LogoDIGINATION LOGO

Bagaimana Mengatasi Stres di Kantor? Evaluasi Diri Kamu dengan Poin Ini

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 13 Oktober 2020 | 20:22 WIB
Share
Share

Pernah merasa pekerjaan tidak kunjung selesai? Walau sudah dikerjakan berjam-jam hasilnya tetap tidak maksimal?

Ada kalanya kita sering tidak fokus dalam pekerjaan, bisa karena sedang tidak mood, terganggu masalah pribadi atau karena pekerjaan yang menumpuk. Jika terus-terusan mengalami hal demikian, tentu akan mengganggu psikis mu bahkan kinerja kamu di perusahaan.

Nah jika sudah seperti itu waktunya evaluasi dan buat dirimu tenang agar tidak mengalami stress saat bekerja. Kamu harus tanamkan pikiran positif dalam melakukan aktivitas sehari-hari di kantor, agar saat menghadapi tekanan dalam pekerjaan bisa menghadapinya dengan baik.

Berikut cara mengatasi stres saat di kantor:

Jauhkan pikiran yang mengganggu
Tarik Nafas.. Buang. Jika kamu masih kepikiran hal yang mengganggumu bekerja maka sampai berjam-jam kamu di depan laptop, pekerjaanmu di jamin tidak akan maksimal. Jauhkan pikiran yang mengganggu, jika perlu keluarlah sebentar untuk mencari udara segar, buka timeline sosial media mu atau e-commerce untuk mengalihkan hal yang mengganggu pekerjaan mu dan kembali dengan pikiran yang lebih jernih.

Tengok kembali flow pekerjaan
Jika kamu sudah mulai stress karena pekerjaan yang menumpuk, coba dilihat lagi mana yang lebih sulit, lebih deadline dan lebih kamu kuasai. Jika kamu dihadapkan pekerjaan yang sulit dan deadline, jangan panik, coba diskusi dengan teman dekatmu, kumpulkan materinya dan mulai lah buat alur pekerjaan. Pekerjaan yang terpola akan mudah tersusun.

Berhenti jadi orang perfect
Bagus sih jadi orang perfect dan selalu ingin mendapatkan hasil maksimal di segala pekerjaan, tapi tidak memulu kamu memaksa pekerjaanmu terus sempurna. Menuntut kesempurnaan hanya akan membuat kamu stress. Jika kamu menuntut otak mu terus bekerja maksimal maka otak pun akan kewalahan menuruti kemauan mu, alhasil kamu jadi pusing dan stres.

Fokus pada tujuan utama
Tentu kamu bekerja untuk menggapai kehidupan yang cukup bukan? jangan merasa kamu tidak bisa itu hanya membuatmu gagal untuk menggapai tujuan utama mu. Memfokuskan kembali pada tujuan utama mu, ingat kembali langkah-langkah tersebut untuk membuat kamu semangat. Semakin kamu pandai menentukan tujuan hidupmu, maka kamu akan semakin termotivasi, jika sudah semakin mantap makan pekerjaan yang berat pun akan terasa ringan ditutupi keinginan yang kuat.

Percaya ‘Kamu Bisa’
Ketika to do list kamu ternyata berubah total, percayalah itu bukan hal yang sepenuhnya nyebelin. kamu Cuma perlu membuat to do list baru dan percaya ‘kamu bisa’. Memandang wajah di cermin dan menyemangati diri sendiri, ampuh untuk menghilangkan stress, namun jangan lupa, setelah menyemangati diri dan membuat to do list baru, langsung kerjakan pekerjaanmu, agar to do list sebelumnya bisa selesai sebelum deadlinenya.

Nah itu dia sikap yang perlu kamu evaluasi. Pada kondisi tertekan sudah waktunya untuk mengevaluasi kembali tentang pekerjaan dan kehidupan yang sudah kamu jalani. Jika kamu bekerja untuk mengejar kebahagiaan, maka terimalah dan buatlah pekerjaanmu menjadi menyenangkan. Karena kebahagiaan lahir dari dirimu sendiri, jangan buat dirimu stress karena tidak bisa mengendalikan emosionalmu.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE