-nya ke para investor (VC Partners) melalui video-call guna mendapatkan feedback untuk melanjutkan aktivasi startup mereka pasca program inkubasi. Rama juga menyatakan bahwa mendapatkan investasi dari para VC Partners bukanlah prioritas dari program ini namun pengetahuan dari para mentor diharapkan dapat langsung diterapkan.

"Knowledge-transfer ini penting dan merupakan tujuan utama dari program DSLaunchpad, investasi dari para VC hanya bonus saja," ujarnya.

Pendaftaran DSLaunchpad akan ditutup 10 April 2020. Program ini untuk membuktikan bahwa kesempatan untuk menjadi founder startup dapat dimiliki oleh semua orang Indonesia tanpa terkecuali.

"Kami melihat adanya ketidakseimbangan antara acara dan program edukasi teknologi dan startup antara di Jakarta dan di provinsi lain. Tujuan utama dari program DSLaunchpad ini adalah untuk membuktikan bahwa kesempatan untuk menjadi founder startup dimiliki oleh semua orang Indonesia tanpa terkecuali, sehingga kami membuka program inkubasi ini 100% online, untuk mengeliminasi perbedaan tempat,” kata Rama.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE