LogoDIGINATION LOGO

Ketahui Pentingnya Password Manager

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 7 Mei 2020 | 12:21 WIB
Share
Share

Login menggunakan password sudah menjadi keharusan bagi pengguna aplikasi. Namun dengan banyaknya aplikasi yang digunakan, sering kali membuat aplikasi terkunci karena lupa password. Menggunakan password yang sama untuk semua platform atau menyimpannya di fitur Google juga bukan sebuah solusi. Hacker bisa kapan saja mengambil alih password dan melakukan kejahatan dengan akun anda. Maka, anda perlu mengetahui apa itu Password Manager demi melindungi akun dan mempermudah login ke semua aplikasi.

Password Manager merupakan solusi untuk menyimpan informasi login akun pengguna pada setiap website yang pengguna akses dan juga bisa memudahkan pengguna untuk login kembali ke dalam website tersebut secara otomatis. Hanya satu Master Password yang perlu pengguna ingat untuk dapat mengakses semua data password yang tersimpan dalam software Password Manager.

Selain itu apalagi keuntungan menggunakan Password Manager?

  • Password manager dapat mem-backup otak anda dalam menghafal username dan password
  • Terdapat fitur cloud, dimana password bisa diakses dimana saja dan kapan saja
  • Tidak akan ada orang lain yang dapat mengakses password pengguna dengan bebas, tanpa master password
  • Membantu melindungi PC pengguna dari malware
  • Dan melindungi identitas anda dari hacker

Password Manager juga sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Hal tersebut bukan hanya akan meningkatkan keamanan data perusahaan dan karyawan, namun juga sebagai cadangan penyimpanan ragam informasi penting seperti identitas pelanggan, data keuangan dan banyak lainnya, secara aman.

Banyak variasi Password Manager mengharuskan anda untuk cermat memilih mana yang baik untuk anda dan perusahaan. Untuk mempermudah, ada 2 pendekatan yang baik diketahui sebelum memilih Password Manager yang tepat, yaitu fitur, dan harga, berikut Password Manager yang baik digunakan untuk anda dan perusahaan:

Dashlane

Password Manager Dashlane ini menjadi salah satu keamanan yang ideal. Antarmuka penggunanya yang efisien menjadi opsi perusahaan untuk memilih software ini. Tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga dilengkapi fitur pengisian otomatis dan fitur pengambilan otomatis yang menghemat waktu semua orang.

Selain itu software ini dapat memisahkan data yang disimpan menjadi dua segmen: bisnis dan pribadi, melalui fitur Smart Spaces-nya. Itu artinya, karyawan bisa menyimpan kata sandi khususnya yang terkait karyawan tanpa membaginya dengan orang lain, sementara data seputar bisnis masih bisa disebarkan ke semua orang.

Dengan fitur yang lengkap software security ini dikenal memiliki harga yang tinggi sekitar Rp945.390 – Rp1.890.930/tahun. Namun dibalik harganya yang tinggi, pengguna dapat merasakan fitur yang lengkap, seperti antarmuka intuitif di semua platform, menyimpan dokumen dengan aman, dan dengan mudah mensinkronisasi password antar perangkat.

Last Pass

LastPass menjadi salah satu pengelola kata sandi yang paling ramah di pasaran karena antarmukanya yang dirancang dengan baik, dengan kemampuan pengisian otomatisnya, dan dukungan teknisnya. Dengan upgrade, akan didapatkan dasbor administratif, yaitu ruang di mana Anda bisa melihat skor kata sandi karyawan, mengatur grup bersama, melihat log aktivitas, dan banyak lagi.

Dari sini, Anda juga bisa mengatur karyawan mana yang punya autentikasi dua-faktor, memaksa penggunaan kata sandi master, dan memastikan bahwa setiap karyawan memiliki brankas pribadi di samping brankas bisnis bersama. Versi gratis yang kaya fitur, serta opsi otentikasi dua faktor yang luas menjadi pilihan para pengguna Password Manager, harganya pun relatif murah Rp567.330 – Rp756.440/tahun.

Keeper

Keeper banyak terjual karena paketnya yang penuh dengan fitur. Selain paket Enterprise Keeper ada pula layanan KeeperChat. Ini platform perpesanan terenkripsi bagi semua karyawan untuk berkomunikasi. Saat melakukan upgrade ke paket ini, anda bisa menyesuaikan beragam peran termasuk karyawan dan admin.

Peran terdiri dari siapa yang mengendalikan audit kata sandi, 2FA, dan siapa yang bisa mengelola akses ke sejumlah entri. Di samping itu, mereka yang mengendalikan akan menikmati analitik mendalam, alat audit, dan bahkan laporan. Ada juga log aktivitas yang disempurnakan, brankas bisnis dan pribadi terpisah, serta paketnya bahkan dilengkapi dengan API pengembang agar bisa diintegrasikan dengan mudah ke software bisnis.

Desain intuitif diseluruh platform serta keamanan yang kuat menjadi keunggulan keeper. Harga pun relatif murah Rp315.000 – Rp945.070/tahun, namun kemampuan mengisi formulir yang lemah membuat beberapa perusahaan kembali menarik keputusan mereka.

RoboForm

RoboForm, menjadi pilihan selanjutnya yang ideal bagi Password Management. Pengelola kata sandi tersebut memisahkan kata sandi pribadi dan kata sandi perusahaan, file, dan identitas. Selain itu, RoboForm business tersedia di perangkat apapun melalui web, walaupun Anda bisa mengunduhnya juga, agar lebih mudah diakses.

Namun, disisi lain RoboForm memiliki fungsionalitas yang terbatas. Begitu juga dengan fitur antarmuka web yang hanya bisa berupa bacaan. Namun dibalik itu harga Password Manager ini relatif murah hanya dengan Rp376.330 – Rp752.500/tahun. Dan anda bisa mencoba RoboForm untuk bisnis Anda dengan uji coba gratis selama 14 hari yang bisa menangani sampai 30 karyawan.

Perlu diketahui dasar dari Password Manager yang baik ialah adanya fitur Password Master, pengisian otomatis, penangkap password otomatis, pembuat password, berbagi password yang mudah, memiliki modul orientasi dan memiliki brankas pribadi. Jadi, apapun produknya, pilihlah Management Password yang sesuai dengan kebutuhan dan modal Anda.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE

Startup dan Bayangan Hitam Resesi

Pandemi Covid-19 merubah tatanan usaha, termasuk perusahaan rintisan atau startup. Bagaimana kiatnya agar survive?

Selasa, 21 Juli 2020 | 15:58 WIB

Tips Sukses Interview Kerja Lewat Zoom

Saat pandemi, interview pekerjaan lebih mengandalkan video conference. Pelajari triknya agar sesi interview berjalan lancar.

Rabu, 15 Juli 2020 | 15:26 WIB

Ketahui Pentingnya Password Manager

Password menjadi bagian penting dalam kehidupan digital. Bagaimana Anda me-manage password-password Anda selama ini?

Kamis, 7 Mei 2020 | 12:21 WIB

2 Kriteria Wajib Dipenuhi Untuk Memilih Pekerjaan Baru

Setelah resign dari kantor lama yang tidak benefit untuk mengimprove kemampuanmu, saatnya mencari pekerjaan baru yang lebih baik. Tapi sebelumnya catat kriteria ini, agar kariermu semakin baik!

Senin, 7 Oktober 2019 | 08:19 WIB