LogoDIGINATION LOGO

Ini Dia 5 Hot Topik Digital Marketing 

author Oleh DQLab Sabtu, 15 Juli 2023 | 10:25 WIB
Share
Share

 

Beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih terkadang membuat kita sedikit kewalahan, terlebih banyak informasi yang terlalu banyak kita konsumsi seperti di era digital ini. Bagi marketer, di era digital ini semakin banyak cara efektif yang mampu membantu membuat planning pemasaran bisnis serta menarik pelanggan di ruang digital guna meningkatkan penjualan online. 

Hampir setiap harinya, marketer menggunakan search engine untuk mencari tahu trend digital marketing seperti apa yang sedang hangat terjadi guna diaplikasikan pada pemasaran bisnis online. DQLab Universitas Multimedia Nusantara telah meringkas beberapa hot topik digital marketing dan yang sedang tren dilakukan oleh para marketer di era digital ini. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

  1. Artificial Intelligence

Tentu kalian sudah mengenal Artificial Intelligence bukan? Artificial Intelligence adalah bidang yang besar dan luas, karena terdiri dari beberapa ilmu disiplin dan variasi tools serta platform yang digunakan. 

AI sendiri tidak memiliki teknik kecerdasan yang terbatas karena mencakup berbagai aspek seperti logika, pengenalan suara dan visual, bahkan robotika, sehingga banyak industri mengaplikasikan AI untuk operasionalnya. Tidak hanya memberikan sebuah prediksi yang tepat melainkan juga bisa meningkatkan produktivitas melalui bantuan AI. 

Adapun trend AI terbaru yang mudah digunakan yaitu ChatGPT. ChatGPT adalah teknologi deep learning yang sangat cerdas berguna untuk banyak hal yaitu mulai dari memberikan insight, tools belajar, serta membantu menyelesaikan segala bentuk permasalahan yang kamu hadapi.

Baca juga: Tutorial Penggunaan AI Chat GPT, Mudah Banget!

  1. Live Streaming

Akhir-akhir ini Live Streaming sudah menjadi tools baru memasarkan sebuah produk, karena tidak hanya menjelaskan produk atau merek secara langsung melalui broadcast langsung (tanpa ada proses editing) melainkan juga membantu pelanggan memahami produk dengan jelas. Keuntungan dari live streaming sendiri ini mampu mempromosikan produk atau merek secara jarak jauh dan menggaet target audiens yang cukup masif dengan waktu secara real-time. Tidak hanya itu saja, dengan adanya live streaming mampu membangun relasi dan hubungan antara pelanggan dan juga merek bisnis.

  1. Video Marketing

Tiktok dan Instagram reels menjadi salah dua bentuk promosi yang lebih efektif dan disukai oleh banyak pengguna media sosial. Bentuk promosi dengan video ini sejalan dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar scrolling di media sosial, karena mereka dapat melakukannya di sela-sela waktu kerja hingga sebelum tidur diatas kasur. Mengingat semua orang bisa memproduksi konten video dan mengunggahnya di media sosial, sehingga ini menjadi tantangan marketer dalam pembuatan video konten terhadap keaslian konten (authenticity) dan isi konten yang ingin disampaikan. 

Banyak konten yang diproduksi oleh tim marketer belum tentu bisa langsung meningkatkan penjualan online lho, biasanya marketer akan menggunakan data analitik untuk menganalisis konten seperti apa yang ingin dilihat dan disukai oleh audiens. Terlebih dengan adanya analitik data pelanggan, mampu membantu memproduksi video promosi konten yang lebih engage dengan audiens. 

  1. Influencer Marketing

Influencer marketing menjadi tren pemasaran dalam bisnis yang dimana merek akan berkolaborasi dengan sejumlah influencer untuk membantu mempromosikan produk atau layanan tertentu dengan imbalannya diantaranya yaitu memberikan produk atau layanan secara gratis. Hal ini juga sebagai bentuk testimonial influencer menggunakan produk/layanan dengan harapan mereka dapat membuat konten yang sifatnya riil dan relatable.

Baca juga: Ini Peran Besar Data Science dalam Dunia Bisnis 2023

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Teknik SEO tidak kalah pentingnya dengan bentuk digital marketing lainnya. Search Engine Optimization atau SEO ini secara ilmunya mempelajari cara kerja bagaimana cara kerja mesin pencari mendapatkan konten yang tepat sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Selain itu, SEO menjadi teknik digital marketing yang mampu meningkatkan kredibilitas bisnis serta memberikan informasi secara luas melalui tulisan konten artikel. 

Jika SEO diaplikasikan sesuai dengan kaidahnya, maka mengoptimasi SEO tersebut bisa membawa dampak jangka panjang di mesin pencarian karena pembuatan konten dibuat sesuai rekomendasi algoritma Data Science. Algoritma Data Science sangat powerful untuk menunjang pembuatan konten yang berkualitas serta variatif dalam pembuatannya. 

Ingin belajar Data Science lebih lanjut untuk bisa aplikasikan pada bisnis? Kamu bisa ikuti program Bootcamp DQLab. Program Bootcamp ini terbuka untuk semua peserta bahkan bagi pemula sekalipun, selain itu kamu akan dibimbing langsung oleh mentor praktisi data profesional di industri lho. Informasi lengkap seputar program Bootcamp DQLab dapat kunjungi https://dqlab.id/bootcamp-machine-learning-and-ai-for-beginner

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE