LogoDIGINATION LOGO

Next Step Agar Penggunaan AI Tetap Aman

author Oleh Dewi Shinta N Jumat, 5 Mei 2023 | 17:53 WIB
Share
Share

Maraknya postingan gambar dan suara dari kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) menciptakan ke khawatiran tersendiri bagi kebanyakan orang. Potensi penyebaran informasi palsu atau manipulasi citra dari AI adalah masalah serius yang dapat membahayakan keamanan dan privasi seseorang.

Meski begitu banyak pengamat mengungkap untuk tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal yang akan menghambat perkembangan AI di Indonesia. Karena keamanan dan regulasi akan semakin berkembang seiring berkembangnya teknologi. Lantas apa langkah selanjutnya untuk meminimalisir tantangan yang ada? berikut beberapa langkah yang dapat diambil :

Menggunakan Platform AI dengan Bijak

Pengguna harus menggunakan platform dengan bijak. Indonesia adalah negara hukum yang siap menjaga privasi dan citra seseorang. Jadi manfaatkanlah teknologi AI dengan sebaik-baiknya.

Regulasi dan Keamanan 

Pemerintah dan lembaga terkait perlu membuat aturan dan regulasi yang mengatur penggunaan AI dalam produksi konten dan pengolahan data. Langkah ini bertujuan untuk mencegah penggunaan AI untuk tujuan yang tidak etis dan melindungi keamanan dan privasi pengguna.

Baca juga : Mengenal Generative AI dan Manfaatnya bagi Kehidupan Manusia

Melakukan Sosialisasi Publik

Pemerintah maupun pemangku kepentingan harus segera meningkatkan kesadaran publik tentang penggunaan AI dan potensi penyebaran informasi palsu atau manipulasi citra. Sehingga masyarakat dapat lebih waspada dan bijak dalam menghadapi konten yang dihasilkan oleh Generative AI.

Menyiapkan Alat Verifikasi

Maraknya pembuatan konten menggunakan generatif AI, harus segera di perhatikan. Alat verifikasi diharapkan dapat tersedia disetiap daerah untuk mendeteksi apakah suatu konten asli atau palsu, serta memverifikasi keaslian data atau citra yang diperoleh melalui Generative AI. Alat ini dapat membantu mengurangi penyebaran informasi palsu atau manipulasi citra.

Baca juga : 7 Rekomendasi AI Voice Generator Terbaik yang Bisa Kamu Coba

Membangun Kolaborasi

Pengembang Generative AI, pemerintah, dan masyarakat sipil harus melakukan kolaborasi dalam mengembangkan teknologi Generative AI. Agar tercipta teknologi yang lebih aman dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan penggunaan Generative AI dapat lebih terkendali dan tidak membahayakan keamanan dan privasi pengguna.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE