LogoDIGINATION LOGO

Indonesia Jadi Tuan Rumah Grand Final PUBG Mobile Club Open 2019

Oleh Alfhatin Pratama Selasa, 28 Mei 2019 | 17:15 WIB
Share
Bermain PUBG Mobile (shutterstock)
Share

Rangkaian turnamen PUBG Mobile Club Open (PMCO) 2019 telah berlangsung sejak bulan Maret 2019. Kemeriahannya pun tak dapat dielakkan di Indonesia. Terlebih lagi, Indonesia dijadwalkan menjadi Tuan Rumah Final Asia Tenggara untuk turnamen ini. 

"Suatu kebanggaan tersendiri bagi kami, PUBG Mobile, untuk dapat mengadakan turnamen skala internasional pertama di Indonesia," kata Oliver Ye selaku PUBG Mobile Marketing Director untuk Asia Tenggara. Ia menambahkan bahwa keberagaman, semangat persatuan, dan sportivitas tinggi yang tercipta di tengah masyarakat Indonesia menjadi sumber inspirasi mereka untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Final Asia Tenggara Turnamen PMCO 2019.

Gelaran final itu dijadwalkan akan berlangsung di BSD, Tangerang Selatan, tepatnya tanggal 22 - 23 Juni 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE). Dengan diadakannya turnamen skala internasional ini, perwakilan dari Indonesia diharapkan dapat menjadi bintang dan lolos ke tahapan Final Global dan pertumbuhan ekosistem game maupun esports terus melaju.

Baca juga: APEX Legends, Game Baru yang Kalahkan Fortnite dan PUBG!

Peresmian Turnamen PUBG Mobile Club Open (PMCO) 2019 | Foto Istimewa

PUBG Mobile bukan sekadar game

Siapa, sih yang tidak tahu PUBG Mobile? Yap, game yang kerap disingkat PUBGM ini dikembangkan oleh Tencent Games and PUBG Corp. Game yang diluncurkan tahun 2018 ini berjudul PlayerUnkwonn’s BattleGround memiliki genre battle royal, yang berasal dari game PC dan Xbox One yang mulai heboh tahun 2017.

Saat ini, PUBG Mobile memiliki lebih dari 100 Juta pengguna aktif  tiap bulannya di seluruh dunia. Bahkan, pengguna aktifnya sudah mengalahkan Fortnite, game bergenre battle royale yang juga ramai dibicarakan.

Di Indonesia, PUBG Mobile sukses merangkul para pemain dan penontonnya di lebih dari 220 kota melalui berbagai turnamen offline, baik tingkat amatir dan professional. 

Oliver tidak mengungkapkan jumlah pasti pemain dan penonton dari Indonesia, tapi menurutnya Indonesia berada di posisi kedua di dunia (24/5). Oliver juga mengatakan bahwa PUBG Mobile di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan. Wow! Menakjubkan, ya?

Selain itu, ia menambahkan bahwa PUBG Mobile jangan dipandang hanya sebagai game semata. Melalui PUBG Mobile, menurutnya, masyarakat dapat membangun komunitas yang kuat, ekosistem game dan esports yang berkembang, juga mempromosikan nilai-nilai dan kebudayaan lokal yang ada.

Baca juga: Singapura Sudah Siapkan Atlet Esports Untuk SEA Games 2019, Indonesia Kapan?

Ilustrasi game PUBGM (shutterstock)

Apresiasi PUBGM untuk Indonesia

Tingginya antusiasme yang dimiliki para pemain dan penonton di Indonesia, PUBG Mobile mengapresiasikannya dengan menghadirkan berbagai konten yang terinspirasi dari kebudayaan Indonesia.

Antara lain, koleksi kostum batik pada item dalam game, koleksi topeng ondel-ondel dan baju daerah, hingga program teranyar berupa aktivitas untuk memeriahkan Bulan Ramadan 2019 dengan berbagai hadiah menarik di dalam game.

Selain itu, PUBG Mobile juga akan bekerjasama dengan pihak Kepolisian Indonesia untuk menghadirkan pop-up booth atau posko mudik bertemakan game battle royale ini dalam waktu dekat. Rencananya, program yang bertujuan meramaikan dan mendukung tradisi mudik di Indonesia ini akan hadir di berbagai area yang ramai dilewati pemudik.

Melihat banyaknya jumlah pemain dan penonton yang berasal dari Indonesia, PUBG Mobile juga memantapkan komitmen untuk mencipakan sistem bermain sehat dengan menggunakan pembatasan waktu. Dengan sistem baru ini, diharapkan PUBG Mobile mampu berkontribusi positif menciptakan ekosistem game dan esports yang lebih sehat.

Ayo, terus dukung perkembangan ekosistem game dan esports di Indonesia agar para pemainnya pun bisa mengukir nama Indonesia di kancah turnamen internasional!

Baca juga: Lewat Esports, Negara Ini Dongkrak Pariwisata Lho!

  • Editor: Deriz Syarief
TAGS
RECOMMENDATION

10 Atlet Esports Terkaya di Dunia

Ini adalah 10 atlet esports dengan penghasilan tertinggi di dunia sepanjang 2018. Kamu juga mau kayak mereka kan?

Rabu, 23 Januari 2019 | 08:31 WIB
LATEST ARTICLE