LogoDIGINATION LOGO

5 Benefit Digital Marketing, Bangun Bisnis 2023

author Oleh DQLab Jumat, 30 Juni 2023 | 17:03 WIB
Share
Share

Perkembangan zaman membuat banyak perubahan yang cukup signifikan di industri. Berbeda dengan sebelumnya, strategi pemasaran di era digital ini semakin luas dan menarik jika diaplikasikan langsung pada bisnis atau organisasi. 

Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang akhir-akhir menjadi tren bisnis yang dimana proses promosikan produk serta brand awareness menggunakan media digital. Adapun beberapa platform yang sering digunakan dan sebagai bentuk eksplorasi dalam menjalankan campaign yaitu melalui e-mail, affiliate marketing, sosial media berbayar, dan media digital lainnya.

Sejalan dengan tujuan bisnis era digital, menggunakan strategi digital marketing sangatlah menguntungkan bagi stakeholders karena pemasaran yang dilakukan dapat menjangkau target audiens secara massal dan memungkinkan membuat campaign marketing secara personalisasi. 

Dengan personalisasi, maka akan jauh lebih memudahkan marketer menganalisis guna meningkatkan penjualan online serta loyalitas merek. DQLab Universitas Multimedia Nusantara telah merangkum 5 benefit pada digital marketing untuk bangun bisnis di era digital, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

  1. Menjangkau Target Audiens Lokal dan Global

Lokasi pemasaran terkadang menjadi salah satu tantangan yang seringkali dihadapi oleh para marketer dalam menjalankan campaign. Tidak hanya adanya batasan di setiap daerah dan negara, tetapi cukup mahal membuatkan campaign untuk mendatangkan massa yang luas. Namun, adanya digital marketing yang ada di internet memudahkan kita memperluas jangkauan target audiens dan bahkan berpotensi membawa peningkatan penjualan secara online.

Hal ini tentu sangat membantu pebisnis untuk meningkatkan aksesibilitas dan visibilitas produk atau merek secara lokal maupun global sekalipun. Misalnya seperti bisnis memiliki situs web, ini telah membuka peluang pelanggan atau target audiens menjelajahi dan mencari informasi lebih lanjut terkait produk atau merek bisnis Anda.

Baca juga: Peran Penting Data Science di Ragam Sektor Bisnis

  1. Menekan Cost Campaign Bisnis

Selain membantu menjangkau target secara meluas, keuntungan lainnya dari digital marketing yaitu membantu menekan biaya pengeluaran ketika menjalankan campaign bisnis. Berbeda dengan pemasaran secara tradisional, melalui digital marketing memberikan solusi pemasaran hemat biaya tetapi strategi yang dijalankan akan lebih bertarget dan efisien. 

Hal ini karena sebagian strategi digital marketing tidak memerlukan biaya yang besar untuk memulainya, misalnya seperti pemasaran melalui platform media sosial yaitu Instagram, YouTube, LinkedIn, Twitter, Snapchat, dan media sosial lainnya. Adapun penggunaan strategi Search Engine Optimization (SEO) yaitu strategi untuk meningkatkan visibilitas di search engine dengan menggunakan keyword tertentu yang relevan dengan produk atau merek bisnis.

  1. Beragam Konten Digital Marketing

Dalam digital marketing, terdapat berbagai strategi yang bisa diimplementasikan atau dijalankan oleh marketer sesuai dengan tujuan dan kebutuhan bisnis yang dijalankan. Seperti B2C (business-to-customer) biasanya akan menggunakan strategi konten yang lebih autentik, efektif dalam menyampaikan informasi seputar produk, serta mampu meningkatkan konversi. Berikut beberapa bentuk konten digital marketing yang sering diaplikasikan pada bisnis 2023:

  • Social media marketing
  • Search engine marketing
  • Social paid ads
  • Social media marketing
  • Email marketing
  • Influencer marketing
  1. Efektif dalam Menargetkan Audiens

Menargetkan pelanggan sangat penting dalam menjalankan bisnis, namun menentukan audiens atau target mana yang paling cocok terkadang cukup sulit bagi marketer. Tetapi dengan adanya digital marketing, memungkinkan Anda mengekstrak data pelanggan dan menganalisis data tersebut sehingga campaign marketer menjadi lebih optimal dan efektif menargetkan audiens.

Ada banyak opsi dalam penargetan di digital marketing seperti menggunakan kata kunci untuk SEO atau informasi demografis di media sosial. Hal ini juga membantu menganalisis perubahan perilaku target, sehingga membantu marketer memodifikasi campaign sesuai kebutuhan mereka dengan cepat.

  1. Memberikan Rangkaian Strategi Digital Marketing

Membuat konten yang unik dan sesuai dengan tujuan bisnis hal adalah hal penting dalam kegiatan pemasaran. Keuntungan lainnya dari digital marketing yaitu memberikan berbagai jenis konten untuk showcase produk atau merek bisnis Anda secara online. Di era teknologi canggih ini, semakin banyaknya jenis konten yang tersedia dan lebih efektif dalam digital marketing dibandingkan strategi pemasaran tradisional. 

Hal ini karena dengan digital marketing konten-konten yang produksi lebih mudah berdasarkan platform digital serta konten yang sudah ada bisa kita gunakan kembali. berikut beberapa jenis konten yang paling umum dipilih oleh digital marketer:

  • Konten blog
  • Podcast
  • Konten visual (Foto & Video)
  • Infografis
  • Konten berbentuk Quiz
  • Webinar atau Talkshow
  • Social Media Post

Baca juga:  Melihat Pengaruh Data Science dalam Dunia Marketing

Keuntungan-keuntungan diatas menarik untuk diaplikasikan bukan? Digital Marketing menjadi strategi yang sangat ideal untuk bisnis 2023 dan di era digital yang dimana sumber informasi kini dapat kita unggah hanya dalam satu sentuhan saja. Tidak hanya mendirikan bisnis secara online saja tetapi juga meningkatkan visibilitas bisnis dalam jangka panjang.

Selain digital marketing, penerapan Data Science pada bisnis juga menjadi tren yang sangat menguntungkan bagi stakeholders. Ingin belajar lebih lanjut tentang Data Science? DQLab adalah platform belajar online Data Science dan memberikan rangkaian belajar bidang Data langsung bersama mentor praktisi data profesional di industri melalui program LiveClass.

Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi  laman https://dqlab.id/live-class. Yuk mulai belajar Data, karena Data untuk semua!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE