LogoDIGINATION LOGO

Rekap Google I/O 2023, Google Semakin Banyak Sematkan Fitur AI 

author Oleh Dewi Shinta N Kamis, 11 Mei 2023 | 15:29 WIB
Share
Share

 

Google baru saja menggelar acara tahunan terbesar mereka yaitu Google I/O 2023. Pada acara tersebut Google memamerkan produk dan layanan inovasi di berbagai platform Google, termasuk Android dan AI. 

Acara tahun ini diadakan di Shoreline Amphitheatre pada 10 Mei 2023 acara hybrid. Konferensi ini adalah tempat Google biasanya memperkenalkan produk dan layanan baru dan memberikan gambaran sekilas tentang apa yang akan datang. Lantas apa saja inovasi baru yang dipamerkan Google di acara tersebut? Berikut recap Google I/O 2023.

Android 14

Google biasanya mendemonstrasikan versi terbaru Android pada konferensi pengembang tahunannya, dan tahun ini tidak terkecuali. Android 14 adalah pengumuman besar di Google I/O 2023. Versi terbaru Android menghadirkan peningkatan dalam performa, privasi, dan keamanan.  

Pembaruan ini pertama kali diumumkan pada Februari 2023, dan beta publik pertama menyusul dua bulan kemudian pada April 2023. Sekarang dapat diunduh di ponsel Pixel yang kompatibel.

Baca juga : Mengenal Lebih dekat Generative AI

Find My

Bersamaan dengan pembaruan Android 14 Google juga mengumumkan peningkatan fitur Find My, yang memanfaatkan sejumlah besar perangkat Android yang tersedia untuk membantu menemukan perangkat yang hilang. 

Pengguna akan dapat melacak ponsel Android 14 mereka dengan bantuan perangkat Android terdekat, dan pelacak pihak ketiga seperti Tile juga dapat dilacak melalui Find My. Fitur-fitur baru ini diharapkan diluncurkan pada musim panas 2023.

Pixel Fold 

Pixel Fold adalah ponsel lipat baru Google yang dapat berubah menjadi tablet kecil. Pixel Fold bersaing langsung dengan Samsung Galaxy Z Fold 4. 

Ponsel lipat ini menawarkan layar luar OLED berukuran 5,8 inci saat ditutup dan layar dalam OLED fleksibel yang terbuka hingga 7,6 layar inci. Ini juga dilengkapi dengan prosesor Tensor 2, RAM 12GB, penyimpanan 256 atau 512GB, dan baterai 4.800mAh yang terbagi antara dua sel. 

Fitur lain termasuk lima kamera yang spektakuler. Kamera utama 48 megapiksel yang distabilkan secara optik, ultrawide 10,8 megapiksel, dan telefoto 5x 10,8 megapiksel. Engsel perangkat juga dapat dilipat rata sepenuhnya, dan memiliki peringkat tahan cuaca IPX8. 

Google menyebut ponsel ini akan beredar di pasaran dengan harga $1799 atau setara dengan Rp26.503.767.

Tablet Pixel

Tablet Google Pixel pertama kali diperkenalkan di Google I/O pada tahun 2022, tetapi secara resmi dirilis setahun kemudian pada I/O 2023.

Pixel Tablet berukuran 258 x 169 x 8.1mm dan berat 493g. Itu juga dilengkapi dengan satu Dok Speaker Pengisi Daya, dan dok tambahan dapat dibeli secara terpisah. Tablet Pixel memiliki aplikasi Google TV dan Chromecast bawaan, dan dapat digunakan dalam Mode Hub sebagai pusat kontrol rumah pintar. Tablet ini memiliki layar 10,95 inci, RAM 8GB, dan penyimpanan 128 / 256GB. Didukung oleh Google Tensor G2 dan memiliki kamera 8MP di bagian belakang dan depan.

Muncul dalam warna Porcelain, Hazel, dan Rose dengan Charging Speaker Dock. Tablet ini akan dijual dipasaran dengan harga mulai dari $499 atau setara dengan Rp7.351.517 di AS dan £599 atau setara dengan Rp11.096.187 di Inggris . 

Pixel 7a 

Google juga mengumumkan Pixel 7a di Google I/O 2023. Perangkat tersebut merupakan penerus Pixel 6a yang populer dan menawarkan spesifikasi unggulan dengan harga yang lebih terjangkau. 

Pixel 7a menampilkan layar OLED 6,1 inci, kamera belakang ganda, RAM 8GB, dan perangkat keras Tensor G2 yang sama dengan Pixel 7 Pro. Kamera Pixel 7a adalah salah satu fitur menonjolnya, menawarkan performa hebat di segala situasi. Perangkat ini juga memiliki build berkualitas, perlindungan IP67, dan speaker stereo.

Pixel 7a dihargai $499 atau Rp7.354.262 (kurs Rp14.738) dan £449 di Inggris atau Rp8.327.364 (kurs Rp18546). Pixel 7a memiliki empat pilihan warna: Charcoal, Sea, Snow, dan Coral.

 

Bard

Bard adalah jawaban Google dari hadirnya ChatGPT milik OpenAI. Bard adalah model bahasa AI yang dapat menulis puisi, fiksi, dan banyak lagi. 

Pada I/O 2023, Google mengatakan sekarang tersedia untuk semua orang dan telah diperbarui dengan peningkatan seperti matematika tingkat lanjut, keterampilan penalaran, kemampuan pengkodean, dan sekarang mendukung lebih dari 180 negara dan wilayah. Bard juga akan menjadi lebih visual, memungkinkan pengguna untuk memasukkan gambar dengan teks di prompt mereka.

Baca juga : Ini Manfaat Generative AI untuk Kehidupan Manusia

Di masa mendatang, Bard bahkan akan mengintegrasikan Adobe Firefly untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Pembaruan pengkodean juga telah dimasukkan, termasuk kutipan sumber, tema gelap, dan tombol ekspor. Bard juga terhubung dengan aplikasi Google dan mitra lainnya, termasuk OpenTable, ZipRecruiter, Instacart, Wolfram, dan Khan Academy.

Wear OS 4

Google sedang mempersiapkan Wear OS 4, meskipun Wear OS 3 belum sepenuhnya tersedia untuk semua. Ini akan meningkatkan masa pakai baterai, fitur aksesibilitas, dan opsi pencadangan/pemulihan. Ini juga menawarkan integrasi rumah pintar yang lebih baik - memungkinkan Anda melakukan tugas-tugas seperti menyesuaikan pencahayaan, mengontrol media, dan mempratinjau pemberitahuan kamera. Saat ini hanya tersedia dalam pratinjau pengembang dan emulator, dengan ketersediaan diharapkan akhir tahun ini.

Google Search

Google Search mendapatkan pembaruan besar yang disebut snapshot AI. Dengan ikut serta dalam Search Generative Experience (SGE), kamu akan melihat jawaban yang didukung AI di bagian atas beberapa hasil pencarian. Kamu juga dapat mempersempit informasi dalam snapshot dengan pertanyaan lanjutan. 

AI Snapshot ini didukung oleh PaLM 2, versi terbaru dari model bahasa besar Google, yang mendukung 25 layanan Google lainnya dan menyertakan peningkatan dalam penalaran, pengkodean, dan terjemahan.

Baca juga : Kenalan dengan Virtual Human dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Google Home 

Aplikasi Google Home yang diperbarui akan tersedia untuk semua orang mulai 11 Mei, dengan peningkatan besar seperti antarmuka kamera yang lebih baik, tab favorit baru, dan dukungan perangkat yang diperluas.

Google Perspectives

Perspektif baru Google Search akan menampilkan sumber jawaban dari berbagai situs web, termasuk Reddit, Stack Overflow, YouTube, blog pribadi, dan lainnya, untuk memberi pengguna jawaban yang sebenarnya.

Google Photo

Foto Google akan menawarkan fitur pengeditan AI yang disebut Editor Ajaib. Itu dapat mengedit foto, termasuk menghapus orang di latar belakang, menyempurnakan langit, dan memindahkan objek. Ini akan tersedia di akses awal untuk pengguna Pixel akhir tahun ini.

Duet AI 

Alat AI baru Google untuk Dokumen, Spreadsheet, Slide, Meet, dan Gmail sekarang disebut AI Duet, dan menyertakan fitur seperti menulis email dan membuat gambar dari teks di Slide. Saat ini, fitur ini hanya tersedia bagi mereka yang ada di daftar tunggu.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE