Podcast! Wajah Baru Industri Hiburan

Oleh: Dewi Shinta N
Rabu, 31 Mei 2023 | 17:42 WIB

 

Jika beberapa tahun lalu stand up comedy berhasil membangun wajah baru di industri hiburan Indonesia, saat ini kita disuguhkan oleh hiburan yang lebih segar yaitu podcast.

Podcast telah menjadi salah satu bentuk media yang populer dan terus berkembang. Banyak orang menikmati podcast sebagai sumber informasi, hiburan, dan inspirasi. Berkat perkembangannya, banyak orang menggunakan podcast sebagai cara untuk menyampaikan pesan dan peluang penghasilan mereka. Bahkan banyak orang menjadikan podcast untuk membangun komunitas. Lantas bagaimana tren podcast di Indonesia? Yuk simak artikelnya!

Apa itu podcast?

Podcast tengah digandrungi oleh masyarakat Indonesia kebanyakan, khususnya Milenial (generasi yang lahir antara tahun 1981-1996) dan Gen Z (generasi yang lahir antara tahun 1997-2012).

Dikutip dari Glints, istilah podcast sebenarnya diambil dari iPod dan broadcast. Pod diambil dari pemutar media digital dari Apple ‘iPod’ dan cast diambil dari istilah radio ‘broadcast‘. Secara umum, podcast adalah media digital berupa file audio atau video yang dapat diunduh dan didengarkan secara online. 

Di era yang sudah serba digital saat ini, banyak sekali podcast–podcast yang bermunculan dengan beragam topik yang dibicarakan. Podcast dapat kamu dengarkan kapan saja dan di mana saja, sambil pergi ke kantor, pulang dari kantor, atau bepergian jarak jauh.

Baca juga : Audio Streaming Semakin Booming di Indonesia, Begini Trennya!

Podcast! Wajah Baru Industri Hiburan

Sifat konten podcast yang praktis dan mudah dicerna masyarakat membuatnya memiliki banyak penikmat. Bahkan, industri podcast di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Data GlobalWebIndex (GWI), menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pendengar podcast terbesar kedua di dunia (per kuartal III 2021). Pendengar podcast di Indonesia mencapai 35,6% dari total pengguna internet berumur 16-64 tahun. Indonesia hanya kalah dari Brasil yang persentasenya mencapai 37%.

Menyadur dari Goodstats, Data IDN Media melalui lembaga risetnya IDN Research Institute dalam laporan "Indonesia Gen Z Report 2022" mengungkap bahwa 32% Gen Z Indonesia mendengarkan podcast. Bahkan sekitar 25% pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap harinya. Salah satu faktor industri podcast di Indonesia turut berkembang cepat, karena para kreator tidak hanya menghasilkan podcast berformat audio, melainkan juga video.

Sementara Populix mengukap, Gen Z menyukai konten Podcast, karena dinilai relevan dengan minat mereka. Rata-rata Gen Z bisa mengakses konten podcast sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. 

Baca juga : 7 Rekomendasi AI Voice Generator Terbaik yang Wajib Kamu Coba

Sebanyak 67% responden Gen Z menyukai podcast dalam bentuk video yang diakses menggunakan ponsel dan menonton podcast video di platform Youtube (97,6%). Sementara Gen Z yang menyukai podcast dalam bentuk audio, hampir semuanya mendengarkan di platform musik Spotify (96,6%). Lalu, disusul Noice (18,4%), dan Soundcloud (7,1%). Kebanyakan responden Gen Z suka mengakses podcast dengan topik slice-of-life, romance dan horror atau mistik yang terlihat dari akun channel yang mereka akses

Tren Podcast di Indonesia tidak hanya menghadirkan hiburan baru bagi masyarakat Indonesia, namun juga peluang penghasilan baru. Banyak podcaster dan industri hiburan yang telah merasakan bagaimana ekosistem podcast menjadi peluang pendapatan baru. Salahsatunya event Podcast yang baru-baru ini hadir di Jakarta yaitu Super Podcast Festival 2023, kolaborasi Hangout Project dan Podcast Ancur yang berhasil mendatangkan 250 pendengar podcast.

Bahkan Super Podcast Show 2023 akan menyelenggarakan event keduanya pada 24 Juni 2023 di Bandung. Di acara tersebut pengunjung dapat mendengarkan guyonan dua grup podcast yaitu Podcast Ancur dan Podcast Senen Kemis secara live dan juga bisa bertemu dengan para komunitas podcast. Insight pengalaman dan industri podcast juga bisa didapatkan di acara tersebut. Untuk informasi lebih lanjut mengenai event bisa cari tahu di Instagram @hangoutproject.id