Festival Musik Kembali Digelar, Industri Musik Kembali Bersinar

Oleh: Nur Shinta Dewi
Senin, 18 Juli 2022 | 17:45 WIB

Gimana DigiFriends kamu sudah pegang tiket konser apa saja nih? 

Setelah dilonggarkannya pelaksanaan konser di Indonesia oleh pemerintah, kini festival-festival musik kian ramai digelar. 

Tiket-tiket konser live yang kini dijual pun kebanyakan sudah sold out. Bahkan para penonton pun berani membeli tiket dengan harga yang tinggi supaya tetap bisa menonton konser musik yang sudah lama dirindukan. 

Tidak hanya dari segi pengunjung, dilonggarkannya festival musik ini pun juga membuat industri musik kembali bergairah. Mengingat sudah kurang lebih 2 tahun konser dan festival musik vakum digelar dikarenakan pandemi terpaksa membuat para seniman dan musisi harus istirahat manggung. 

Sony Ismail Gitaris J-Rocks dalamLive streaming Digital DNA pada Kamis, 7 Juli 2022 mengungkap bagaimana euforia ini juga dirasakan industri musik.

“Oh iya ini nih waktu yang ditunggu-tunggu karena ya 2 tahun itu buat kita buat seniman buat musisi itu ya lama  nggak ketemu sama temen-temen di luar kota, yang biasa kita berkeliling-keliling itu kan kerjaannya kita, tapi kemarin dua tahun gak jalan. Nah sekarang begitu dibuka lagi benar  antusiasmenya tinggi banget” kata mas Sony.

Baca juga : Konser Musik Kembali digelar, Ini Dia Jadwal Festival Musik 2022!

Dikesempatan yang sama, Caesilia Intan Pratiwi Owner sekaligus Fouder dari Gitarplus juga menceritakan bagaimana Gitarplus survive saat pandemi.

“Untuk Gitarplus sendiri di awal-awal Kita masih bikin konser-konser online ya karena ada beberapa permintaan dari klien untuk event  konser-konser online itu masih kita jalankan, cuman rasanya tuh kurang gimana ya, beda sensasinya. Nonton konser mungkin yang manggung musisinya juga merasakan ya, kalau konser online itu kan penontonnya kurang berasa feel konsernya. Kalau Offline sudah pasti banyak bisa ikut merasakan energi dari penonton sementara kalau online hanya menonton TV, nonton YouTube aja, jadi interaksinya enggak dapat meskipun kita bisa kirim-kirim comment  tapi kan beda rasanya,” kata Intan.

Intan pun menyadari selama 2 tahun pandemi melanda terjadi banyak perbedaan, banyak perubahan, banyak pergeseran, baik itu selera musik dan musisi baru yang muncul di sosial media.

Platform Youtube sebagai platform yang paling sering diakses oleh orang-orang terutama untuk menikmati musik. Namun kebanyakan orang masih menikmati menonton musik secara langsung, mereka merasa adanya interaksi maupun ikatan yang terjalin antara mereka dan para musisi yang menciptakan karya. 

Saat ditanya persiapan Intan untuk membangun konser tahun ini, Intan mengungkap akan menggelar konser di sekitar Jabodetabek. Banyak yang perlu dipersiapkan karena kebijakan daerah pun masih sering berubah.

“Kalau ditanya melangkah sejauh apa tentunya akan pelan-pelan mulai di area Jabodetabek saja dulu, karena kini banyak hal yang mengalami kenaikan harga pasca pandemi. Tentunya ketika hendak mengadakan konser, juga masih harus tetap mengecek dan memastikan situasi di kota-kota, karena setiap kota juga kebijakannya berbeda dan masih berubah-ubah” kata Intan.

Baca juga : Dwidayatour Jadi Agen Travel Pertama Indonesia yang Kirim Wisatawan Ke Jepang Pasca Pandemi

Dunia musik di Indonesia harus kembali bangkit mengingat banyak sekali hal-hal baik yang dihasilkan dari musik ini. Salah satunya pasti tidak asing lagi mendengar slogan “Musik adalah pemersatu bangsa”. 

Untuk masa yang menuju normal ini, para musisi mengapresiasi masyarakat yang tidak mempermasalahkan harga tiket. Hal ini bisa dibilang sebagai pembangkit semangat para musisi untuk menciptakan karya lebih lagi. 

Buat kamu yang sudah rindu dengan konser-konser musik, Jangan takut lagi akan merindu lebih lama, karena banyak konser yang bisa dinikmati bareng teman, sahabat, keluarga, atau doi kamu!