LogoDIGINATION LOGO

5 Alasan Kenapa Harus Coba Ngantor di Coworking Space!

Oleh Ana Fauziyah Senin, 11 Februari 2019 | 11:15 WIB
Share
Ilustrasi coworking space. (Foto: Pexels)
Share

Mungkin kamu masih berpikir bahwa yang namanya kerja, ya harus ke kantor. Eits, jangan salah! Pernah dengan istilah coworking space, kan? Istilah ini semakin luas dikenal di Indonesia, apalagi di kalangan para pekerja remote dan freelancer. Di Indonesia sendiri sudah ramai bermunculan coworking space yang memiliki fasilitas keren dengan suasana yang cool.

Coworking space merupakan tempat yang memfasilitasi orang-orang agar bisa bekerja bersama-sama dalam suatu tempat meskipun tidak berasal dari perusahaan yang sama. Tempat ini juga menawarkan para pekerja sebuah lokasi di mana mereka dapat bertemu, mengatur, dan menyelesaikan pekerjaan sambil bersosialisasi layaknya di kafe.

Tren kantor dengan konsep kerja bareng ini juga semakin banyak berkembang di kota-kota besar. Kebanyakan memang ditujukan bagi para pekerja kreatif, pendiri startup, atau orang-orang yang bekerja paruh waktu dan tidak terikat kantor.

Kalau belum pernah ngerasain kerja di coworking space, kamu harus tahu kenapa harus mencobanya. Berikut 5 alasan kenapa kamu harus mencoba...

Baca juga: Lebih Asik dari Kantor, Coworking Space Makin Diminati

Coworking space yang memiliki desain interior unik. (Foto: Hubud.org)
Desain dan suasananya keren, bikin kamu lebih kreatif

Coworking space dirancang untuk menginspirasi pengunjungnya agar berpikir inovatif dan kreatif. Sebuah coworking space di Bali yang bernama Hubud menjadi salah satu tempat paling cantik di dunia. Hal ini karena interiornya yang unik: menggunakan bambu sebagai elemen utama. Ditambah lingkungan sekitarnya yang asri membuat pengunjung betah berlama-lama di dalamnya.

Sementara di Jakarta sendiri, coworking space biasanya memiliki tampilan modern minimalis. Desain interiornya mencerminkan ruang-ruang yang modern, lapang, cantik dengan aksen-aksen kreatif tapi tidak kehilangan suasanan nyaman. Hal inilah yang biasanya mampu melecutkan inspirasi dan kreativitas. Ya, kan?

Kamu bisa membangun jejaring profesional baru

Berjejaring itu penting, apa pun bidang pekerjaanmu. Coworking space menawarkan lingkungan yang sempurna untuk bertemu banyak pekerja profesional dan membangun jejaring dengan orang-orang dari berbagai macam latar profesi. Dengan begitu, kamu memiliki kesempatan berbagi inspirasi dan berkolaborasi dalam sebuah proyek. Hal ini tentu saja tidak didapatkan jika hanya duduk dan bekerja di kafe atau coffe shop.

Tersebarnya coworking space di banyak kota di Indonesia juga membuat banyak pekerja kreatif dan kalangan profesional menjadikannya sebagai lokasi meeting. Mengadakan hal tersebut di sana memiliki keuntungan sendiri: mengurangi gangguan seperti pemandangan, obrolan, dan perilaku non-profesional yang biasa ditemui di kafe atau coffe shop.

Baca juga: 3 Tips Bekerja Maksimal di Coworking Space

Bekerja di coworking space bikin kamu produktif. (Foto: Hubud.org)
Kamu akan termotivasi untuk lebih produktif

Pernah dengar kalimat, “Jika berteman dengan tukang minyak, kita akan ikut wangi?" Yap, lingkungan memang sangat berpengaruh terhadap karakter dan perilaku seseorang. Begitu juga dalam pekerjaan. Jika ingin menjadi produktif, kelilingi dirimu dengan orang-orang yang produktif.

Budaya ini bisa didapatkan di coworking space. Karena selain menawarkan lingkungan yang kondusif untuk berjejaring dan bersosialisasi, tempat ini juga berfungsi sebagai penghubung produktivitas dan pekerjaan profesional.

Kamu bisa menikmati fasilitas ala kantor sungguhan

Coworking space tidak hanya menyediakan meja dan wifi, lho. Kalau cuma begitu, apa bedanya dengan warung internet alias warnet. Jangan salah ya, banyak coworking space yang menyediakan fasilitas ala kantor sungguhan seperti mesin fax, printer, ruang meeting, ruang konferensi, bahkan kopi dan cemilan gratis. Wah, asyik nih!

Banyak acara seru dan keren

Ingin terus menambah wawasan dan pengetahuan? Coworking space tempatnya. Saat ini sudah banyak coworking space yang menyelenggarakan acara-acara seru, keren, dan inspiratif bagi para pengunjungnya. Kamu bisa mengikuti talk show dengan pengusaha sukses, menyaksikan penampilan inovasi terbaru, mendengarkan pendiri startup sedang pitching tentang usahanya, dan lain sebagainya di coworking space.

So, daftar alasan di atas sudah bikin kamu ingin coba ngantor di coworking space?

Baca juga: Bikin Betah, Ini 5 Coworking Space Tercantik di Dunia

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Medium, Remote
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

5 Pondasi Membangun Startup

Jika kamu ingin memulai startupmu sendiri, bangun 5 pondasi ini agar startup sukses dan langgeng

Selasa, 11 Juni 2019 | 16:35 WIB

Ya, Pebisnis Juga Perlu Jadi Pendongeng!

Merebut perhatian pelanggan ternyata bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknik bercerita. Pebisnis pun perlu jadi pendongeng lho!

Selasa, 11 Juni 2019 | 08:15 WIB

Jurus Google Agar Karyawan Capai Target

OKR atau Objective and Key Results adalah metode pengukuran manajemen kerja yang diterapkan oleh Google. Dan membuatnya sukses seperti sekarang ini.

Jumat, 17 Mei 2019 | 10:36 WIB

Cegah Karyawan "Hangus" dengan Metode Ini

Burnout adalah masalah serius dan bisa berakibat buruk bagi karyawan, organisasi dan bisnis. Namun semuanya bisa dikenali, dicegah dan dikelola dengan 4 langkah sederhana ini.

Senin, 6 Mei 2019 | 10:04 WIB

Jangan Salah Langkah Jualan Online

Di era serba digital ini, para entrepreneur dimudahkan dalam memasarkan produknya dengan digital marketing. Tapi, jangan salah langkah ya.

Jumat, 3 Mei 2019 | 10:16 WIB

Rawat Dirimu Agar Bisnis Makin Sukses

Memulai bisnis memang butuh kerja keras dan perjuangan ekstra, namun merawat diri sendiri atau self care adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan.

Jumat, 26 April 2019 | 15:52 WIB