LogoDIGINATION LOGO

Solusi Absensi Berbasis AI dari CATAPA

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 9 April 2020 | 10:43 WIB
Share
Share

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mulai memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai Jumat 10 April 2020. Menurut Anies Baswedan, semua kegiatan harus tetap dilaksanakan di rumah. Mungkin bagi beberapa sektor usaha seperti kesehatan, pangan, energi, komunikasi, keuangan, kegiatan logistik dan kebutuhan ritel, masa saat ini akan menjadi masa keemasan mereka, lalu bagaimana dengan sektor usaha lain?

Semenjak diberlakukan Work From Home (WFH) ada kecenderungan omzet beberapa perusahaan menurun karena melambatnya produktivitas manusia. Termasuk menurunnya produktivitas kerja karena minimnya proses adaptasi perusahaan untuk memonitor pekerjaan karyawan mereka. Untuk menjaga produktivitas perusahaan agar tetap berjalan seoptimal mungkin, CATAPA, sebuah perusahaan yang menyediakan solusi Human Resources dan Payroll (penggajian) meluncurkan paket #CATAPAatHome.

Paket ini memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence, untuk dapat memudahkan perusahaan  memonitor pekerjaan karyawan dari jarak jauh, sehingga perusahaan dapat memaksimalkan manajemen perusahaan mereka walau dalam gelombang bisnis akibat pandemi Covid-19 ini.

"Kami setiap saat berinteraksi dengan klien kami yang tersebar dari berbagai industri, karena itu kami sangat paham akan kebutuhan dari para pemilik usaha disaat seperti ini untuk dapat mengikuti anjuran dari pemerintah agar karyawan dapat bekerja dari rumah tetapi juga sekaligus dapat menjaga produktifitas usahanya," ujar Stefanie Suanita, Founder & CEO dari CATAPA.

Sementara bagi para pekerja tidak perlu khawatir perusahaan tidak dapat mencatat waktu kerja  dengan akurat. Teknologi Artificial Intelligence yang digunakan pada #CATAPAatHome diimplementasikan dalam bentuk chatbot yang bernama Claudia. Claudia ini yang nantinya akan membantu para pekerja dalam melakukan absensi, permohonan cuti dan lembur. Para pekerja cukup melakukan percakapan dengan Claudia yang dapat diakses langsung lewat smart phone kapan saja dan dimana saja.

Claudia dapat mengerti dan menjawab berbagai pertanyaan para penggunanya dan untuk mempermudah para pengguna dalam menggunakan fitur CATAPA Employee Self Service (ESS), saat ini Claudia dapat diakses dari berbagai aplikasi pengiriman pesan seperti LINE, Telegram, Facebook Messenger dan Slack.

CATAPA juga menggunakan teknologi cloud sehingga pengkinian data dapat dilakukan secara otomatis dan dapat diintegrasikan dengan mudah dengan sistem yang lain. CATAPA menjamin keamanan dan privasi dari informasi identifikasi pribadi.

Paket #CATAPAatHome dapat dipakai secara gratis untuk setiap perusahan dari skala kecil seperti startup sampai skala besar dari berbagai industri. Untuk mendapatkan paket CATAPAatHome pemilik usaha bisa langsung mendaftarkan perusahaannya di website CATAPA atau klik https://catapa.com.

"Kami selalu berusaha memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pengguna kami, sehingga para pengguna CATAPA dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dari perusahaannya, terutama disaat sulit seperti ini, tim CATAPA membantu memberikan servis dan fitur terbaik yang didukung dengan teknologi terkini untuk membantu para pemilik usaha, mulai dari skala kecil hingga skala besar dari berbagai industri," Kata Stefanie.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE