LogoDIGINATION LOGO

5 Tips Tingkatkan Produktivitas Bekerja Setelah Lebaran!

author Oleh DQLab Rabu, 3 Mei 2023 | 11:30 WIB
Share
Share

 

Bekerja setelah menikmati libur lebaran, terkadang membutuhkan beberapa waktu untuk penyesuaian kembali. Hal ini tak jarang dirasakan oleh kita semua, karena hawa liburan yang masih menempel membuat kita sulit untuk kembali produktif misalnya seperti perubahan waktu pola bangun dan tidur atau perubahan mengkonsumsi makanan & minuman yang cukup berbeda dengan rutinitas biasanya. 

Bagi beberapa orang untuk kembali beraktifitas dan produktif dari libur lebaran yang cukup lama bukanlah hal yang mudah, dibutuhkannya motivasi agar mereka bisa kembali produktif bekerja. DQLab Universitas Multimedia Nusantara memberikan 5 tips untuk tingkatkan produktivitas bekerja kembali dan cocok dicoba, yuk simak artikel berikut!

  1. Membuat To-Do List atau Prioritas

Setelah melewati liburan lebaran, biasanya masih tersisa sedikit hawa-hawa liburan yang terkadang membuat kita sedikit khawalan. Bahkan, mungkin kamu juga sedang ditengah kebingungan karena harus melakukan tugas atau aktivitas yang mana terlebih dahulu. 

Tentu tidak semua aktivitas tidak bisa dilakukan selama liburan lebaran, maka dari itu kamu bisa membuat to-do list atau beberapa prioritas yang menjadi aktivitas utama. Hal ini juga membantu mengatur aktivitas menjadi lebih efektif dan efisien.

Baca juga: Ini Pentingnya Data Science untuk Efisiensi Bisnis

  1. Melakukan Aktivitas secara Perlahan-lahan

Dalam periode liburan lebaran, tentu beberapa dari kita membutuhkan waktu beberapa hari untuk melakukan adjustment. Cobalah untuk melakukannya secara bertahap dan perlahan, jangan paksakan diri kamu untuk bisa menyelesaikan semua pekerjaan atau aktivitas dalam satu waktu. Jika kamu memaksakan diri, hal ini akan berdampak pada konsentrasi serta mood kamu dalam menjalankan aktivitasnya lho!

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Bergizi

Tips lainnya untuk mengembalikan produktivitas kita yaitu kamu bisa mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Tanpa disadari, biasanya pada saat libur lebaran kita akan banyak mengkonsumsi makanan baik itu camilan ataupun makanan berat. Untuk mengembalikan pencernaan tubuh dengan baik, jangan lupa mengkonsumsi minuman ataupun makanan yang bergizi seperti minum air mineral yang cukup ataupun mengkonsumsi buah & sayur.

  1. Merapikan Tempat Kerja yang Sudah Ditinggalkan

Mengembalikan mood untuk kembali bekerja merupakan hal yang wajar, salah satu tips lainnya agar kamu bisa kembali produktif di tempat kerja yaitu merapikan meja kerjamu di kantor dan membuat hal-hal yang sekiranya tidak digunakan lagi. Hal ini dapat membantu menaikkan mood & konsentrasi karena kamu memiliki tempat/meja kerja yang lebih rapi dan nyaman digunakan.

Baca juga: Benefit Pelatihan Excel dalam Kehidupan Sehari-hari

  1. Mengatur Waktu Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sangat direkomendasikan untuk kamu yang baru saja selesai dari libur lebaran. Ini juga menjadi cara paling efektif mengembalikan tingkat produktivitas bekerja dan diusahakan kamu mendapatkan waktu istirahat yang cukup sebelum bekerja, misalnya seperti waktu tidur yang cukup, tidak melaksanakan aktivitas berlebihan saat pulang dari libur lebaran, atau kamu bisa melakukan meditasi.

Perlakukan diri kamu dengan baik dan jalani aktivitas secara perlahan untuk beradaptasi kembali dari liburan lebaran. Ada tips lainnya agar kamu tidak terus berlarut yaitu kamu bisa mencoba upgrade skill di rumah dengan belajar bersama DQLab lho. DQLab merupakan kursus online Data Science yang cocok untuk pemula serta menggunakan metode belajar HERO dan module yang sudah sesuai dengan kebutuhan real case di industri. Ingin coba belajar? Klik tautan ini https://dqlab.id/ untuk informasi lebih lanjutnya.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE