LogoDIGINATION LOGO

5 Cara Menumbuhkan Pola Pikir Entrepreneur

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 12 Oktober 2020 | 12:55 WIB
Share
Share

Apa kamu punya rencana untuk memulai bisnis dalam waktu dekat? Mempertajam pola pikir wirausaha dapat berdampak besar pada perjalanan bisnis, kamu akan terus belajar, tumbuh, dan mengembangkan diri hingga mencapai potensi besar.

Memang terkadang untuk memulai bisnis kamu memerlukan modal yang besar, bukan hanya dari segi materi, modal mental pun perlu diasah. Dari segi pemasaran, mengatur arus kas, dan lainnya memiliki resiko masing-masing, yang sering kali membuat kamu berhenti sebelum memulai.

Banyak juga yang beranggapan, dibanding merugi lebih baik mendapat gaji bulanan yang lebih pasti. Memang sih, tapi mengembangkan bisnis dari nol hingga mencapai keuntungan dari produk sendiri, merupakan goals yang tidak bisa kamu temui di tempat kerjamu lho.

Nah, biar kamu nggak berhenti karena takut dengan resiko, kamu perlu menumbuhkan pola entrepreneur, berikut lima cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan pola pikir entrepreneur.

Terus Belajar
Warren Buffett terkenal menghabiskan 80% waktunya untuk membaca. Begitu juga Elon Musk, Mark Zuckerberg, dan Bill Gates yang juga menyediakan waktu untuk membaca setiap hari, bahkan saat menjalankan bisnisnya.

Pemimpin sukses mengaku ‘tidak tahu apa-apa’ dan terus menerus mengejar pengetahuan dan ide baru. Jadikan diri kamu dalam posisi yang ‘tidak tahu apa-apa’ sebagai bagian dari gaya hidup kamu. Luangkan waktu kamu setiap harinya untuk membaca blog, artikel, dan buku untuk membantu kamu meningkatkan pengetahuan, mengasah keterampilan, dan bahkan merasa lebih termotivasi dan terinspirasi untuk maju.

Mungkin dari sini, salah satu quote terkenal pendiri Apple, Steve Jobs, berasal: Stay Hungry, Stay Foolish.

Buat List Pencapaian Setiap Hari
Pengusaha sukses tidak mencapai hal-hal hebat secara tidak sengaja, mereka menetapkan tujuan kecil setiap harinya untuk mencapai pencapaian besar. Ketika sebelum tidur, prioritaskan beberapa hal yang perlu kamu capai keesokan harinya. Misalnya masukan list membuat logo produk, atau membuat materi pemasaran untuk di sosial media. Jika kamu menetapkan tujuan kecil setiap harinya dan diselesaikan dengan cepat, maka kamu akan menggap tujuan kamu yang lebih besar. Lakukan ini setiap hari agar kamu terbiasa menyelesaikan tujuan dan mencapai pencapaian besar.

Rangkul Resiko
Rangkul resiko yang membuat kamu berhenti melangkah. Ingat, kamu memiliki dua kemungkinan hasil didalam resiko, yaitu menang atau belajar. Anggap resiko itu adalah guru terbesar kamu, jika kamu gagal Ini adalah kesempatan untuk tumbuh, beradaptasi, dan mempelajari strategi baru. Jangan hindari kegagalan. Jika kamu mampu merangkul kegagalan, kamu akan membuat sukses yang berkepanjangan.

Berada di Lingkungan yang Positif
Faktor terpenting dalam hidup kamu adalah orang-orang di sekitar kamu. Jika kamu mengelilingi dirimu dengan orang-orang negatif yang mengeluh bahwa tidak ada yang dapat mereka lakukan untuk memperbaiki keadaan mereka, pada akhirnya kamu akan merasakan hal yang sama. Tetapi jika kamu mengelilingi diri kamu dengan hubungan yang penuh energi dan menginspirasi, optimis mereka akan menular padamu.

Bangun Hubungan Dengan Pengusaha
Bangun hubungan dengan pengusaha yang pernah berada di posisi Kamu. Belajar dari kesuksesan dan kegagalan mereka. Temukan mentor atau pakar lain yang dapat kamu pelajari. Ikut grup bisnis, jangkau orang-orang yang kamu kagumi, dan mengobrol dengan orang asing di LinkedIn bisa membantu kamu mengembangkan mindset. Siapa tahu mereka bisa jadi rekan bisnis kamu suatu hari nanti.

 

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE