LogoDIGINATION LOGO

Menjelang Harbolnas Akhir Tahun, Ini yang Harus dipersiapkan Pemilik Brand

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 10 Desember 2020 | 17:47 WIB
Share
Share

Sebagai pemilik brand kamu harus jeli melihat moment untuk memberi pengalaman terbaik kepada konsumen kamu, termasuk perayaan event Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) akhir tahun mendatang.

Yups, moment akhir tahun ini menjadi momen kamu pemilik brand untuk meraih keuntungan. Selain meraih keuntungan, moment spesial ini adalah waktu yang tepat untuk mengenalkan brand kamu ke khalayak yang lebih luas.

Baik di marketplace, media sosial atau toko offline, diskon akhir tahun adalah event yang paling diburu masyarakat. Bahkan pada pelaksanaan Harbolnas 12.12 tahun 2019 total transaksi berhasil tembus hingga Rp9,1 triliun, atau naik Rp 2,3 triliun dibandingkan tahun sebelumnya.

Peluang mendapat keuntungan  terbuka lebar untuk kamu yang siap mengikuti perayaan ini. Sebelum mengikuti perayaan Harbolnas Akhir Tahun, simak yuk yang harus kamu lakukan sebagai pemilik brand menjelang promo Harbolnas 2020:

Mental dan fisik yang kuat
Satu hal yang sangat penting untuk kamu siapkan adalah mental dan fisik yang kuat. Kenapa begitu? Selama perayaan Harbolnas tentu pesanan akan membludak, jika kamu sedang dalam kondisi yang kurang Vit dan mental yang lemah itu akan mempengaruhi pengalaman konsumen ke tokomu.

Misalnya keterlambatan membalas pertanyaan konsumen, alhasil konsumen menjadi marah-marah dan membuat kamu ikut kesal dan balik memarahi mereka. Wah gawat jangan sampai kaya gitu ya! jangan merusak citra toko mu karena mental dan fisik mu sedang lemah.

Metode diskon
Banyak metode diskon yang ada di Indonesia saat ini, flash sale, potongan harga, gratis ongkir, atau cashback. Kamu harus pintar memperhitungkan harga jual dan diskon yang kamu tawarkan. Jangan karena kamu takut produkmu tidak laku dan mengabaikan keuntungan yang harusnya kamu tawarkan. Itulah bisnis, kamu harus siap resikonya, dan perhitungkan untung dari diskon yang kamu tawarkan.

Konten media sosial
Setelah menentukan metode diskon, sekarang waktunya kamu memanfaatkan memanfaatkan konten untuk diunggah ke media sosial. Kekuatan media sosial tidak bisa dianggap remeh, termasuk untuk menjual produk.

Menjelang promo Harbolnas 2020, media sosial bisa digunakan untuk sarana promosi. Dalam berpromosi di media sosial, kamu sebaiknya mulai mencicil content plan mu mulai sekarang. Jadi ketika hari H tiba, kamu tinggal mengunggah konten tidak untuk membuat konten. Oh iya, unggah konten ketika waktu prime time ya, waktu ini dikira tepat dimana banyak orang sedang mengakses media sosial mereka.

Antisipasi jumlah pesanan
Kamu harus bersiap-siap dengan membludaknya jumlah pesanan karena banyaknya  pembeli. Perhitungan langkah ini sedini mungkin, bahkan siapkanlah produk kamu 3x lipat dari stok biasanya. Jangan sampai kamu kehilangan pelanggan gara-gara kehabisan stok produk ya.

Siapkan tenaga kerja tambahan
Karena pesanan akan menggunung, kamu tentu butuh pertolongan tenaga kerja atau karyawan tambahan. Dengan adanya tambahan tenaga, semuanya akan berjalan lancar dari segi yang membalas pesan di marketplace, mendata pesanan, mempacking produk, dan mengirim ke customer. Ingat ya, jangan sampai keteteran karena mau untung sendiri, semua itu butuh bantuan orang lain.

Internet yang bagus
Harbolnas biasanya banyak berlangsung di marketplace secara daring, kamu juga harus menyiapkan koneksi internet yang bagus. Selain memasang wifi, kamu juga harus siap siaga dengan kuota internet apabila sewaktu-waktu koneksi Wi-Fi mengalami gangguan.

Perlengkapan packing
Selain itu, perlengkapan pengemasan pun penting. Kamu harus siapkan kardus, box, lakban, alat tulis, bubble wrap, dan semacamnya. Jangan sampai di hari H dan ketika pesanan membludak kamu keteteran mengurusi kekurangan barang produksi. Hari H bukan saatnya kamu mondar-mandir, hari H waktunya kamu standby cek room marketplace kamu dan menghitung produk yang keluar di hari itu.

Harbolnas pasti membuat kamu lebih sibuk dari biasanya, tapi ini saat yang tepat untuk kamu menjangkau keuntungan dan customer baru. Jangan lupa siapkan 7 hal di atas dari sekarang ya, agar Harbolnas mu makin lancar dan cuan!

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE