LogoDIGINATION LOGO

Skill Talenta Digital yang Dibutuhkan Industri 2023

author Oleh DQLab Rabu, 21 Juni 2023 | 11:17 WIB
Share
Share

 

Perkembangan zaman membuat banyak perusahaan dan organisasi menyadari skill digital begitu penting. Apapun pekerjaannya, perusahaan akan mencari dan merekrut seseorang yang memiliki keahlian serta pengalaman yang lebih luas. 

Sehingga, alangkah baiknya kita sudah mulai mempersiapkan sejak dini untuk menjadi talenta digital yang dibutuhkan industri dalam membantu mewujudkan informasi dan data di Indonesia.

Terdapat beberapa kualifikasi tinggi di era digital yang menjadikan calon talent digital mulai harus meningkatkan keahlian dan memperluas pengalaman guna mengasah skill mereka. 

Sebagai bentuk persiapannya, DQLab Universitas Multimedia Nusantara memberikan daftar kompetensi gabungan soft skill dan hard skill yang dimiliki untuk menjadi talenta digital:

  1. Menguasai Bahasa Pemrograman & Web Development

Bahasa pemrograman merupakan skill penting dan mampu meningkatkan karir next level di era digital. Adanya peningkatan penggunaan Big Data di industri juga mendorong sebagian besar perusahaan membuka lowongan pekerjaan dengan kualifikasi yaitu menguasai bahasa pemrograman. Melalui coding, maka dapat membantu membuka peluang baru serta analitik berdasarkan data secara efektif dan efisien. 

Terdapat beberapa bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh talenta digital di industri dalam membuat coding, diantaranya yaitu; Python, Bahasa R, SQL, dan SAS atau statistical analysis system. Coding juga penting dalam pembuatan web pada sebuah organisasi atau bisnis, adapun beberapa fondasi penting coding untuk membuat sebuah situs web yaitu HTML, CSS, dan Java Script.

Baca juga: Melihat Pengaruh Data Science dalam Dunia Marketing

  1. Memahami Teknik SEO

Search Engine Optimization atau SEO adalah cara untuk mendapatkan banyak pelanggan dengan mengarahkannya ke situs web perusahaan. Pengoptimalan situs sangatlah penting bagi setiap perusahaan, sehingga dibutuhkannya seseorang yang memiliki skill SEO agar bisa membantu meneliti kata kunci dan bisa memastikan situs web perusahaan dapat muncul di pencarian teratas search engine. SEO sebagai salah satu strategi digital marketing yang paling sering dilakukan oleh talenta digital terlepas dari keterampilan teknis maupun latar belakang. 

  1. Critical Thinking

Disamping membutuhkan skill teknik, dalam mendapatkan insight dari Big Data dibutuhkannya critical thinking untuk membantu menganalisis data secara keseluruhan melalui observasi. Hal ini juga dapat membantu penyusunan strategi dan serta solusi yang masuk akal dan terhindari dari bias. Memiliki critical thinking yang kuat juga dapat mendorong kreativitas diri serta ide-ide baru yang dibutuhkan oleh industri. Sehingga, sebagai talenta digital bisa membantu memecahkan masalah dan membuka perspektif baru yang dapat dijadikan inovasi jangka panjang.

  1. Skill Komunikasi

Memiliki skill komunikasi yang baik dan mampu menjalin komunikasi dengan pihak eksternal dengan baik sangatlah penting, terutama di era digital ini yang dimana cara orang berkomunikasi telah berubah. Mengingat hampir seluruh aktivitas komunikasi sudah bisa dilakukan di ruang digital, maka sebagai digital talent yang baik mampu berkomunikasi yang baik dan efektif ketika menyampaikan pesan. 

  1. Design & Visualisasi Data

Layanan digital atau situs web akan membutuhkan sebuah user interface yang memadai, hal ini agar pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan digital tersebut lebih diminati dan efektif. Skill lainnya yang dibutuhkan oleh digital talent yaitu design dan visualisasi data. 

Seorang designer dapat memvisualisasikan data kompleks untuk membantu membuat keputusan bisnis penting, karena dari data yang telah dianalisis akan berguna bagi para stakeholder menerima insight baru. Tools seperti Tableau dan Power BI seringkali digunakan oleh para desainer dalam menganalisis dan juga melakukan visualisasi data.

Baca juga: Peran Penting Data Science di Ragam Sektor Bisnis

  1. Digital Business Analytics

Transformasi digital menciptakan proses, produk, layanan, dan bisnis yang baru dan lebih baik dari sebelumnya. Business Analytics menjadi peran yang sangat penting dan berdampak karena dapat membantu sebuah perusahaan atau bisnis dalam memahami data pelanggan, mengidentifikasi insight dari data, dan mengoptimalkan peningkatan operasional suatu bisnis.

Dengan memiliki skill data analytics yang kuat, sebagai talent digital menjadi bentuk investasi skill yang sangat menjanjikan di masa depan hingga 2025 mendatang. Untuk mempersiapkan dan upskill data analytics, DQLab sebagai kursus online Data Science memberikan beragam kelas belajar data analytics. Informasi lebih lanjut belajar Data Science dapat diakses melalui https://dqlab.id/live-class .

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE