LogoDIGINATION LOGO

MRT Jakarta Jalin Kerjasama dengan Moka

author Oleh Rommy Rustami Kamis, 27 Februari 2020 | 10:11 WIB
Share
Share

Besarnya potensi UKM di Indonesia cukup sering menarik beragam pihak untuk memberikan dukungan bagi sektor usaha yang berkontribusi hingga sekitar 97% serapan tenaga kerja per tahunnya ini.

Salah satunya adalah PT Moka Teknologi Indonesia, atau yang dikenal dengan Moka - sebuah penyedia aplikasi kasir berbasis cloud. Kali ini Moka terpilih oleh PT MRT Jakarta untuk penyediaan layanan Point of Sales (POS) bagi UKM yang menjajakan produknya di area stasiun MRT Jakarta, mengungguli beberapa layanan digital serupa lainnya.

Melalui kerjasama ini, Moka akan berperan untuk menyediakan fasilitas layanan berupa hardware, software sekaligus pelatihan bagi para merchant untuk penggunaan sistim kasir digital tersebut.

Vice President Brand and Marketing Moka, Bayu Ramadhan mengungkapkan layanan Moka sudah digunakan oleh dua buah perusahaan besar yang juga beroperasi di area stasiun MRT Jakarta, yaitu Bakmi GM dan Kaizen.

"Telah menjadi visi kami untuk selalu memberikan solusi bagi para pelaku usaha mulai dari UKM sampai dengan skala perusahaan besar. Kini semua UKM yang berjualan di stasiun MRT Jakarta sudah menggunakan layanan POS dari Moka," jelasnya.

Dalam waktu tiga bulan terakhir, Moka mencatat total transaksi di seluruh UKM stasiun MRT Jakarta mencapai lebih dari 6.000 transaksi dengan nilai rata-rata per bulannya mencapai sekitar Rp251 juta.

Mayoritas transaksi tersebut terjadi pada rentang waktu 07:00 - 09:00 dan 17:00 - 19:00 dengan produk favorit berupa kudapan ringan. Transaksi mobile payment juga berkontribusi hingga 26% dari total transaksi.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhammad Kamaludin mengatakan kolaborasi bersama Moka akan sangat membantu menambah pengalaman mobilitas masyarakat selama menggunakan layanan MRT Jakarta.

"Kami sangat mengapresiasi banyak pihak yang telah mendukung program pengembangan UKM di MRT Jakart seperti Moka yang memungkinkan proses transaksi dapat lebih mudah dan cepat," jelasnya.

UKM yang menempati stasiun MRT  ini sebelumnya sudah dipilih oleh tim ahli dari Badan Ekonomi Kreatif; tahapan pengumuman dan pendaftaran telah dimulai sejak 24 Januari 2019 dan kini seluruh UKM terpilih sudah menempati lima stasiun MRT: Stasiun Lebak Bulus Grab, Stasiun Fatmawati, Stasiun Haji Nawi, Stasiun Blok A, dan Stasiun Dukuh Atas BNI.

 

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE

Revolusi Platform untuk Transformasi Digital

Platform adalah salah satu hal penting dalam sebuah transformasi digital. Bagaimana perusahaan-perusahaan dapat melakukan kostumisasi pada platform digital yang digunakan untuk mendukung bisnis.

Rabu, 12 Februari 2020 | 13:53 WIB

It’s Never Too Late To Start Up

Kata siapa usia 40 tahun sudah terlalu tua untuk membangun startup? Adrian Gunadi, co Founder dan CEO Investree membuktikan bahwa hal tersebut salah...

Selasa, 3 Desember 2019 | 08:15 WIB

DISRUPTO 2019, Mengeksplorasi Tantangan Masa Depan Umat Manusia

DISRUPTO 2019 menjadi momentum untuk mengeksplorasi masa depan manusia dari berbagai aspek dan akan memperlihatkan bagaimana kemajuan teknologi yang telah dicapai manusia saat ini dapat membantu keberlangsungan hidup manusia di masa depan.

Selasa, 12 November 2019 | 08:15 WIB